Rabu, 06 Desember 2017

Anak Kuat Dari Dalam Karena Nutrisi Tepat


Punya anak yang sedang aktif aktifnya memang suatu kenikmatan sendiri. Nikmat merasakan lelah nya mengejar kesana kemari, nikmatnya mencuci pakaian kotor akibat lumpur dan yang lainnya. Serta banyak nikmat yang tak bisa dihitung. Capek? Tentu, tapi gak membuat saya lantas melarang sang anak untuk melakukan ini itu karena saat semakin banyak mereka mengeksplorasi lingkungan sekitar, semakin banyak pengalamannya serta makin bertambah pengetahuannya.

Selain kondisi fisik yang harus prima, anak anak yang masih dalam masa emas harus punya emosi yang stabil dan bahagia. Emosi, bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah dari makanan yang ia makan. Pada kenyataannya, anak anak lebih rentan memiliki masalah emosi ketika perutnya bermasalah. Diare dan sembelit adalah salah satu masalahnya nih.


Selain masalah kesehatan pencernaan, makanan juga berpengaruh pada asupan nutrisi yang ia dapatkan. Pada usia 0-5 tahun, anak anak membutuhkan sejumlah nutrisi yang terbagi menjadi dua kategori seperti yang dijabarkan oleh Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK pada kegiatan Mom Blogger Gathering yang diadakan oleh Friso pada Sabtu, 2 Desember 2017. Dua jenis nutrisi ini antara lain

Nutrisi Makro


Di usia 6 bulan pertama bayi, mulai dibutuhkan nutrisi pelengkap untuk tumbuh kembangnya, ASI saja tidak cukup, itu mengapa kemudian ada MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Fungsinya tak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro dan makro. Nah, makin bertambah usia, nutrisi ini semakin banyak dibutuhkan oleh anak kita.

Nutrisi makro diantaranya adalah Protein, Lemak, Karbohidrat

Karbohidrat



Yang kita tahu, karbohidrat bisa didapat dari makanan pokok kita seperti nasi, umbi umbian, dan juga berbagai jenis tepung.

Kalau dulu kita mengenal yang namanya 4 sehat 5 sempurna, beda lagi sama sekarang. Patokan hidup sehat kita adalah Pedoman Gizi Seimbang yang berbentuk piramida makanan. Karbohidrat ini berada di posisi paling bawah alias paling banyak. Tapi patut di catat, kebutuhan karbohidrat pada anak dan dewasa hanya 1/4 dari total piring makan yang artinya, bukan nasinya dibanyakin dan sayur lauk dan buah sedikit. Tapi harus seimbang.

Protein


Protein memiliki peran penting pada tumbuh kembang anak karena memiliki 3 fungsi utama yakni


  1. Untuk pertumbuhan fisik
  2. Perbaikan jaringan tubuh yang rusak
  3. Mengatur proses metabolisme tubuh


Anak anak memiliki kebutuhan protein sebanyak sebanyak 25-30 gr tergantung berat badannya. Kebutuhan protein ini tidak hanya didapatkan dari sumber protein hewani seperti ikan, daging, telur, susu tetapi juga dari protein nabati seperti tempe, tahu, kacang kacangan. Pada anak anak, kita perlu mengenakan dua jenis protein tersebut dalam satu piring makan. Tips dari dr. Diana adalah berikan lauk dengan protein nabati dan hewani dengan perbandingan 1:2.

Patut diingat kebutuhan 25-30gr protein ini berarti berat protein nya, bukan berat makanan yang mengandung protein ya. Misalnya saja, sebutir telur memiliki 6gr protein, berarti jika hanya makan telur, anak anak membutuhkan 4 sampai 5 butir telur tergantung berat badannya.

Lemak


Kalau orang dewasa menjauhi lemak, anak anak justru harus makan lemak. Tapi jangan salah, lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang diantaranya terkandung pada kacang kacangan dan juga alpukat. Selain itu terdapat juga lemak tak jenuh yang terkandung pada minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak canola dan yang lainnya. Yang patut diingat, dalam pengolahannya, minyak nabati yang berasal dari kacang kacangan ini tidak boleh dipanaskan dalam suhu tinggi karena akan berubah menjadi lemak jenuh yang akan menjadi penyakit bagi tubuh.

