Selasa, 17 November 2015

Lindungi Gigi Sikecil Sedini Mungkin

difa ohc



Sudah lama abhirama mengalami karies gigi, beberapa kali ganti dokter gigi, tapi belum bisa menyelamatkan gigi mungilnya yang habis di kikis plak yang jahat sehingga kini gigi abhi ompong tinggal akar giginya saja *syedih* Jadi begitu mendengar tentang playdate dan sharing session yang diadakan DIFA Oral Health Care di kliniknya yang berlokasi di jalan Benda Raya no 98 G, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.


gigi
waktu tumbuh gigi

       Setiap anak memiliki waktu yang berbeda mengenai pertumbuhan giginya, tak ada yang persis sama. Namun kisaran usia pertumbuhan gigi pertama yakni di usia 6 hingga 8 bulan, sedangkan untuk gigi dewasa akan tumbuh di usia 6 hingga 7 tahun. Itu artinya, pada kasus abhirama, perlu menunggu sampai 4 tahun lagi agar dia dapat memiliki gigi gigi baru.


          Karena fungsi gigi cukup vital, maka orang tua diharapkan dapat membantu anak agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan giginya. Peran orang tua diantaranya
  • 1.   Mengajak si kecil ke dokter sedini mungkin, diusia 6 bulan bayi sudah dapat dibawa kedokter gigi, meski tak ada keluhan, mengajak anak ke dokter gigi diharapkan memberikan rasa nyaman serta pengenalan pada anak sehingga nantinya dia terbiasa. 
  • 2.   Menjaga asupan nutrisi bahkan sejak dalam kandungan. Kesehatan rongga mulut ibu yang sedang hamil sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandung. Pun asupan nutrisi juga jadi pertimbangan, kebanyakan ibu hamil yang kekurangan kalsium saat hamil akan membuat gigi anaknya rapuh. Pola makan dan pilihan makanan pada si kecil juga mempengaruhi proses terjadinya gigi berlubang pada sikecil. Beberapa makanan yang harus dihindari yaitu
makanan acidogenik dan antiacidogenik
makanan acidogenic dan anti acidogenik

a. Acidogenik > yaitu makanan atau minuman yang dapat menyebabkan penurunan pH plak menjadi dibawah 5,5 dalam waktu 30 menit. Contohnya makanan yang manis, sayuran yang dimasak, buah yang manis

b.   Cariogenik > makanan atau minuman yang mengandung fermentasi karbohidrat yang dapat dimetabolisme bakteri penyebab gigi berlubang


  • 3.   Bantu anak menyikat gigi sampai mereka dapat bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Anak anak masih belum dapat menyikat gigi dengan baik, sebaiknya jangan serahkan tanggung jawab itu pada mereka, meski mereka sudah dapat menyikat gigi sendiri, kita wajib mengontrol nya sampai benar benar yakin bahwa mereka dapat melakukannya dengan baik. Sikat lah gigi mereka dua kali sekali. Gunakan pasta gigi khusus bagi anak yang belum bisa meludah, biasanya yang sedikit mengandung floride.  

  • 4.   Stop kebiasaan ngedot sambil tidur. Bagi orang tua memang sulit menghindari kebiasaan yang membuat pekerjaan mereka menjadi ringan, namun ada baiknya kebiasaan buruk seperti ini di hindari sebab dapat membuat gigi anak semakin berlubang dan rusak bentuknya.
  •  5.   Beri banyak minum air. Seperti yang kita ketahui bahwa air merupakan komponen utama dari air liur, air liur memiliki peranan penting bagi rongga mulut karena mengandung berbagai at antibody untuk melindungi gigi berlubang.

15 komentar:

  1. Alhamdulillah gigi anak saya masih terjaga, semoga tetap terjaga karena memang suka banget sama minuman yang manis-manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. emaknya harus ekstra ketat merhatiin gigi nya ya mba, heheh

      Hapus
  2. makanan dan minuman memang sangat mempengaruhi kesehatan gigi anak-anak saat ini ya mbak Windah...

    sekarang banyak jenis makanan dan minuman yang 'enak' tapi belum tentu menjamin kesehatan gigi anak, ujung-ujungnya memang orang tua yang harus memperhatikan... :)

    BalasHapus
  3. Ini penting banget. Soalnya kadang anak kecil makanan apa aja masuk. Jadi ya mama dan papanya harus selalu ngawasin, apalagi kaitannya dengan pertumbuhan gigi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba betul. harus di perhatikan dengan seksama

      Hapus
  4. Nice tips tuk melindngi gigi si kecil Mbak.. akan saya coba praktekin klo dah punya anak...

    BalasHapus
  5. Gigi Faiz sampai usia enam tahun masih bagus, gerepes pinggir sikit mungkin sudah mulai berganti giginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pinter mama jagainnya. aku apalah baru sebentar udah ancur gignya

      Hapus
  6. Anak2 saya tumbuh giginya menjelang setahun, Mbak. Begitu lewat setahun baru deh ngebut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, tiap anak unik jadi pertumbuhan nya ga akan sama

      Hapus
  7. untung ampe skr gigi Fylly sih msh bgs.. aku paksa utk slalu sikat gigi sblm tidur mba... kebetulan wkt itu ada film kartun kesayangan dia ttg dinosaurus yg sakit ggi ;p.. jd dr situ aku bisa ngajarin kalo ga sikat gigi ya bkl bgitu akibatnya.. eh dia jd takut, dan rajin gosok gigi skr tnpa disuruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya kalo udah bisa diajak kerjasama

      Hapus
  8. anak saya usia 4th saya bawa ke dokter gigi anak dihermina bekasi ternyata ga semua dokter gigi anak itu ramah n baik. untuk bunda yang mau ke dokter gigi anak ga hrs khusus anak yang penting dokter gigi umum itu ramah n baik sama anak kita.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.