Jumat, 03 Juni 2016

Pentingnya Nutrisi Saat Hamil


Siapa sih yang gak senang kalau dirinya berbadan dua ? apalagi kalau garis dua di test pack ini sudah lama ditunggu tunggu. Senyum sumringah dan bayangan menimang buah hati sudah didepan mata kan rasanya.

          Eits tapi banyak sekali mitos yang beredar pada ibu hamil terutama yang berkaitan dengan pola makan. Seperti larangan makan buah nanas muda, larangan minum es, bahkan sampai anjuran makan buah tertentu agar janin sesuai dengan yang diharapkan. Nah yang paling ga asing adalah anjuran orang tua kita untuk makan banyak karna katanya kita makan untuk dua orang. Bener gak sih ??


          Nah daripada bingung, sebaiknya baca tulisan saya ini aja yaa, sebab kemarin 29 Mei 2016 saya mendapat kesempatan untuk mendengarkan informasi langsung dari dokter Bram Pradipta SpoG selaku salah satu dokter di Tanyadok.com

          Menurut dokter ganteng ini faktor terpenting bagi ibu hamil adalah nutrisi. Tetapi bukan berarti calon ibu ini harus harus makan jor joran tanpa melihat jumlah kalori yang dimakannya. Sebab peningkatan berat badan ibu hamil akan berpengaruh pada berat lahir bayi dan usia gestasi.


          Ibu yang kurang nutrisi berisiko melahirkan anak dengan berat badan lahir rendah ( BBLR) yang akan meningkatkan resiko penyakit seperti Diabetes militus tingkat 2, hipertensi dan hyperlipidemia. Sementara ibu yang makan berlebihan akan mengalami obesitas yang berdampak pada kehamilannya seperti mengalami komplikasi kehamilan, macrosomia, kelainan kongenital obesitas pada bayi serta tingginya resiko melahirkan secara sectio.

          Nah daripada menanggung akibat yang buruk lebih bak kita mulai jaga yuk pola makannya. Sambil saya kasih tau nih nutrisi apa saja yang utama yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

Asam Folat


          Salah satu nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil maupun wanita yang sedang berencana hamil adalah Asam folat. Fungsi dari Asam folat diantaranya adalah mencegah kelainan otak dan system saraf pusat, meminimalisir riwayat kelainan akibat bawaan atau yang sebelumnya pernah terjadi. Meski wajib dikonsumsi, Asam folat juga memiliki takaran konsumsinya nih, jangan sampai berlebihan juga karna dapat menyebabkan alergi, perut kembung insonia dan berkurangnya nafsu makan saat dkonsumsi secara berlebihan. Takarannya adalah 400 mcg sebelum hamil, 600 mcg di timester ke 2-3, 500 mcg selama menyusui.

Kalsium


          Tau kah kamu kalau saat kamu hamil cadangan kalsium di tulang dan gigimu akan tersedot untuk memenuhi kebutuhan kalsium si kecil di kandungan ? itu sebabnya selama hamil ibu rawan mengalami keropos tulang maupun gigi. Hayo ngaku siapa yang waktu hamil jadi suka sakit gigi ?

          Nah maka dari itu asupan kalsium sangatlah penting, tapi tetep ya konsumsinya dengan batas wajar yakni 1500-2000 mcg per hari selama hamil. Karna jika kamu konsumsi diatas 3000 mg dapat menghambat penyerapan Fe dan Zn hingga menyebabkan batu ginjal. Konsumsi kalsium sesuai dengan ketentuan juga bisa mencegah preeklampsia dan juga menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan. Pssttt, buat yang doyan ngopi, ngeteh dan apapun itu yang berhubungan dengan kafein mohon dikurangi yaa, sebab kafein dapat menghambat penyerapan kalsium.


          Kebutuhan gizi ibu hamil lainnya yakni kalori, dengan minimal 2700 Kcal per harinya. Ada juga protein dengan rata rata konsumsi 71gr per hari, karbohidrat dengan minimal konsumsi 175 gr per hari serta sedikit lemak.

          Agak agak susah sih sebenernya ngomongin nutrisi ibu hamil ini, secara problem ibu hamil itu kan banyak ya, yang kaki bengkak lah, mual muntah, sembelit, meriang dan demam dan saat itu terjadi pasti ibu hamil maunya makan enak dan terbebas dari semua masalahnya. Iya gak sih ? tapi pernah ga sih kepikiran buat minta resep dokter buat anti mual, anti sembelit dan obat sakit kepala ?



          Saya yakin sih kalo ibu hamil pasti selektif soal obat dan hal itu memang wajib dilakukan. Mengingat obat memiliki kandungan kimia yang memiliki reaksi yang berbeda pada setiap tubuh manusia. Sebetulnya setiap obat memiliki klasifikasinya sendiri seperti

  • Kategori A – Obat obatan yang pada pengujiannya terkontrol tidak beresiko pada janin dan kehamilan
  • Kategori B – obat obatan yang tidak berisiko pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada wanita hamil
  • Kategori C – obat obatan yang menunjukkan efek buruk pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada manusia
  • Kategori D – obat obatan yang terbukti beresiko pada janin melalui uji klinik.
  • Kategori E – obat obatan yang menyebabkan abnormalitas pada janin melalui uji klinis.

          Nah jangan lupa untuk mengecek kategori mana obat yang diberikan atau kita beli ya, supaya kita bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

          Tapi masalahnya kadang kita gak tau kandungan dari obat apa aja, meski udah dijelasin sama apoteker kadang juga ga nyantol di otak kita. Eits, tenang ! kan ada Prosehat. Apakah itu ?



          Prosehat adalah salah satu apotek online yang tidak hanya menyediakan layanan penjualan obat tetpai juga memuat informasi tentang obat, kesehatan dan diskusi langsung dengan dokter. Kita dapat membeli obat berdasarkan resep yang kita punya, tanpa perlu keluar rumah, obat akan diantar langsung oleh kurir. Ada juga berbagai promo yang disediakan untuk pelanggan prosehat supaya belanja obat semakin mudah dan murah.

5 komentar:

  1. Orang Hamil musti double proteksi
    asupan makanan tidak hanya untuk ibu, yang paling penting utk baby
    salam sehat dan semangat ya mak Windah

    BalasHapus
  2. waktu hamil aku naiknya 9 kilo :D

    BalasHapus
  3. yang penting berimbang ya mba...

    BalasHapus
  4. Bener banget sih, semenjak hamil, aku lumayan merhatiin apa-apa yang aku makan, karena bukan buat diri sendiri, tapi buat berdua sama si dedek.

    Salam,
    Shera.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.