Sabtu, 05 September 2015

Cara Ajari Anak agar Cinta Negaranya

Kemarin saya lagi belanja ke mall lalu bertemu teman lama yang kebetulan sedang berlibur ke Indonesia. Dia bercerita bahwa akhir akhir ini ia sering khawatir pada anaknya yang kehilangan kecintaan terhadap Indonesia, maklum dia sudah 10 tahun di Ameriki sana, padahal tahun depan mereka sudah akan kembali ke Indonesia. Hmm, susah juga ya kalo begitu. Saya lantas berpikir, gimana ya caranya supaya anak cinta terhadap Negara kelahirannya ?

Setelah mencari di berbagai sumber, saya akhirnya mendapatkan beberapa tips nih

1. Kenalkan anak pada Negaranya

Kata orang. Tak kenal maka tak sayang, begitupun dengan anak anak kita. Maka ada baiknya orang tua mengenalkan anak pada negaranya sedini mungkin. Kalau di Indonesia, akan mudah menemukan banyak hal yang bisa di perkenalkan seperti bendera, simbol dst, namun bagi yang di luar Negeri, cobalah memajang simbol simbol tersebut di sekitar rumah, misalnya bendera mini di meja kerja atau lambang garuda di ruang tamu. Hal ini akan menggelitik keingintahuan anak untuk bertanya "itu apa sih ma ?". Kalau anak ga bertanya, sodorkan mereka untuk menyentuh atau melihat "ini lho bendera negara kita, atau ini lho lambang negara kita"

2. Dongeng sejarah

Dongeng adalah media terbaik untuk anak belajar mengenal sesuatu. Jika selama ini orang tua mendongeng tentang fabel atau cerita rakyat, boleh juga lho mendongeng tentang sejarah. Tugas berat kita adalah meramu cerita sejarah menjadi easy untuk diserap oleh anak. Bisa juga dengan menggunakan alat peraga sehingga anak lebih tertarik mendengarkan dan cerita itu tertanam di memorinya

3. Setel Lagu kebangsaan

Indonesia punya banyak lagu kebangsaan yang mencerminkan kecintaan bangsanya terhadap Indonesia, tidak ada salahnya memberi waktu khusus untuk memutarkan lagu Negara kita. Ga harus lagu itu itu melulu, kita bisa menyelipkan lagunya diantara lagu kesukaan anak anda, atau menyanyikannya saat karaoke keluarga.

4. Pakailah pakaian adat

Di indonesia, cukup sering kegiatan karnaval yang mewajibkan anak untuk memakai pakaian adat atau daerah di Indonesia. Ini merupakan media yang di berikan untuk menanamkan pengetahuan serta kecintaan anak terhadap adat budaya Negara nya. Penting untuk orang tua untuk memberi contoh pada anak, sering seringlah kenakan pakaian tradisional Negara kita terutama saat berpergian ke acara khusus seperti pentas seni atau undangan resmi. Tak perlu yang ribet, pakai saja kebaya, pakaian khas Indonesia ini merupakan salah satu yang terpopuler. Kini Kebaya sudah banyak dijual di online shopping salah satunya Zalora. Banyak pilihan yang tersedia sehingga anda bisa memilah milih sambil memberi tahu si kecil, ini lho salah satu pakaian budaya kita.
Tampilan kebaya di zalora

5. Traveling

Sudah barang tentu setiap manusia membutuhkan liburan. Selain menyenangkan diri, liburan juga bisa menjadi satu media yang bisa membuat anak lebih mencintai Negara nya. Yang harus anda lakukan hanya mengajak anak anak menikmati indahnya Indonesia, pantai, laut, gunung, kebun, semua wisata alam di Indonesia yang amat sangat indah menunggu untuk dikunjungi. Buat mereka sangat senang dengan alam kita, dan anak anak akan begitu mencintai negara nya.

Segitu aja dulu tips dari saya, bagi yang punya tips bisa ditambahin lagi biar makin banyak anak anak indonesia yang tidak hanya numpang tinggal di negara ini, tapi juga milai mencintai Indonesia. Jangan lupa, anda harus lebih dulu mencintai Indonesia sebelum mengajari anak anda, karna semua berawal dari kita :)

3 komentar:

  1. pengen makein si unyil kebaya dr kecil dehhh..biar dia tau baju daerahnya itu cantik bgt :)

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.