Jumat, 17 Maret 2017

Total Perkenalkan Detergen Halal Pertama di Indonesia Karna #HALALituharusTOTAL

10.30. Angka yang terpampang dijarum jam saya. Siang ini jalanan seputar Kebon Jeruk padat merayap, ojek yang saya tumpangi beberapa kali ngerem mendadak bikin kepala pusing, ditambah lagi matahari yang terasa sangat menyengat membakar ubun ubun. Ugh, sepertinya perjalanan ke Resto Bebek Bengil siang ini akan sedikit terlambat.

Benar saja, 12.00 WIB saya baru sampai ke restoran bergaya Bali ini. Sesampainya didepan venue saya disambut oleh dua gadis cantik berhijab denga6n meja penuh produk yang hari ini akan diperkenalkan, duh, saya jadi gak enak hati karna telat hadir. Untungnya kepotong jam makan siang jadi acara belum dimulai.

MC yang cantik dan luwes mencairkan suasana

Beberapa menit berlalu, seorang gadis cantik yang berhijab hadir menyapa kami. Rupanya gadis yang manis dengan setelan hijau dan krem ini adalah MC di acara hari ini. Celotehnya mencairkan suasana membuat semangat saya yang terhalang keterlambatan tadi kembali berkibar. Yess! Saya siap untuk menjadi saksi perubahan produk yang sudah lama sekali kami gunakan dirumah. Tentu selain sebagai blogger saya adalah pelanggan dari TOTAL, kami sudah menggunakannya sejak ibu saya masih gadis.

Bapak F. Gunawan

Setelah bertegur sapa dengan kami, MC kemudian memperkenalkan Bapak F. Gunawan yang merupakan Deputy CEO dari PT Total Chemindo Loka yang menjabarkan tentang TOTAL Almeera ini melalui tanya jawab antara blogger dan media yang hadir.

Aa Hadi Memberikan Tausiahnya

Selain Bapak F. Gunawan yang menjawabi pertanyaan seputar produk ini, ada juga Aa Hadi, Ustad kondang yang juga merupakan suami dari artis Cece Kirani yang turut menjawab pertanyaan serta memberikan tausiahnya.

Acara di tanggal 15 Maret 2017 tersebut semakin meriah dengan taburan hadiah berupa kuis dan juga doorprise. Sayangnya saya gak berhasil bawa pulang hadiahnya. Hiks. *pukpukdirisendiri*

TOTAL ALMEERA, Putri Raja yang Halalnya Total


Mendengar Almeera, saya jadi teringat nama yang ingin disematkan pada anak perempuan saya. Almeera diambil dari bahasa arab yang berarti putri raja, sangat cocok ya disematkan sebagai nama dari produk halal pertama di Indonesia. Ternyata menentukan nama ini membutuhkan proses yang berliku loh!

Total Almeera ( source chemindoloka.com)

Oh iya, ngomongin soal TOTAL, ada yang tahu gak sejarahnya ? Gak tau ya ? Hmm, yaudah saya share sedikit yaps.. Total itu merupakan detergen pertama dan terbaik yang ada di Indonesia sejak tahun 1985. Karna goncangan ekonomi, di tahun 2005, brand Total bergabung dengan managemen baru PT Total Chemindo Loka yang merupakan sebuah divisi yang berproduksi di tiga negara yakni Singapore, Malaysia dan Indonesia. Sampai saat Total terus diminati oleh konsumennya karena kualitas produksinya dan harganya yang relatif terjangkau dibanding yang lainnya.

Sampai sekarang setelah bergabung dengan PT Total Chemindo Loka, Total telah memiliki puluhan jenis varian detergen dengan keunggulan yang disesuaikan kebutuhan.


Pentingnya Label Halal bagi umat muslim



Seperti yang kita tahu selama ini bahwa Indonesia merupakan Negara dengan penduduk Muslim terbanyak sedunia. Bahkan The Pew Forum on Religion & Public Life mencatat di tahun 2010 saja sudah ada 205 juta jiwa atau 88,9 persen penduduk muslim dari total penduduk yang ada di Indonesia. Dari banyaknya penduduk muslim yang ada ini sudahkah kita mendapatkan kenyamanan dalam beriman ?

Kenyamanan dalam beriman bagi setiap umat muslim diwujudkan dengan adanya fasilitas umum yang menyediakan tempat ibadah yang nyaman, saling menghormati antar umat beragama serta adanya transparasi terhadap kehalalan suatu produk baik bahan makanan maupun barang yang kita gunakan dalam kehidupan sehari hari.