Nutrisi Mikro


Selain nutrisi makro, tubuh kita juga butuh nutrisi mikro yang berupa vitamin dan mineral. Dan kita semua tahu bahwa nutrisi mikro iki bisa kita dapatkan dari sayur dan buah. Sayangnya, tubuh kita sering mendapatkan nutrisi mikro yang sudah terlanjur rusak dan berkurang akibat proses masak yang berlebihan.

Pada sayuran utamanya, kita sering hanya mendapatkan ampasnya saja. Sedangkan nutrisi yang terdapat dalam sayur hilang akibat proses masak yang berlebihan. Sama hal nya dengan sayuran, protein juga sering hilang dan rusak akibat cara masak yang salah.


Pada beberapa masakan Indonesia, biasanya proses memasak yang lama dan berulang akan menambah citarasa misalnya gudeg, rendang dan yang lain. Pun dengan lauk sehari hari yang sering di proses berlebihan seperti ikan yang digoreng hingga garing supaya rasanya enak. Padahal memasak dengan cara ini membuat nutrisi makanan hilang.

Jadi bagaimana proses masak yang benar? Menurut dr. Diana, makanan baiknya di rebus atau di tumis beberapa waktu saja, jangan terlalu lama tapi juga jangan mentah.

Menggunakan bahan yang alami dan dari alam sangat disarankan untuk pemenuhan nutrisi baik mikro maupun makro.

Pencernaan sehat kunci anak Sehat


Pembahasan soal makanan memang gak akan ada habisnya mengingat yang kita makan setiap hari akan selalu berganti, tapi kuncinya, penggunaan bahan alami akan membantu anak untuk tumbuh dan berkembang lebih baik. Kenapa? Karena pada dasarnya makanan adalah benda asing yang masuk ke tubuh, didalam pencernaan, makanan diolah dan dipisahkan berdasarkan nutrisinya. Nah kalau ada benda yang tidak terserap tubuh semisal bahan pangan buatan, maka akan dianggap toxin dan tolak oleh pencernaan.


Nah gimana dong kalo makanan yang kita makan terus mengandung toxin? Tentu pencernaan anak akan mengalami masalah. Timbul lah yang namanya diare atau sembelit.
Menurut dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes, bermasalahnya saluran cerna akan berimbas pada tumbuh kembang sang anak. Tapi tenang, 12% dari anak Indonesia menderita sembelit dan 25%nya menderita diare, dan tugas ibu hanyalah menjaga agar anak makan makanan yang sehat dan bersih.


Friso sebagai nutrisi dalam keadaan alami
Ngomongin soal nutrisi anak, tentu gak jauh hubungannya sama susu sebagai salah satu sumber protein dan juga tambahan nutrisi untuk melengkapi kebutuhan si kecil.

Nah kebanyakan susu yang ada di Indonesia adalah melewati proses yang panjang hingga menyebabkan protein dari susunya menghilang. Padahal itu dia yang paling dibutuhkan ya gak sih? Makanya para ibu harus mencari susu yang prosesnya tidak membuat nutrisi dari susu hilang atau rusak.

Gak usah galau, karena ada susu Friso yang diproduksi dengan sistem one single process. Medical Marketing Manager Friso dr. Ruli P. A. Situmorang mengatakan bahwa Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature science dimana seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakai ternak sapi hingga pemrosesan akhir dilakukan sendiri.

Friso memiliki peternakan sapi sendiri sehingga semua pemrosesan susu sapi hingga ke konsumen dilakukan sendiri. Sistem one single proses yang digunakan membuat susu tetap terjaga nutrisinya karena proses pemanasan yang digunakan tidak berlebihan. Ditambah lagi ada teknologi locknutri yang mengunci nutrisi terutama protein agar tetap terjaga kualitasnya sehingga mudah di cerna dan diserap oleh si kecil.


Dengan nutrisi dalam keadaan alami, anak anak akan kuat dari dalam sehingga jarang sakit, mampu tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetik nya. Siapa sih yang gak mau anaknya sehat dan kuat dari dalam? 




