Minggu, 20 Maret 2016

Perempuan Indonesia Wajib Melek Internet.


Internet bukan lagi hal yang baru saat ini, apalagi era digital telah membawa begitu banyak perubahan dengan segala peluang untuk penggunanya yang berada di seluruh pelosok negeri. Tapi tahu kah kamu ? bahwa perempuan adalah pengguna internet paling dominan di Jakarta, tetapi secara nasional masih banyak para wanita yang tidak tersentuh mobile digital technology atau belum memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi digital yang sebenarnya bisa memberi dampak positif bagi kehidupan mereka.


            Oleh sebab itu dengan berlatar belakang Hari Wanita Sedunia (Women’s Internasional Day) yang jatuh pada tanggal 8 Maret, Indosat Ooreedoo membuat rangkaian acara demi mendorong kampanye untuk meningkatkan akses wanita ke mobile internet dan dunia digital yang meliputi talkshow serta masterclass pada 17 Maret 2016 dan akan terus berlanjut dengan rangkaian acara di bulan bulan berikutnya.
 
indosat ooredoo
Presdir dan CEO Indosat Ooredoo


            Pada kesempatan talkshow ini Indosat Ooredoo mengundang Enam Wanita hebat dibidangnya yang bersentuhan dengan internet dan dunia digital dengan harapan mereka dapat sharing dan memotivasi puluhan wanita yang ada di gedung Pusat Indosat lantai 2 yang sengaja diundang ke acara ini.

indosat ooredoo
Ibu Ripy Mangkoesubroto

            Bapak Alexander Rusli, Presdir dan CEO Indosat Ooredoo menyatakan bahwa peningkatan konektivitas bukan sekedar angka, Indosat Ooredoo ingin memastikan bahwa akses internet dan teknologi digital dapat membantu perempuan memaksimalkan potensinya sehingga mereka dapat mencapi mimpi serta cita cita, meningkatkan kualitas hidup dan menjadi seorang Digital Super Woman


            Indosat Ooredoo sendiri memiliki program CSR yang dikhususkan untuk wanita,yakni Inspirasi Perempuan Indonesia ( INSPERA ). Dan kata Ibu Ripy Mangkoesubroto, Chief Human Resources Officer, mereka juga gak sekedar jualan pulsa seperti yang orang kebanyakan tahu, tapi sekarang juga merambah ke usaha online dimana karyawan juga bisa berdagang melalui cipika.co.id. ini merupakan satu bentuk dukungan di sektor perdagangan dimana yang ada di cipika.co.id kebanyakan merupakan penjual rumahan atau home industrisehingga membantu para wanita terutama yang dirumah dapat meluaskan usahanya
 
Ibu Nuriyah
            Senada dengan Ibu Ripy, Ibu Nuriyah, anggota Kelompok Soka Ayu binaan Indosat Ooredoo menyatakan rasa syukurnya terhadap adanya internet yang dikenalkan oleh provider berwarna kuning dan merah ini. Sebab dengan adanya pengetahuan tentang internet, kelompok soka ayu bisa di dirikan dan mampu menembus pasar untuk menjual kerajinan dengan bahan dasar kain perca batik. Padahal sebelumnya mereka hanyalah wanita yang tidak memiliki pekerjaan, hingga kini kerajinan soka ayu bisa dinikmati banyak orang.
 
founder HOPE


            Ibu Destriana Cantikadewi, Founder HOPE (House of Perempuan) berbagi kisahnya bagaimana internet membantunya membangun House Of Perempuan, dimana organisasi ini merupakan tempat untuk sharing antara sesama perempuan, tidak hanya sekedar sharing, HOPE juga menyediakan fasilitas konsultasi dengan tenaga ahli sesuai dengan kebutuhannya. Semua itu berlangsung secara offline dan online, namun lebih banyak online melalui media sosial sehingga internet sangat membantu kinerja mereka menyelesaikan masalah para wanita.


niluh jelantik
Ibu Niluh Djelantik


            Manfaat internet juga dirasakan Ibu Niluh Djelantik, Founder & CEO Nilou, Pengusaha sepatu lokal yang mendunia dan Ibu Kurie Suditomo, Founder Coding Indonesia dimana keduanya merupakan wanita hebat yang berbeda profesi, seperti yang kita tahu ibu Niluh merupakan pengusaha sepatu yang 90% pembuatannya menggunakan tangan alias tanpa mesin. Sebelum ia sampai dikenal internasional, ibu Niluh hanyaa menjual sepatu berdasarkan pesanan teman temannya saja. Kini setelah terkoneksi internet semua orang bisa mendapatkannya melalui akun sosial media ibu Niluh. Berbeda dengan ibu Kurie yang memanfaatkan Internet untuk membentuk anak anak agar tak hanya dapat menikmati aplikasi aplikasi yang ada di internet tetapi juga membuatnya melalui sekolah binaannya.
 