Nah, khusus kali ini saya mau bahas soal kehalalan suatu produk nih, hal ini sejalan dengan isi dari tausiah yang diberikan oleh Aa Hadi. Oh ya, sebelumnya teman teman sudah pernah dengar belum kalimat ini ?

Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan.

Ya, syubhat! Tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari hari banyak sekali hal yang berbau syubhat yang kita gunakan. Baik itu makanan, pakaian, minuman, kosmetik maupun yang lainnya. Padahal jelas jelas perkara syubhat ini bisa menggiring kita pada sesuatu yang haram. Astagfirullah.

Tapi tenang, saat ini perdagangan produk halal secara global semakin menunjukkan potensi yang menggairahkan bagi sektor industri. Hal ini menunjukkan masyarakat dunia semakin membutuhkan produk halal sebagai konsumsi sehari-hari. Di Negara kita sudah ada UU no 33 tahun 2014 yang mengatur tentang kehalalan dan tentu ada MUI yang akan memastikan bahwa produk yang digunakan sehari hari adalah Halal. Ini bisa dibuktikan dengan adanya logo Halal MUI pada kemasan atau bungkus produk. Nah tantangannya, seberapa banyak perusahaan yang mau hijrah dari yang tadinya syubhat menjadi halal ?

Tentu PT Total Chemindo Loka telah menjawab tantangan ini dengan hadirnya Total Almeera sebagai detergen halal pertama di Indonesia dan menjadi bukti bahwa perusahaan ini tidak hanya mengedepankan profit saja tetapi juga peduli dengan kenyamanan beribadah umat muslim di Indonesia.

Apa keunggulan dari Total Almeera ?



1. Halal

Bapak F. Gunawan menuturkan bahwa sebenarnya sudah sejak lama ada keinginan untuk mendaftarkan produknya ke MUI agar menyandang predikat halal. Sebab banyak sekali konsumen yang bertanya melalui suara konsumen melalui hal hal yang tidak terpikirkan seperti "apakah parfum yang digunakan mengandung alkohol ?" atau "apakah konsentratnya mengandung bagian dari tubuh hewan yang diharamkan ?"


Logo Halal pada Packing Total Almeera

Pertanyaan ini kemudian mengetuk hatinya dan segenap jajaran untuk segera memberikan rasa aman dan nyaman pada konsumennya sehingga saat menggunakan produk Total Almeera, konsumen tak akan memiliki kekhawatiran terhadap masalah kehalalan.

Selain berdampak pada konsumen, Bapak Gunawan juga mengatakan bahwa ada perubahan besar pada pabriknya semenjak memproduksi Total Almeera ini. Pabrik yang tadinya tingkat kebersihannya sedang menjadi lebih tinggi lagi dengan adanya antisipasi najis yang bisa saja mempengaruhi kehalalan produknya. Hal ini tentu dampak yang sangat positif bagi para pekerja sehingga mereka bekerja dengan lebih nyaman dengan lingkungan yang ekstra bersih.

Oh iya, buat yang nonmuslim jangan risau ya, karna Total Almeera juga bisa digunakan bagi kalian. Sebab prosesnya yang bersih menjadi nilai plus bagi fashion care detergen ini kan ?


2. Membersihkan pakaian dari noda sampai ke serat kain.

Meski mengusung kalimat Halal, detergen Total tidak mengurangi komposisi yang ada pada detergen Total pendahulunya. Itu artinya produk yang terdahulu tetap bisa digunakan dan PT Total Chemindo Loka terus berusaha agar seluruh produknya bersertifikat halal.

Bahan aktif turunan minyak bumi yang disebut Sulfaktan ini mampu memisahkan kotoran yang melekat pada serat kain sehingga menghasilkan cucian yang bersih.