98 komentar:

  1. Wah, susu Friso emang bisa diandalkan untuk keamanan sistem pencernaan anak ya. Keren.

    BalasHapus
  2. Produk aman bagi pencernaan anak ya. Susu kadang cocok ga cocok juga ya buat bayi. Kalo ada yangvpenuh gizi dan aman bagi kesehatan pilihan banget deh buat orang tua

    BalasHapus
  3. Wah berarti nutrisi dari susu bisa rusak kalo proses pemanasannya berlebihan ya

    BalasHapus
  4. Nutrisi alami memang penting ya, sayang kadang kita lupa cara memasak sehingga bisa mengurangi bahkan merusak kadar nutrisinya

    BalasHapus
  5. Pencernaan kuat dan sehat memang penting krn pengaruh juga ke imunitas ya mbak. Thanks for sharing :)

    BalasHapus
  6. Setelah ikut event ini, jd makin tau soal per susu an, ya win. Dan soall pentingnya menjaga kesehatan sistem pencernaan

    BalasHapus
  7. Pencernaan anak emang kudu konsen banget diperhatikan ya mbak. Ini anak2 alhamdulillah gk pernah diare, tapi bbrp kali sembelit, apalgi pas GTM gak makan sayur, kudu bener2 diakalin spy makin rajin makan sayurnya #malahcurcol :P

    BalasHapus
  8. gangguan sistem pencernaan anak serius lho efeknya ke tumbuh kembang. Jadi harus serius mengobatinya.

    BalasHapus
  9. baiklah.. mamak harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    BalasHapus
  10. gak boleh anggap remeh masalah pencernaan memang ya, harus dijaga sedini mungkin, salah satunya dengan nutrisi yang masih alami. Kurang2in jajan diluar dan banyakin minum air putih biar sehat selalu :))

    BalasHapus
  11. Bumil persiapkan pertumbuhan dede bayi nya ya, terutama minum susu Friso Gold 0 untuk ibu hamil dan menyusui.

    BalasHapus
  12. Anak kuat dari dalam tumbuh kembangnya makin sehat sempurna yaa

    BalasHapus
  13. Kalo pencernaan anak sehat kita jadi nyaman deh

    BalasHapus
  14. Jadi aku suka ngeri klo beberapa Hari anak2 nggak pup, karena pencernaan lancar pengaruh ke kesehatan anak yaa

    BalasHapus
  15. Artikelnya informatif nih. Asupan gizi emang perlu diperhatikan banget yaa, karena bakal ngaruh ke segalanya. Thanks for sharing :D

    BalasHapus
  16. Nutrisi bagus badan anak sehat

    BalasHapus
  17. Wah berarti kalau makanan yang digoreng atau dibakar/dipanggang buat anak-anak gimana? Disarankan atau nggak ya?

    BalasHapus
  18. Peternakan sendiri jadi nggak dari mana2 yaa Win.
    Pencernaan anak klo lancar itu melegakan bgt

    BalasHapus
  19. Mau nanya, kalau anak 9 bulan beratnya 9.9 kg itu kelebihan brat badan ga?
    Kalau kelebihan kira-kira jenis makanan apa yah yg perlu dihindari?

    BalasHapus
  20. masakan yang proses memasaknya lama itu emang enak banget mbak... apalagi kalau sudah diangetin, bumbunya jadi lebih merasuk...hihihi.
    Bener juga ya mbak, pencernaan sehat nutrisi pun jadi lebih mudah terserap...

    BalasHapus
  21. Wah, baru twu kalqu istilah sekarang nggak lagi pakqi empat sehat lima sempurna. Benarsih, seharusnya memang gizi seimbang, bukan sekedar terpenuhi aja

    BalasHapus
  22. wuih,bener banget penting memberikan nutrisi tepat untuk anak yang sedang masa pertumbuhan, sebagai ibu mesti jeli yah terhadap masalah pemberian nutrisi

    BalasHapus
  23. Anak2 itu kadang makannya itu2 aja yg mengakibatnya nutrisi kurang. Makanya kudu ada tambahan biar mereka berkembang sebagaimana mestinya. Friso salah satu yg bisa nih

    BalasHapus
  24. Halo kak, Friso ini susu bubuk kan ya? Bukannya kalo susu bubuk pasti pake suhu yang tinggi untuk menghilangkan kadar airnya? Tapi kalo beneran proteinnya tetap terjaga ya, berarti friso pancen oye!

