Jumat, 12 Mei 2017

Fiber Kid, Pilihan Terbaik Lengkapi Kebutuhan Serat Anak


"Dek, anakmu kok kurus banget sih? Lemaknya kamu sedot semua ya?"  Canda salah seorang sahabatku sembari mencubit perutku. 

Alamak, sakit nian candaannya, pertama dia menuduh ku, kedua dia mencela bodiku. Aih, sahabat emang paling gak bisa deh bersikap manis.

Ya sih, candaan semacam ini bukan sekali dua kali aku terima, hampir tiap ketemu orang yang baru liat abhirama pasti bilangnya abhirama kurus. Aku juga udah liat tabel yang dikasih oleh salah satu dokter dan emang abhirama termasuk kurus, tapi itu bukan berarti aku gak kasih dia makan *kunyah sandal*

Tabel berat badan anak

Picky eater, istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang sulit makan dan cenderung pemilih makanan. Mau dikasih sayur dibentuk dinosaurus pun dia tau kalo itu sayur jadi gak bakalan dimakan. Buah? Hmm, ini juga sulit masuk. Kalo abhirama cenderung memilih junk food seperti kentang goreng, ayam tepung dan nasi. Pernah suatu ketika dia hanya mau makan nasi saja, pagi, siang sore maunya nasi dan itu berlangsung hingga berbulan bulan. Ibu mana yang gak depresi menghadapi pola makan yang seperti itu? 

Cici Panda

Syukurnya saya gak jadi satu satunya ibu yang mengalami hal ini. Ada seorang artis yang juga MC terkenal bernama Cici Panda yang ternyata anaknya juga termasuk sulit makan sayur dan buah, selain itu seleb blog Atika Nurkoestanti juga mengalami masalah makan pada anak yang sama kompleksnya dengan yang saya alami. Padahal masalah makan ini gak cuma ngeganggu fisik anak saja, tetapi juga kecerdasan otaknya. Duh ngeri deh! 

Emak emak yang dapet sejuta manfaat dan ilmu dari acara launching Fiber Kid


Pada 5 Mei kemarin ini, seorang dokter ganteng memberikan pencerahan pada puluhan ibu dalam sebuah acara launching Fiber Kid, sebuah minuman berserat untuk anak yang diadakan di Veranda Hotel tepatnya di Wyl's Kitchen. Nah, dokter yang bernama Dr. Herbowo Soetomenggolo Sp.A ini mengatakan bahwa fakta dilapangan yang terjadi pada anak anak adalah mereka lebih banyak mengkonsumsi GGL alias Gula, Garam, dan Lemak, yang ada pada makanan cepat saji atau cemilan bungkus. Padahal Kementerian Kesehatan juga sudah mendistribusikan informasi tentang pentingnya gizi seimbang terutama pada 1000 hari pertama anak. Dokter Herbowo melanjutkan, yang sering dilupakan orang tua adalah pentingnya serat yang terkandung di makanan seperti buah dan sayur.

Dokter Herbowo

Tahu gak sih, serat itu terbagi menjadi 2 yakni serat larut dan serat tidak larut? Pasti belom pada tau kan, aku juga baru tahu *dikeplak*. Ternyata kedua jenis serat ini dibutuhkan oleh tubuh setidaknya 30gr sehari. Serat larut berguna untuk melancarkan buang air besar sehingga tidak terjadi yang namanya konstipasi, sementara serat tidak larut akan menjadi makanan untuk mikroba usus yang kemudian mikroba ini membentuk kekebalan pada usus. Selain itu mikroba juga membentuk butirat yang berfungsi sebagai makanan mikroba usus yang bertranformasi sebagai neotransmitter yang bertugas sebagai pengantar sinyal pada otak. 


Jangan remeh kan konstipasi


Bu ibu, gimana sih perasaannya kalo anak anak mengalami konstipasi? Bete ya bu, dikit dikit rewel, ngajak ke kamar mandi, udah ditemenin ber menit menit, eh ternyata gak poop juga. Piye sih mau nya?! Ternyata masalah konstipasi ini gak cuma jadi masalah sepele lho bu. 10% anak Indonesia mengalami masalah konstipasi dan setidaknya 30 dari 100 anak mengalami masalah akibat konstipasi. Masalah apa aja itu? 

1. Emosional


Anak anak yang mengalami kesulitan buang air besar biasanya lebih sering marah dan uring uringan. Hal ini wajar terjadi karena mereka merasa tidak nyaman di area perutnya karna feses yang menumpuk. Belum lagi terlalu lama di kamar mandi tanpa hasil membuatnya kesal dan hilang kesabaran. Jadi akhirnya malah rewel dan emosinya gak stabil

2. Tumbuh Kembang Terhambat


Banyak dari kita pasti kalangan kabut ya kalau anaknya tiba tiba panas, bahkan kalau udah mencapai 39 derajat. Tapi sayangnya banyak yang ngeremehin sembelit bahkan nunggu sampe anak poop berdarah baru kita panik. Menyepelekan sembelit ini akibatnya fatal lho. Nah salah satu masalah yang luput dari pantauan akibat konstipasi adalah tumbuh kembang anak yang terganggu. Anak anak yang mengalami konstipasi biasanya akan mengalami masalah makan karena merasa tidak nyaman pada perutnya. Nutrisi yang tidak tercukupi dengan baik membuat metabolisme tubuh terganggu dan anak mudah sakit. Hayo, kompleks kan masalahnya. Makanya sebagai orang tua jangan sampe deh kita menyepelekan masalah konstipasi ini. 


