Jumat, 08 Desember 2017

Teman Bumil : Aplikasi Pendukung Kehamilan Sehatku


Seminggu yang lalu, saya harus panas dingin akibat penyakit Herpes yang tiba tiba menerjang, eh dilalah minggu ini harus kembali tegang akibat stretchmarks yang biasanya berwarna putih pucat jadi hitam hitam. Ditambah lagi ucapan orang tua yang bilang katanya ini karena ketuban bayinya kotor. Duh, kalo ketuban kotor berarti bayinya bisa kenapa napa dong ya? Alamaakkk, serius gak sih bikin parno gini *huhuhu*

Hectic karena hoax rasanya sudah bukan sesuatu yang baru terutama bagi ibu hamil, apalagi kalau yang menyampaikan informasi tersebut adalah orang terdekat seperti orang tua maupun mertua. Syukurnya ini kehamilan kedua, saya gak langsung iya aja sama mitos dan ucapan orang lain, cari tahu dulu lah infonya, siapa tau hoax. Selain karena sudah berpengalaman dikehamilan pertama dulu, alasan lainnya ya tentu karena banyak dukungan dari sekitar seperti suami dan teman teman. Apalagi saya punya teman yang bisa ngasih informasi yang akurat seputar kehamilan. Siapa dia?

Temanku Teman Bumil



Punya temen yang bisa diajak gibah mah udah mainstream, nah kalo teman yang bisa ngasih informasi positif dan akurat seputar kehamilan, ini baru antimainstream. Tapi teman yang saya maksud ini bukanlah orang, melainkan sebuah aplikasi berwarna ungu dengan tampilan yang lucu.

Aplikasi Teman Bumil ini baru saja diluncurkan di Grand Hyatt Ballroom pada Rabu, 29 November 2017 yang lalu. Selain membahas aplikasi, tentu ada juga narasumber yang sharing banyak informasi positif seperti dr. Ardiansjah Dara Syahruddin selaku dokter kandungannya emak emak jaman now, psikolog Ajeng Raviando, Psi. serta artis cantik yang kehamilan nya memasuki bulan ke 8 yakni Sandra Dewi.


Kehadiran psikolog Ajeng Raviando memberikan warna sendiri pada acara malam itu, karena biasanya para ibu cuma rempong sama masalah kesehatan fisik dan mengabaikan kesehatan pikiran. Padahal nih, banyak loh ibu hamil yang akhirnya bermasalah sama kehamilan karena stress dan banyak pikiran. Karena rentan stress, ibu hamil harus selalu disupport dan didampingi oleh keluarga terdekat seperti suami dan orang tua.


Tapi pada kenyataannya, berdasarkan survey yang dilakukan Teman Bumil, hanya 47% yang mendapat dukungan dari keluarga dekat, 1,6% responden bahkan mengaku gak pernah mendapat dukungan selama hamil. Duh, sedihnya.

Ini juga yang melatarbelakangi guesehat.com yang merupakan portal online yang concent terhadap kesehatan masyarakat Indonesia untuk membuat aplikasi Teman Bumil. Tentu teman berbentuk aplikasi ini diharapkan bisa membantu para ibu hamil agar tiap fase kehamilan nya berjalan dengan lancar. 

Kayak Apa sih Teman Bumil



Buat yang penasaran sama teman bumil, bisa di download di playstore dan appstore secara gratis loh. Ada apa sih di aplikasi ini? 

Pertama kali membuka aplikasi setelah download, kita akan diminta melakukan sign up atau login. Untuk login, cukup menggunakan Gmail atau sosial media kita. Setelah itu, kita akan diminta memasukkan prediksi kelahiran bayi atau HPL. Nah HPL ini nanti menjadi data utama untuk menentukan perkembangan janin dan perubahan pada ibu hamil. Salah satu fitur utama dari teman bumil ini muncul dilayar smartphone kita begitu membuka aplikasi. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi seperti usia kehamilan, ukuran janin, artikel pendukung di fase kehamilan tersebut. Oh iya, kita juga akan diberi perkiraan ukuran janin dengan visual buah atau makanan supaya kita ada gambaran nyata "oh ternyata hamil sekian minggu bentuknya ini lho"

Artikel dan tips



Ini dia yang sering saya sebutkan, ibu hamil bisa menangkal hoax dan mendapatkan informasi yang akurat dengan artikel dan tips yang disediakan oleh aplikasi teman bumil. Kita gak perlu susah susah memfilter informasi karena Teman Bumil menyediakan semua akurat.

Moms juga bisa lho membuat agenda melalui aplikasi Ini, seperti waktu kontrol ke dokter, waktu makan dan lainnya. Teman Bumil akan mengingatkan para moms yang memasang agenda di aplikasi tersebut. Eh ada satu lagi yang namanya checklist, fitur ini terdiri dari beberapa to do list yang mungkin moms lakukan.

Album foto


Jaman sekarang, masuk jaman millenial dimana foto selfie dan yang lainnya mudah sekali dilakukan. Apalagi pas lagi hamil, foto dari perut datar sampe buncit kayak manggul semangka pun jadi bejibun. Tapi kalau disimpan di handphone, lama lama ketumpuk sama foto lain dan kalau apes malah ilang ke hapus. Huhu

Gak mau dong mengalami hal kayak gini, makanya aplikasi Teman Bumil menyediakan album yang bisa digunakan ibu untuk menyimpan foto foto kehamilan nya. Foto akan disimpan selamanya.

Janin 360


Selain ukuran janin, di aplikasi Teman Bumil juga ada Janin 360 yang memberikan informasi lengkap tentang titik perkembangan janin seperti organ vital dan bagian tubuh lainnya. Jadi saat gambar janin 360 di klik, akan keluar tuh apa saja yang berkembang pada janin di kehamilan kita saat ini



So, udah saatnya kita punya teman yang mengerti banget dan support kondisi kita. Yuk ah download untuk mendukung kelancaran kehamilan kita

5 komentar:

  1. Coba ya dulu pas istri halmil ada aplikasi gini, bakal lebih nyaman dan mudah. Apalagi pas kehamilan pertama, orang butuh banget dukungan informasi. Sangat bermanfaat nih!

    BalasHapus
  2. Ah seru banget pasti ya kalo lagi hamil terus ditemenin sama aplikasi iniiiiii. Sehat sehat terus ya bumiiillll

    BalasHapus
  3. Bumil makin cantik aja yaaaaaa <3 Happy banget pasti ya bumil jaman sekarang udah apa aplikasi kece macam ini. Jaman aku dulu belum ada beginian. Wehehehheee. Hamil lagi aja apa nih? Wahahahahaa

    BalasHapus
  4. Wahh Wind pas buat kamu yang sedang hamil besar ya. Bisa mantau perkembangan adenya Abhi tiap hari.

    BalasHapus
  5. Mbak Windah, gimana kabarnya? Sehat-sehat aja kan? Semoga Mbak Windah dan baby sehat selalu yaa :)

    Aku walaupun belum hamil pakai aplikasinya juga. Soalnya konten informasinya bermanfaat juga buat yang mau hamil :)

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.