    BalasHapus
  25. Meskipun saya sampai saat ini belum menikah dan mempunyai anak. Namun, setidaknya dengan membaca tulisan ini, sedikit banyak saya jadi mengetahui perihal makanan+makanan apa saja yang layak untuk dikonsumsi anak anak, serta makanan apa saja yang mengandung mineral yang bermanfa'at untuk pertumbuhan perkembangan si anak..

    BalasHapus
  26. Wah cocok banget nih ya. Asyek saranin ke ponakan ah biar smakin sehat dia. Soalnya skrg mulai sering drop kesehatannya

    BalasHapus
  27. Wah, kebanyakan susu melalui proses yang panjang sehingga kehilangan kandungan proteinnya, ya. Baru tahu lho saya. Hehe.
    Thanks for sharing, Mbak.

    BalasHapus
  28. Aku kok agak salah fokus ya mbak, aku malah melihat para pembicaranya yang kece-kece itu. Harusnyaa kan aku perhatikan tentang nutrisi



    haduhhhhhh

    BalasHapus
  29. Satu butir telur, ternyata kurang ya..? Selama ini saya malah membatasi anak untuk memgosumsi telur. Padahal anaknya suka sekali dengan olahan telur. Jadi boleh-boleh saja, ya...anak makan lebih dari satu butir telur, setiap kali makan?

    BalasHapus
  30. Lho aku belum komen di sini to ternyata, perasaan udah haha :P
    Emang pencernaan anak itu penentu paling utama anak sehat apa gak ya, soalnya kan sistem itu yg berhubungan alngsung sama "benda asing" seperti makanan, blm lagi kalau anak balita suka makan2 apa aja hehe

    BalasHapus
  31. Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, termasuk asupan gizi bagi anak. Tentunya hal itu juga akan berpengaruh pada kesehatan anak, salah satu pilihan tepat untuk memberikan Friso.

    BalasHapus
  32. Dr.aulia fitri nya cantik ya.. Hehehe..
    Aku jadi waswas nih mba, apa tiap masak sayur anakku cuma dapat ampasnya ya

    BalasHapus
  33. Kebutuhan...akan nutrisi wajib buat anak lewat makanan dan minuman agarbiya tumbuh sehat...dan seperti nya vaksinasi juga diwajibkan...

    BalasHapus
  34. waktu aku kecil dikasih jamu buyung upi biar tetap kuat, kalo sekarang mau coba kuat aja susah banget kak. apalagi udah urusan hati hahah

    BalasHapus
  35. informatif banget mba, memperhatikan dan menjaga gizi untuk anak-anak memang udah jadi kewajiban mutlak untuk kita aebagai orang tua ya

    BalasHapus
  36. Emak yg juara nih perhatiin asupan makanan si kecil

    BalasHapus
  37. Penting bgt ya memang memperhatikan gizi si anak sedari awal :)

    BalasHapus
  38. Untuk usia anak yg msh tahap perkembangan penting bgt menjaga asupan nutrisi yang dimakan. Jangan sampai salah nutrisi yg masuk bisa bisa anak kita tidak tumbuh dgn sehat

    BalasHapus
  39. Aku baru tahu ada nutrisi makro dan mikro. Ini susunya friso harganya subhanallah ya, wkwk. Pantes Alma suka banget kalau minum friso... enak kali ya kalau mahal

    BalasHapus
  40. sering liat iklan friso, blom pernah nyoba nih, makasih infonya mak, komplit

    BalasHapus
  41. Anak2 butuh nutrisi yg lengkap yaa Mak, biar sehat selalu. Tambah2 ada Friso, makin lengkap deh buat penunjang kesehatan

    BalasHapus
  42. Meskipun aku blm punya anak, hal semacam ini haru tau, penting banget buat tumbuh kembang anak.. Susunya lengkap bgt nutrisnya

    BalasHapus
  43. kalau anakku mba ga suka sama sayuran dan perlu kerja keras buat bikin si kecil suka sama sayur, gimana ga stres emaknya wong buah aja juga ga suka. Piye? uhhh....

    BalasHapus
  44. Jadi susu Friso lebih bagus untuk pencernaan anak ya, Mbak? Baiklah. Kuingat-ingat dulu saja buat suatu saat kalau punya anak.
    Terima kasih infonya, Mbak. Nutrisi Friso memang cukup lengkap ya sepertinya.

