Jumat, 08 Desember 2017

Tips Liburan Aman dan Nyaman Saat Tahun Baru


Abhirama baru saja selesai UAS kemarin, jadi minggu ini sampe pergantian tahun nanti akan menjadi libur panjang buat Abhi. Pengennya ngajak jalan jalan ke luar kota, tapi melihat cuaca saat ini yang kurang menentu jadinya ragu. Ada yang senasib sama saya ?

Sebetulnya sih yang kayak begini gak perlu terlalu dikhawatirkan, karena di dunia ini ada banyak banget destinasi wisata yang menarik di malam pergantian tahun dan di beberapa daerah cuacanya lebih stabil. Misalnya saja Time Square New York, Pantai Copacabana-Brazil, Marina Bay Singapore dan masih banyak lagi destinasi lainnya. Gak bisa keluar negeri ? tenang, di Indonesia juga banyak kok destinasi yang menarik di liburan akhir tahun ini. Sebut saja, Pulau komodo di kepulauan NTB, Raja Ampat di Papua, Bunaken di Manado,dan masih banyak yang lain. Atau mau yang deket juga bisa ke Bandung atau Malang ? jadi banyak pilihan yang bisa disesuaikan sama kondisi keuangan serta jatah cuti bagi yang pekerja kantoran.

Tips Liburan Aman dan Nyaman


Mengingat liburan sudah tinggal menghitung hari, jangan cuma mempersiapkan masalah destinasi liburannya saja, tapi juga harus tahu nih, apa saja yang perlu disiapkan agar liburan jadi aman dan nyaman. Menurut Bapak Bernardus P. Wanandi selaku Vice President Director MSIG Indonesia yang hadir sebagai pembicara dalam kegiatan sharing bersama Mobil123.com pada rabu, 6 Desember 2017 yang lalu, ada banyak hal yang harus disiapkan agar liburan berjalan nyaman dan aman, diantaranya

Memilih hotel yang nyaman


Bagi para traveler, hotel ibarat rumah kedua, dimana kita akan melepas penat dan lelah setelah seharian mengeksplorasi destinasi wisata. Memilih hotel yang tepat akan membuat mood selama liburan menjadi baik sehingga kita harus mempertimbangkan 4 hal ini saat memutuskan akan memilih hotel, yakni

  • 1.       Lokasi

Pilihlah hotel yang lokasinya berada di pusat keramaian untuk meminimalisir pengeluaran untuk transportasi, tapi jika tidak memungkinkan, maka pilihlah hotel yang aksesnya mudah dijangkau oleh kendaraan umum, dekat dengan lokasi wisata yang akan kita tuju serta dekat dengan fasilitas umum peserti rumah sakit.

  • 2.       Harga

Ada harga ada rupa, begitu kata orang kita. Tapi jangan salah, saat ini banyak kok hotel yang bekerjasama dengan penyedia jasa booking hotel yang menawarkan diskon yang membuat harga hotel bintang lima bisa dibayarkan seharga hotel kaki lima, yang penting kita mau rajin saja mencari diskon diskon tersebut. Tapi yang paling penting, pastikan budget untuk hotel gak bikin kantong bolong ya.

  • 3.       Fasilitas

Yang umum dinikmati dari sebuah hotel adalah sebuah kamar dengan kasur yang disesuaikan dengan harga, diluar itu ada beberapa compliment yang kadang disertakan pada saat kita membeli kamar seperti sarapan, penggunaan kolam renang, gym atau ruang rapat. Jika memang tidak membutuhkannya, kita bisa mencari kamar yang tidak memasukkan fasilitas tersebut kedalam harga. Selain jadi lebih murah, kita juga bisa menghemat waktu dari kegiatan yang sebenarnya bisa kita lakukan saat sudah dirumah.

  • 4.       Rekomendasi

Bagi para traveler, mencari opsi lain adalah sebuah keharusan. Kita bisa bergabung dengan grup traveler untuk mencari tahu apakah hotel yang kita pilih punya pelayanan yang bagus atau tidak. Bisa juga dengan mencari review dari para traveler lain yang sudah menginap di hotel tersebut.

Menyiapkan Transportasi yang Aman


Selain hotel, yang harus disiapkan juga adalah kendaraan umum yang akan digunakan. Buat yang bepergian antar kota dalam provinsi biasanya bisa naik bus, kereta atau pesawat. Pun begitu dengan yang bepergian lebih jauh lagi. Bagi yang naik kendaraan pribadi, pastikan kendaraannya dalam kondisi prima dan layak menempuh jarak yang di tuju ya, sementara untuk yang naik kendaraan umum, pastikan tiketnya sudah dipesan jauh jauh hari. Jaman sekarang tiket pesawat, bus dan kereta api sudah bisa dipesan dari jauh hari, jadi untuk mengantisipasi kehabisan tiket, mendingan booking 3 bulan sebelum berangkat.

