Rabu, 28 Maret 2018

Bahagiakan keluarga dengan Chicken Nugget So Good Saus Tuna

Jadi ibu, ada 3 hal yang harus dikuasai yakni isi perut, isi otak dan tampak luar dari anggota keluarganya. Maksudnya?

Isi perut berarti perkara makan dan minum, ibu harus bisa masak. Tapi gak sekedar masak, tapi masakannya harus lezat dan bergizi. Kalo bergizi tapi gak lezat, anak anak gak mungkin mau makan. Sebaliknya, kalau lezat tapi gak bergizi, tukang makanan juga bisa! *dilempar cobek*

Isi otak

Buibu jaman now pasti pinter pinter dong ya, tapi gak boleh sekedar memintarkan diri sendiri, tapi juga anggota keluarganya.

"anak anak disekolah juga pinter sist" kata siapa? Lha wong anak sekolah, pulang dikasih setumpuk pr, ya masih nanya emaknya juga.

"kalo gitu di les kan saja"
Sama aja buebu, itu anak temen saya di les kan di kuman atau apa itu, tiap hari juga bawa pulang pr. Lah emak emaknya juga yang harus dampingi anak mengerjakan pr tersebut.

Sudahlah, memang kodrat kita untuk menjadi garda depan bagi anak anak. Mereka bisa cerdas asal kita dengan tekun membimbing mereka. Iya kan?

Tampak luar itu maksudnya ya penampilan nya, ya tingkah laku nya. Penting untuk kita mengajarkan mereka tidak hanya menjadi cerdas, tetapi juga berkelakuan baik. Jangan sampai mereka cerdas, tapi kelakuannya macam awkar siapa itu yang suka joget di atas kuda?

Mana sih yang paling susah untuk dijalani? Saya rasa semua ya buibu. Tapi kalau menurut saya pribadi, isi perut keluarga adalah hal yang tersulit. Sulit banget karena saya gak bisa masak *hiks. Padahal ibu saya dulu punya catering, tapi karena saya malas masak, saya lebih suka bantuin packing. Hasilnya ya begini deh. Hehehe.

Sekarang anak anak udah mulai gede, mulai kritis terhadap rasa makanan. Jadi saya mulai pusing kalo harus masak buat mereka. Mau nya sih, masak yang praktis tapi bernilai gizi tinggi, mampu melengkapi gizi harian anak anak. Apa aja sih gizi yang dibutuhkan manusia?

1. Karbohidrat


Makanan pokok kita, tinggi akan karbohidrat loh. Sayangnya dalam sebuah piring gizi seimbang, karbohidrat hanya diperlukan 1/4nya saja, karena karbohidrat ini bisa diolah menjadi gula dan berbahaya jika disimpan dalam tubuh.

2. Protein dan Lemak

Jenis protein ada dua, hewani dan juga nabati. Biasanya, protein ini yang diolah menjadi berbagai  jenis lauk seperti ikan di cabein, ayam di goreng, tempe di kecapin dan lain sebagainya. Dalam sebuah menu piring gizi seimbang, protein juga mendapatkan porsi 1/4 piring.

Bingung gak sih tiap hari harus mengolah protein menjadi makanan yang siap makan, enak dan bergizi? Apalagi kayak saya yang anaknya dua dan salah satunya masih bayi. Harus berhadapan sama kerewelan mereka tiap pagi sehingga harus masak sesuatu yang praktis tapi gizi nya bagus dan enak. Untuk itu saya memilih masak So Good untuk anak anak dirumah. Terutama varian chicken nugget, yang dagingnya lembut dan empuk serta gurih. Sebagai pelengkap, saya menyiapkan saus tuna untuk mereka.


Resep Chicken Nugget So Good saus tuna nya saya cantumkan disini ya, siapa tau ibu ibu mau bikin di rumah

Bahan
Chicken Nugget So Good all varian, goreng hingga kecoklatan. Sisihkan

Saus

2 sdm Olive oil
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
100gr tuna yang sudah di kukus, hancurkan
Saos tomat 1sdm
Air 50ml
Gula dan garam secukupnya 

Cara masak

1. Panaskan wajah dengan olive oil, masukkan bawang putih dan bombay. Tumis hingga wangi. 
2. Masukkan saus tomat dan air
3. Saat sudah mendidih, masukkan tuna dan aduk dengan merata. Angkat
4. Tuangkan saus tuna diatas chicken nugget yang telah di goreng atau bisa juga untuk cocolan


3. Vitamin dan Mineral

Ini sih sudah hafal diluar kepala ya buibu. Kita selalu diingatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral melalui buah dan sayur dengan porsi paling banyak di piring makan yakni 2/4 nya.

Jadi, sudah siap masak apa nih dirumah? 

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.