    BalasHapus
  45. makasih sharingnya , bermanfaat

    BalasHapus
  46. Lemak buat orang dewasa ternyata untuk anak anak justru harus ada ya. Tfs mbak windah :)

    BalasHapus
  47. Setuju bangat Ini, asupan gizi seimbang itu penting bangat untuk tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  48. Pencernaan sehat anak sehatt ya win

    BalasHapus
  49. Nutrisi penting banget untuk tumbuh kembang anak agar bisa tumbuh dengan baik, sehat, dan tak mudah terserang penyakit. Nutrisi sehat ini ternyata bisa didapatkan dari pemberian asupan makanan dengan gizi seimbang serta susu yang tepat. Wah, tulisannya lengkap banget. Makasi telah berbagi informasi penting ini.

    BalasHapus
  50. Nice info. Kalo udah urusannya sama anak emang harus diperhatikan ya nutrisi yg masuk di dalam tubuh cukup atau tidaknya..

    BalasHapus
  51. Bisa untuk usia berapa ya mba susu friso ini?

    BalasHapus
  52. Beneran nih, gangguan pencernaan efeknya dahsyat banget ke tumbuh kembang anak. Anak keduaku mulai mengalami gangguan pencernaan sejak kenal MPASI. Sayangnya emaknya telat sadar huhu... makanya penting banget kasih makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang

    BalasHapus
  53. Ooh jadi perbandingan lauk hewani dan nabatinya 1 bandinh 2 ya

    BalasHapus
  54. wih lengkap deh penjelasannya, makasih sharingnya Wind

    BalasHapus
  55. Untuk anak-anak tersayang kita, pemilihan makanan untuk mereka mesti pas banget ya Mbak. Soal nutrisinya diperhatikan banget agar tumbuh kembang mereka maksimal

    BalasHapus
  56. Memang mengolah masakan itu enggak jaminan ya, salah ngolah habislah nutrisi alami nya

    BalasHapus
  57. Anak adalah anugerah terindah ya harus dijaga kesehatannya dgn baik. Sayang aku baru tau susu Friso ini.

    BalasHapus
  58. Makan sehat untuk tubuh dan jiwa yang sehat. Makasi sharingnya Win

    BalasHapus
  59. Tfs, Win. Berguna buat aku baca-baca karena punya ponakan juga :).

    BalasHapus
  60. Yang aku tau juga nih mba, kebutuhan protein bayi dan anak per hari adalah seukuran telapak tangan nya (ga termasuk jari jari), itu yang aku terapkan pas masak MPASI hehehe

    BalasHapus
  61. Jika anak sehat ibu bahagia pastinya...

    BalasHapus
  62. Wah..harus selektif juga ya memilih susu untuk anak. karena gak smeua susu yang beredar di pasaran nutrisinya masih utuh ya

    BalasHapus
  63. Setuju pencernaan anak kalau sudah kena, aduh kasihan dan ortu jadi panik. Asyik ada Friso yang kaya nutrisi. Zaman sekarang kudu hati-hati pilih susu yang tepat, Mbak. Apalagi yang punya peternakan sendiri seperti Friso, keren! Lebih terjamin dong.

    BalasHapus
  64. Pantes aja si Gie kalau telat makan pasti saat minta itu marah-marah dan maksa banget. Ternyata lapar bisa mempengaruhi emosinya juga ya.

    BalasHapus
  65. Keren banget Friso, sudah nutrisinya komplit.. Ada fasilitas konsultasi lagi
    Terima kasih sharingnya 😊

    BalasHapus
  66. Kebetulan saya lagi bingung milih susu buat anak. Karena susu merk yang lama sudah gak ada varian rasa yang anak suka. Siapa tahu dia cocok dengan Friso. Trimakasih sharingnya ya mba:-)

    BalasHapus
  67. Jaga nutrisi anak biar lengkap ya, mba. Penting untuk pertumbuhan mereka soalnya

    BalasHapus
  68. Duh, trauma banget kalau denger masalah pencernaan, saya sendiri bermasalah sama pencernaan eh anak pernah kena konstipasi. Jadi bener-bener sekarang hati-hati banget pilih makanan dan susu. Thanks sharingnya Mbak.