3. Pakaian lebih lembut dan nyaman dipakai dengan Total Almeera

Seperti detergen pada umumnya, Total Almeera juga dilengkapi dengan bahan pelembut sehingga pakaian jauh lebih lembut setelah di cuci. Bahan ini juga membuat tangan tidak rusak. Biasanya kan ya ibu ibu pilih detergen yang gak bikin telapak panas atau ngelotokin kulitnya. Nah, Total Almeera ini bisa jadi pilihannya

4. Wangi tahan lama dan segar

Seperti yang saya bilang sebelumnya, keluarga saya merupakan konsumen Total sejak ibu saya remaja, dan kalo boleh saya sedikit sombong, saya hapal banget wanginya beberapa varian Total. Bahkan kadang kalo lewat perumahan dan ada ibu ibu yang lagi jemur pakaian saya suka nebak nebak. Wah ini pakai Total Violet Brezze nih. Atau semacam itu lah. Hihihi. Tapiiiii, ada yang beda sama Total Almeera. Detergen berbungkus hijau metalik ini punya wangi yang beda dari varian varian sebelumnya. Kalau dideskripsikan dalam kata maka yang tercetus adalah FRESH. Aromanya tuh seger dan adem banget, bikin tenang banget saat mencium aromanya. Udah gitu ternyata aromanya melekat dan tahan lama. Celana abhi biasanya meninggalkan bau pesing kalo gak pake pewangi tambahan, tapi dengan Total Almeera gak perlu tambahan pewangi lagi udah nempel wangi segernya.

5. Ekonomis


Dari masa ke masa, Total tetap punya ruang di hati konsumennya terutama bagi menengah kebawah dimana detergen dari total ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Nah buat total Almeera sendiri ada 2 varian berbeda yakni detergen bubuk dan cair dengan 3 tipe packagingnya yakni 900gr, 500gr dan 50gr. Untuk yang cair terdapat ukuran botol 1000ml, dan ukuran plastik 800ml, 40ml dan 20ml. Harga yang dipatok untuk yg 50gr dan 20ml adalah 1000 rupiah sementara yang 40ml adalah 2000 rupiah, sedangkan yang 500gr bisa dibeli dengan harga 9000 rupiah, untuk detergein yang 900gr dan 800ml dipatok kurang dari 20 ribu rupiah. Baik detergen cair maupun bubuk bisa kita dapatkan di toko toko diseluruh Indonesia dan supermarket seperti Tip Top, Superindo, Giant, dan lain lain. Oh iya buat pengguna mesin cuci juga bisa loh pakai Total Almeera.

Behind the scene Iklan Total Almeera


Bukan hanya memperkenalkan Total Almeera, Bapak F Gunawan juga memperkenalkan team kreatif dari pembuatan iklan Total Almeera di televisi. Buat yang punya televisi pasti gak asing dong sama adegan iklan ini


Saat pertama nontonnya di televisi saya mengira ini sinetron terbaru dari stasiun televisi yang saya tonton. Banyak yang terjebak seperti saya gak ? Hihihi. Setelah dua tiga kali barulah saya ngeh kalo ini adalah iklan dari Total Almeera. Tapi kok gak ada unsur nyucinya ya ?

Jefry, salah satu tim pembuat Tvc Total Almeera

Menurut tim kreatif yang digawangi oleh seorang mualaf bernama Jefry bahwa sebenarnya ada nilai yang ingin disebarkan melalui Tvc yang dibuat anti mainstream ini yaitu Hijrah! Plotnya adalah dari seseorang yang tadinya kasar, arogan, semena-mena kemudian menemukan hidayah dan maju menjadi pribadi yang lebih baik, yang lebih menyenangkan dan menenangkan. Begitu lah gambaran dari Total Almeera yang berusaha Hijrah, dari yang syubhat menuju halal, dari yang belum baik menjadi sangat baik.

Selain itu jika dicermati dalam iklan ini tidak ada sosok Ibu yang berperan. Terlintaslah pertanyaan kenapa bukan Ibu ? Lagi lagi jawabannya keluar dari kotak, katanya kita sudah biasa meluhat kebaikan ibu dalam hidup kita, melahirkan, membesarkan, mendidik, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan ayah ? Disinilah iklan ini ditujukan, bahwa yang mendedikasikan hidupnya bukan hanya ibu, tetapi juga ayah. Ada Ayah dibalik Ibu, dan tentunya Total Almeera tidak hanya dikenal sebagai detergen yang halal, tapi juga detergen yang mampu merekatkan ingatan kita terhadap sosok yang mungkin terlupa. Huhuhu, liat iklannya bener bener inget sama Bapak dirumah *lapingus*

Pendapat Saya Soal Total Almeera



Emang yaa, kalo emak emak begini kalo gak dicoba teteup aja penasaran. Ekekek. Jadi begitu abhirama tidur saya ada kesempatan nyuci baju deh pakai Fashion Care Detergen Total Almeera.

