Kamis, 15 Juni 2017

#KitaSama, Sebuah Campaign Sosial Untuk Mendukung Sahabat Disabilitas Mewujudkan Mimpinya


Kata orang, kita terlahir kedunia ini dengan hak yang sama sebagi manusia yang bebas dan merdeka. Bebas mau menjadi apa dan siapa sesuai dengan cita cita dan keinginan kita. Bebas berpendapat dimuka umum dan menjadi manusia yang seutuhnya tanpa dipandang sebelah mata. Yang jadi pertanyaan, apa iya kata orang ini berlaku buat siapa saja ? bagaimana dengan mereka yang harus memendam haknya sebagai manusia merdeka karena terhalang oleh stigma masyarakat kita ? bagaimana dengan mereka yang dijadikan manusia spesial dengan kelebihan terlahir sebagai sahabat disabilitas ?


Pertanyaan pertanyaan ini berkecamuk dibenak saya tanpa pernah terjawab dengan tuntas. Semua mengaku peduli pada mereka, tapi kenyataannya transportasi umum pun masih sedikit yang menyediakan space bagi disabilitas. Sahabat disabilitas juga tidak punya kuasa untuk berjuang karena selalu dipagari dengan pertanyaan “ kamu kan gak normal, emang bisa apa ?” pertanyaan yang tentu menohok hati bahkan bagi yang non disabilitas. Apa sih patokan normal dan gak normal dalam kehidupan kita ? siapa yang bisa menentukan hal ini ?


Mungkin diantara kita ada yang merasa sepemikiran sama saya, jadi saya yakin nih kalo misalnya saya ajak buat menyebarkan sebuah campaign yang berhubungan dengan sahabat disabilitas pasti pada bantuin dong ? caranya gampang kok, kita cukup meregistrasikan diri sebagai generasi bermimpi di www.indonesiabermimpi.org dan follow sosial media @id_bermimpi. Dengan begitu kita telah menjadi generasi yang lebih peduli pada sahabat disabilitas serta mendukung mereka untuk meraih mimpinya.

Kampanye #Kitasama


Tadi saya sudah jelaskan tentang apa yang bisa kita lakukan terhadap sesama terutama sahabat disabilitas dalam bermimpi. Nah kampanye yang disebut #Kitasama ini adalah sebuah bukti nyata bahwa kita peduli pada mereka. Adalah Indonesia bermimpi, sebuah komunitas generasi muda yang aktif di Indonesia dengan resmi menyuarakan gerakan sosial #kitasama. Selain Indonesia Bermimpi, ada juga artis ibukota yang tergabung dalam komunitas save lagu anak diantaranya Ria Ernes, Leony, Eno Lerian, dan masih banyak lagi. Yang spesial adalah Band papan atas yang kini namanya tengah melambung karna lagunya yang berjudul Asal Kau Bahagia, Armada, juga ikut bergabung dalam kampanye ini.

Gerakan #kitabisa ini terbagi menjadi 2 yakni daily program dan Main Program yang terdiri dari

Daily program

Para sahabat disabilitas membentuk sebuah band

Meliputi kegiatan yang bisa kita lakukan kapan saja untuk mensupport sahabat disabilitas demi mencapai cita citanya. Kegiatan ini bisa kita lakukan secara online melalui web Indonesia  Bermimpi. Disana disediakan berbagai macam aktifitas seperti jual beli hasil karya sahabat disabilitas melalui sistem e commerce. Kita juga bisa mempelajari bahasa isyarat melalui webinar yang ada di website. Kata Surya Sahetapy, seorang tunarungu yang juga aktifis dari sahabat disabilitas bahwa bahasa isyarat adalah salah satu kunci penting untuk mereka yang mengalami kendala bahasa. Dan sayangnya tidak banyak orang yang mampu menguasainya sehingga apa yang disampaikan oleh mereka para sahabat disabilitas tidak sampai pada kita yang non disabilitas.
Kita juga bisa mengunduh komik yang menceritakan kisah tentang sahabat disabilitas yang mampu meraih mimpi. Ada juga kompetisi berhadiah merchandise karya sahabat disabilitas untuk lomba cerpen dan lomba bahasa isyarat.

Main program


Ada tiga buah kegiatan yang terencana dalam main program ini diantaranya lari bersama yang dicanangkan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember nanti. Kegiatan ini bukan lomba lari yang menang menangan, tetapi lomba lari yang membangun solidaritas antara sahabat disabilitas dan non disabilitas.

Selain itu terdapat juga kegiatan menonton bersama yang filmnya akan digarap dan ditayangkan dibioskop pada awal bulan di tahun mendatang. Film ini akan disertai dengan bahasa iosyarat juga teks yang bisa dinikmati oleh sahabat disabilitas. Dan dibulan desember akan ada konser musik Indonesia Bermimpi.

Semua kegiatan dari Indonesia Bermimpi ini mendapat support penuh dari berbagai pihak seperti Instansi pemerintah, Industri Kreatif, komunitas anak muda, LSM, event organizer hingga media nasional.

4 komentar:

  1. wahh keren banget nih programnya. baru tau kl ada program kayak gini. thanks for sharing yaa mba

    BalasHapus
  2. langsung meluncur ke www.indonesiabermimpi.org ...

    BalasHapus
  3. Wah, ada event2 dan filmnya ya nanti, penasaran :) Aku dulu pas kuliah, ada matkul Informasi untuk penyandang cacat, nah sempet liat langsung gmn semangatnya temen2 disabilitas sekolah di SLB dsb, membuat kita lbh bersyukur dan mesti peduli sama mereka. Nice share

    BalasHapus
  4. Jangan takut lagi untuk bermimpi. Karena banyak cara untuk mewujudkannya.. Thank you Mba :)

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.