MEUTYA HAFID
Ibu Meutya Hafid
            Penuturan penuturan para wanita hebat ini membuat Ibu Meutya Hafid, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Bidang Telekomunikasi dan Informatika tersenyum senang, harapannya di tahun 2020 sudah ada 43% wanita yang memiliki akses ke mobile internet sesuai dengan inisiatif global GSMA Connected Women yang didukung oleh Indosat Ooredoo. Selanjutnya Ibu Meutya juga berterimakasih karna Indosat Ooredoo membantu para wanita yang juga akan berdampak pada kemajuan Indonesia.

            Selain talkshow, acar ini dilanjutkan dengan masterclass yang membahas 4 tema berbeda yakni Parenting In Digital Era, Women in Digital Economy, Digital Security and Safety for Women and Family serta Commercial Product Photography untuk memberikan pelatihan terutamanya bagi wanita dan bisa memantau kampanye ini dengan hastag #DigitalSuperWomen

26 komentar:

  1. Betul mba.. kita kudu melek internet.. apalagi sekarang internet ada dimana mana

    BalasHapus
  2. Melek internet itu bikin kita jadi tidak cupu dan punya banyak hiburan

    BalasHapus
  3. melek internet itu membuat kita tahu dunia itu luassssss dan banyak ilmu yang harus kita ambil, dan ehmmm..sebagai emak2 kita spt keluar dr kotak rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ba, semacam itu, wanita jadi bebas berekspresi

      Hapus
  4. Melek internet ! percaya ngga percaya emang keberadaan wanita di dunia internet merupakan salah satu daya tarik internet itu sendiri.
    Kadang wanita lebih banyak berpartisipasi dalam komunitas2 yang ada di internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba betul. wanita sekarang banyak yang jago internet, sayangnya belum rata

      Hapus
  5. yup betul, kalau sekarang hampir semua melek internet ya, kecuali yang sudah umurnya setengah abad kayak aku mah, tahunya sedikit2

    BalasHapus
    Balasan
    1. internet ga mandang umur kok bu, pasti bisa. hehehe

      Hapus
  6. Perempuan masa kini, harus mengiringi perkembangan jaman
    kalau gak mengupgrade pengetahuan bisa2 ketinggalan
    salam sukses jeng WIndah

    BalasHapus
  7. Yang miris itu punya mobile internet tapi cuma buat Facebook aja. Ada lho tetanggaku, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah yang begitu harus di edukasi lagi mba

      Hapus
  8. sekarang ini banyak yang memiliki smartphone, hampir semua kalangan. tapi handphone cerdas itu hanya di pakai untuk sosmed terutama fb dan bbm. sosmed pengaruhnya buruk untuk remaja dan anak-anak sekarang ini. buka mencari pengetahuan, malah untuk sossmedan. bagi wanita jangan menyalahgunakan internet, apalagi yang sudah bersuami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya mas, banyak juga yang menggunakan internet buat hal yang negatif

      Hapus
  9. Internet memang sudah menjadi kebutuhan sekarang ya. Banyak manfaat positifnya kalau dipergunakan dengan baik :)

    BalasHapus
  10. Iya apalagi sekarang internet bisa digunakan untuk pemasaran produk apa saja ya mbak, sehingga ibu-ibu yang suka bisnis bisa juga menggunakan internet untuk marketingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banyak yg bisa menghasilkan

      Hapus
  11. Emak-emak kudu kekinian biar bisa jadi gerbang utama pengawasan anak..

    BalasHapus
  12. Wah saya harus kasih tahu nenek saya nih biar main internet terus biar update.
    Ahi hi hi.

    BalasHapus
  13. Setuju sekali bahwa memang wanita harus melek internet.
    internet bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis bagi wanita untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

    BalasHapus
  14. Acaranya seru banget ya Win?

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.