Isinya melimpah, wanginya segerr

Busanya cukup banyak

Kesan pertama yang saya dapat adalah WANGI! Aromanya ini semacam seger dan manis gitu, apa ya, pokoknya bikin mood langsung Up. Nah kebetulan saya pakai yang renceng dengan berat 50gr, itu bisa saya gunakan merendam 4 sampai 5 kilo pakaian (asumsi sekilo itu 8 potong). Busanya lumayan banyak dan yang pasti gak panas juga lengket. Nah ngomongin soal lengket, biasanya saya 3x membilas pakaian, karna total almeera gak lengket di baju jadi 2x bilasan sudah menghasilkan baju yang bersih dan fresh serta siap dijemur. Cihuy, artinya kalau pakai total Almeera bisa hemat air, dan tenaga kan *siul siul*

Gimana, masih penasaran gak sama Total Almeera ? Kalo iya berarti kamu kudu cuss kewarung cari deh detergen yang warnanya hijau tua metalik dengan logo halal dibungkusnya. Kalo belum puas sama informasi saya juga bisa langsung kunjungi sosial media Fashion Care Detergen ini di

Fanpage : Total Almeera
Twitter : @TotalAlmeera
Instagram : @TotalAlmeera
Web : http://www.chemindoloka.com/

29 komentar:

  1. Jadi emang udah terverifikasi halal ya mba. Jadi nyaman ya, selain bersih jg halalan thayiban dipakenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah ada yang menjawab kerisauan hati kita

      Hapus
  2. Ibu ku juga udah lama pakai Total loh Win buat di rumah, malah hadiah piringnya banyak banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, aku juga sering ngumpulin piringnya. Hihihi

      Hapus
  3. ekonomis sih aku ngerasanya di rumah pakai produk total juga..tp lom nyoba ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicobain mba mira. Wanginya itu loh, seger

      Hapus
  4. iya ya, saya malah ngga pernah terpikir tentang kandungan parfum di deterjen wangi yang saya pakai. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, aku juga begitu. Waktu pak gun jelasin aku manggut manggut

      Hapus
  5. Jadi penasaran nih sama detergennya ��.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bisa ngasih info total biar berguna buat pembaca mak. Hihihi

      Hapus
  7. oooo itu iklan detergen total toh. Kirain shampoo. xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah, malah ngiranya iklan sampo ya. Hihihi

      Hapus
  8. Karena sertifikasi halal, pabrik jadi lebih bersih. Konsumen makin yakin pakai Total Almeera dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, alhamdulillah jadinya makin percaya pakai total

      Hapus
  9. Makin asyik baca blog Windah. Aku malah baru denger ada Total, deterjen halal. Iklannya sudah ada di tipi, Win?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, iklannya sudah nongol di tv mbak astin. Keren deh iklannya

      Hapus
  10. ini iklannya mencuri perhatian banget lho mba, haha jadi penasaran merasakan kehalalan dari detergen :3

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  11. belum keliatan di lotte supermarket barangnya

    BalasHapus
  12. Aku suka banget nih artikelnya sama model yang di dalamnya. Total bgt pokoknya

    BalasHapus
  13. Eh ini ada yang cair nda kemasannya? Penasaran sama wanginya, next nyobain ah :)

    BalasHapus
  14. nanti aku coba beliin Ibu deterje ini ahhh

    BalasHapus
  15. Benar sekali halal harus total

    BalasHapus
  16. Mdh2an d follow sm produk lain ya biar kita pakenya lbih nyaman

    BalasHapus
  17. ka ini asyik lho deterjennya, wanginya seger, nggak nyegat kayak deterjen yang pake parfum itu. alhamdulillah halal, barokah

    BalasHapus
  18. Justru yg bikin saya penasaran adl komposisi surfaktan tipe apa yg dipake sehingga membuat lebih "halal" dibanding produk sejenis. Setau saya umumnya komposisi yg dipake adl LAS yg biodegradable. Selain paparan yg ibu sajikan jg sebenarnya ngga beda jauh dgn deterjen pada umumnys,hanya ada logo "halal" yg jadi pembeda ^_^

    BalasHapus
  19. Saya masih belum paham soal makna halal bagi produk selain makanan. Sebenarnya apa yang menjadikan detergen total ini halal dan berbeda sama yang lain? Apa hanya karena produk lain males bikin verifikasi logo halal aja?

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.