    -sejenakberceloteh.com-

    BalasHapus
  69. Jadi ingin mencoba juga susu friso buat El yang nggak doyan sufor nih

    BalasHapus
  70. Makasih sharing nya mbak jadi banyak nambah ilmu nih. Mulai dari nutrisi hingga memilih susu

    BalasHapus
  71. Informasinya sangat bermanfaat Mbaaaa

    BalasHapus
  72. saya baru tau loh ada susu ini.
    nutrisinya lengkap pake banget. ulasannya juga super duper lengkap. sangat informatif

    BalasHapus
  73. Waaaah, Abi keren... Nutrisi sejak dini memang penting :)

    BalasHapus
  74. Nutrisi memang sangat penting untuk pertumbuhan anak. Anak sehat orang tua bahagia tentunya.

    BalasHapus
  75. Friso hebat ya, sampai membuat peternakan sapi sendiri biar kualitas susunya terjamin.

    BalasHapus
  76. Makanan yg dimasak sendiri bisa jadi silent killer. ��
    Friso ini mungkin emang menyasar ke anak kekinian. Eeeaaaa.
    Jadi, nutrisinya lengkap.

    BalasHapus
  77. Jadi pengin punya anak tapii 🙈

    BalasHapus
  78. Sekarang setelah teredukasi aku nggak terlalu pusing Mbak kalo anakku lagi ogah makan nasi. Soalnya dia juga hobi ngemil kentang atau ketela rebus. Makan telur goreng bagai camilan. No drama kalau anak nggak mau makan nasi karena kandungan karbo tidak hanya pada nasi.

    BalasHapus
  79. Bentar lagi nih, Ai mau MP-ASI. Harus baca2 lagi biar gizinya maksimal.

    BalasHapus
  80. Ulasan yang bagus, mengingatkan untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi anak2. Terima kasih sharingnya ;-)

    BalasHapus
  81. ternyata banyak keunggulannya susu Friso untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak ya

    BalasHapus
  82. friso ada peternakan tersendiri wah keren ya, jadi bisa langsung di pantau keasliannnya ya

    BalasHapus
  83. Baru tau ada susu Friso. Belum ada iklannya di TV kayaknya. Terimakasih aidh berbagi info ya mbak Windah.

    BalasHapus
  84. wuaaa. jadi pengen move on ke Friso nih... nutrisinya itu loh, lengkap bangetttt.. TFS yah Mbakkk

    BalasHapus
  85. Baru ngeh ada nutrisi makro sama mikro. Biasanya cuma sebatas zat dalam tubuh kayak karbo,lemak sama protein. Bisa jadi wawasan baru nih

    BalasHapus
  86. Waahh pake sistim one single process ya mak, jd terjaga nutrisinya

    BalasHapus
  87. Tumbuh kembang anak ditentukan oleh asupan yang sehat dan bergizi, mantap kak Windah, mampu meracik makanan yang sehat dan kaya akan vitamin.

    BalasHapus
  88. beneran ya lapar bikin baper. friso komplit banget ya nutrisinya. bisa aku rekomendasikan ke ponakan aku nih.

    BalasHapus
  89. nutrisi memang penting yaa untuk masa pertumbuhan anak. jangan sampai anak tidak tumbuh maksimal karena kekurangan nutrisi

    BalasHapus
  90. Mba Win, makasih sharingnya. Manfaat banget ini informasinya.

    BalasHapus
  91. Memperhatikan kebutuhan anak penting ya, biar tumbuh kembangnya baik. Asupan nutrisi yang seimbang. Anakku picky eater gitu jadi agak susah buat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

    BalasHapus
  92. Yg terpenting utk anak itu asupan nutrisi yg seimbang yak. Tp msh bnyk ibu ibu yg beranggapan bhw anak ckp diberi susu formula dan klo anaknya gak mau mkn, ya sdh dibiarkan saja yg penting dikasih susu. Pdhal salah ya seperti itu.

    BalasHapus
  93. wah berguna bgt mb info2nya. TFS yak

    BalasHapus
  94. Kita yang gede aja ni kebanyakan makro kurang mikro yaa.

    BalasHapus
  95. Wah, aman ya karena friseo punya perternakan sapi sendiri

    BalasHapus
  96. Memang menyiapkan asupan buat si kecil itu gampang2 susah, selain pemilihan bahan juga pengolahannya.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.