Ketika tiket sudah ditangan, jangan lupa juga untuk mempersiapkan biaya transportasi lainnya seperti taksi menuju hotel dari bandara, dan angkutan umum yang akan digunakan selama bepergian dari satu destinasi wisata ke destinasi lainnya. Siapkan uang cash yang cukup untuk mengantisipasi ATM yang kita punya jauh atau tidak tersedia di tujuan wisata.

Jangan gunakan pehiasan dan pakaian yang berlebihan saat berlibur karena turis biasanya menjadi sasaran empuk dari pelaku kejahatan terutama buat yang liburannya di daerah yang sama sekali kita gak tau kayak gimana suasananya.

Bawalah barang seadanya, jangan mentang mentang mau liburan seminggu, kita sampe bawa koper gede kayak mau pindahan. Ingat gaes, kita bukan Syahrini yang foto liburannya harus nenteng tas Lv dan bajunya ganti tiap 3 jam sekali. Dan kalau bisa, pisahkan dompet, uang dan tiket di tas yang lebih kecil yang mudah di gunakan di badan.

Tips Khusus untuk Solo Traveling


Liburan gak melulu bareng sama keluarga, ada saatnya kamu butuh me time dengan liburan sendirian ke destinasi impianmu. Tentu selain ada banyak keuntungan yang didapat, liburan sendirian juga kadang jadi momok. Tapi gak usah cemas, Bapak Bernardus punya tips yang bisa di lakukan dirumah nih

  • 1.       Buat itinerary

Namanya liburan, waktu yang kita miliki gak sebanyak kalo lagi main ke rumah tetangga. Gak jarang dari kita berambisi mengelilingi satu kota wisata dalam satu hari. Bukan gak mungkin hal ini terjadi, maka itu kita harus menyiapkan itinerary. Apa sih itinerary ? itu loh, rencana perjalanan yang akan kita lakukan selama di lokasi wisata, mau kemana, jam berapa, dan lainnya. Salinlah itinerary yang kita buat dan berikan pada orang rumah atau orang terdekat kita, sambil nanti kalo sudah sampai lokasi kita juga bisa ngabarin ada dimana. Fungsinya tentu untuk melindungi kita jika ada hal buruk yang menimpa kita.

  • 2.       Jangan beri tahu orang asing kalau kita solo traveling

Bukannya gak percayaan, tapi kalau ketemu orang asing, dan ngobrol gitu, gak perlu kasih tau kita sedang solo traveling. Mengingat kejahatan semakin merajalela, dan bisa jadi kita menjadi salah satu korbannya

  • 3.       Hindari Caper

Kalo lagi pedekate sama calon pacar, boleh lah kita caper. Tapi kalo lagi di tempat umum jangan deh. Caper bisa berupa pakaian yang mencolok, atau kegiatan kita yang mengundang perhatian. Kenapa ? tentu kita gak mau orang lain berbuat jahat karena melihat kita sebagai calon korbannya.

  • 4.       Bekali diri dengan asuransi.


Menurut saya, ini yang paling penting. Solo atau grup traveling, ke dalam atau keluar negeri, proteksi diri dengan asuransi sangatlah penting. Kita gak tahu di lokasi wisata aka nada kejadian apa, siapa tau abis makan di pinggir jalan tiba tiba kita kena diare, masuk rumah sakit trus liburannya berantakan ? atau saat jalan di pinggir jalan diserempet motor hingga harus dirawat, atau malah kita jadi cacat atau meninggal. Who knows ?

Bapak Bernardus 

Bahkan baru baru ini salah satu teman traveler kita asal Indonesia meninggal di Nepal karena di tabrak mobil dan masuk ke jurang. Jasadnya sulit dikembalikan ke Indonesia karena saat berangkat dia gak ada asuransi yang cover, keluarganya kesulitan biaya untuk mengirim jasadnya. Sedih, tapi mau bilang apa, hal yang seperti itu juga bisa menimpa kita.

Membeli asuransi dijaman sekarang sudah gak beda dengan membeli baju secara online, atau membeli makanan dengan bantuan ojek online. Mudah, semudah melupakan mantan saat kita sudah mendapat yang lebih baik gaes. *eaa. Makin mudah dengan adanya asuransi Online dari MSIG yang menyediakan dua jenis asuransi untuk para traveler yakni Overseas travel insurance dan Domestic Travel Insurance. Untuk saat ini, yang available adalah yang Overseas Travel Insurance, tapi gak lama lagi, di tanggal 12 Desember akan diluncurkan Domestic Travel Inxuramce nya.


Untuk yang mau beli Overseas Travel Insurance, caranya mudah banget. Yakni cukup mengunjungi www.msigonline.co.id , isi form berupa data diri yang mereka sediakan dan pilih cara bayarnya. Kita gak perlu ke kantor MSIGnya buat bayar, cukup membayar melalui Transfer, ATM, Virtual Account, kartu kredit dan mandiri bill. Setelah itu, epolis akan dikirim ke email yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Setelah itu tinggal nikmati liburan dengan tenang deh karena liburan kamu sudah dijagain sama asuransi dari MSIG Indonesia.

1 komentar:

  1. Liburan asyik, nyaman dan aman jika saat jalan2 beli asuransinya juga ya :)

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.