Selain menghalau masalah konstipasi, serat juga berfungsi menjaga kestabilan gula darah, mencegah obesitas serta melindungi usus. Kalau sehari saja kita kekurangan serat, itu artinya kita sudah menghambat tumbuh kembang anak anak kita sehingga terhambat pula jalan meraih cita-citanya. Gak mau kan hal itu terjadi moms? "tapi bikin anak mau makan buah dan sayur itu gak gampang sist"

Ibu Astrid

Iya, aku juga tau gak gampang. Makanya seneng kalo ada yang sharing tentang kita bikin anak mau makan sayur seperti yang dilakukan ibu Yohana Astrida Gumelar atau yang biasa disapa ibu Astrid. Pada kesempatannya ibu Astrid menuturkan pengalamannya dalam menghadapi Aaron (5 tahun) yang mengalami konstipasi akibat kegemarannya makan kentang dan olahannya setiap saat. Presiden Direktur PT Nugra Karsera ini mencontek kebiasaan sang mama yakni menyisipkan sayuran ke dalam makanan. Bahkan sampai dewasa ini ibu Astrid baru tahu kalau soto itu gak pakai sayur kubis. Nah ini juga bisa dicontek sama kita gimana ini ibu Astrid menyisipkan sayuran pada makanan yang digemari anaknya. 


Ibu Astrid sadar bahwa konsumsi serat anak anak Indonesia cukup rendah sehingga beliau melalui perusahaannya yang telah 27 tahun berdiri kemudian memutuskan untuk membantu para ibu dengan menghadirkan minuman berserah tinggi khusus untuk anak anak. Ibu Astrid mengerti  jika ibu Indonesia kesulitan memberikan buah dan sayur setiap hari, dengan adanya Fiber Kid ini diharapkan beban itu sedikit berkurang, namun beliau menegaskan Fiber Kid bukanlah pengganti sayur dan buah ya! 

Mengenai Fiber Kid


Semenjak mendapat info soal launching nya produk ini aku langsung kepikiran produk sejenis yang isinya kental dan kenyal,  tapi begitu buka botolnya aku kaget. Kok gak kental?

Ternyata fiber kid ini tidak menggunakan serat buatan melainkan alami dari buah dan sayur hingga seratnya terukur 13gr ditiap botolnya. Selain itu gula yang digunakan juga tidak banyak, hanya 6gr per botolnya. Inilah yang membedakan Fiber Kid dengan yang lainnya yakni kandungan gulanya yang rendah sehingga aman dikonsumsi secara teratur. 


Sejak tahun 1990 PT Nugra Karsera menjadi perusahaan alat alat kesehatan dan kardiologi yang digunakan di lebih dari 150 rumah sakit. Fiber Kid adalah produk pertama yang di produksi dibawah PT Nugra Karsera yang segala prosesnya adalah dibawah perusahaan ini, jadi kualitas dan kontrol pengemasannya sangat steril serta sudah memperoleh sertifikat halal dari MUI dan juga sertifikat BPOM.

Fiber Kid juga bisa dikonsumsi oleh kita yang dewasa

Buat aku sendiri adanya Fiber Kid sangat membantu untuk melengkapi kebutuhan serat abhirama. Apalagi anak satu satunya ini paling suka minuman yang manis dan seger tapi kemarin sempet nolak karena  Fiber Kid ini terdiri dari dua rasa yakni leci dan anggur saja. Syukurnya Fiber Kid bisa diolah dan dicampur dengan bahan lainnya seperti dijadikan smoothies atau pudding. Kemaren pas bawa pulang Fiber Kid abhirama sempet ogah karena liat botolnya ada gambar buahnya, akhirnya aku iseng bikinin dia smoothies pisang dan dia doyan banget. Besoknya aku tuang aja di gelas, eh akhirnya sekarang dia minta sebotol setiap pagi. Buang air besar abhirama setelah seminggu mengkonsumsi Fiber Kid juga jauh lebih lancar, dia juga jadi anak yang lebih aktif dan lebih sehat. 

Selain bisa dibeli www.fiberkid.com, Fiber Kid juga bisa kita dapatkan di toko online seperti blibli dan juga supermarket Ranch, Farmer dan Galael. Ada promo dan diskon menarik juga seperti gratis ongkir dan buy 2 get 1.

Oh iya, dibawah ini aku bikinin resep praktis bikin smoothies pisang pakai Fiber Kid ya, biar serat anak anak kita terpenuhi dengan baik

Smoothies Pisang




Bahan
3 Buah pisang matang
100ml Fiber Kid Anggur
Meises untuk topping


Cara buat
Blender pisang dengan Fiber Kid lalu tuang pada gelas, masukkan lemari pendingin selama 10 menit


Keluarkan dari lemari pendingin, taburkan meisis diatasnya dan sajikan.

Bahan bisa ditambah yang lain seperti susu atau diganti dengan buah yang anak anak sukai.

1 botol Fiber Kid ini setara 7 buah pisang atau 4 buah apel, dan gak pakai pewarna buatan. Jadi gizinya dapet, sehatnya juga dapet. Mau coba? Cuss deh beli

1 komentar:

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.