Jumat, 30 Maret 2018

Tips Merawat Bayi Prematur


Akhirnyaaaa, bisa nulis lagi setelah sekian lama terkungkung dalam ritme RS- Rumah Mertua - RS - Rumah sendiri. Udah pada tahu lah ya kalo bayi saya yang terlahir prematur harus bolak balik dibawa kerumah sakit karena kondisinya harus terus di pantau. Alhamdulillah sekarang beratnya sudah 3.2kg. Naik sekilo lebih dalam sebulan.

Tentu hal ini karena didukung oleh pengetahuan saya tentang merawat bayi prematur seperti yang di infokan oleh dokter dan suster. Terus apa aja sih perawatan bayi premature dirumah? Berikut saya rangkum informasinya. 

Sambut bayi prematur dengan rumah yang bersih


Bersyukurlah pada Tuhan ketika bayi premature bisa pulang dengan cepat kerumah. Tapi jangan lupa, bersihkan rumah dari debu dan barang barang yang tak berguna. Biasanya, masalah bayi prematur terletak pada pernafasannya. Jangan biarkan rumah berdebu saat ada si dia, karena masalah ISPA rawan mengintai nya

Hangatkan tubuhnya 


Bayi prematur biasanya memiliki tubuh yang lebih kecil dari kebanyakan bayi normal. Mereka juga masih memiliki masalah dalam menjaga suhu tubuhnya. Itulah mengapa kita harus sigap menjaga agar tubuhnya tetap dan selalu hangat. Yang bisa kita lakukan agar tubuhnya hangat adalah

1. Di bedong

Selain menjaga agar tetap hangat, membedong juga bisa menjaga nya dari reflek kejut. Tapi, jangan terlalu kencang dalam membedong bayi prematur karena pernafasannya belum sebaik bayi normal. Dan ikuti kemauan bayi ketika dirinya sudah terlihat tidak nyaman dalam bedongan.

2. Ganti popoknya sesering mungkin.

Biasanya, kita mulai mengganti popok bayi saat sudah 3/4 jam sekali. Namun untuk bayi prematur, kita harus lebih sering mengganti popoknya karena popok yang lembab membuat bayi prematur kedinginan.

3. Peluk sesering mungkin

Jangan kaget kalo bayi prematur akan sangat manja. Dia akan menangis saat anda letakkan di kasur atau keranjang nya saat tidur. Mereka merasa dipeluk lebih hangat ketimbang berada di kasur. Pelukan anda dan pasangan juga mampu menciptakan bonding yang memperpanjang harapan hidupnya. Bahkan di luar negeri sudah di terapkan metode kanguru dimana bayi prematur lebih sering di peluk dengan posisi kanguru dan skin to skin agar lekas membaik. 

Selalu sedia Termometer


Bayi prematur sangat sulit di tebak suhunya, mungkin hari ini akan bersuhu normal, namun di malam hari bisa demam tinggi bahkan step. Hal ini terjadi karena antibodinya belum sempurna. Bisa jadi ada benda asing yang masuk ke tubuhnya dan langsung dianggap musuh sehingga tubuh memberikan sinyal melalui demam.

Beri ASI


Pemberian ASI pada bayi prematur membantu mereka memperbaiki sistem imun nya. Selain itu, ASI juga yang paling steril ketimbang susu formula. Hanya berikan ASI hingga 6 bulan, dilanjutkan MPASI dan lanjut ASI hingga 2 tahun.

Kalau asi nya gak deras gimana? Tenang, jangan sedih. ASI itu sistimnya supply by demand. Dimana ada permintaan, ASI akan mengalir begitu saja. Bagaimana pun ibu juga harus selalu bahagia dan banyak makan sayur dan buah sehingga ASInya lancar dan deras. Hindari stress dan kelelahan, mintalah bantuan keluarga terdekat saat lelah. Bahagiakan diri ibu dengan menonton film favorit di Dvd, belanja lewat online shop, atau makan makanan kesukaan.

Buat ayah, support lah istri kalian agar selalu bahagia. Mengurus bayi prematur tidaklah mudah dan butuh kesabaran. Para ayah perlu memahami bahwa stress pada ibu baru atau yang disebut Post Partum Depression (PPD) sangatlah berbahaya bagi ibu dan bayi. Beri hadiah hadiah yang ibu sukai seperti coklat, baju atau bahkan gadget terbaru seperti Samsung s9. Tenang, harga Samsung S9 gak semahal biaya yang harus dikeluarkan jika ibu mengalami stress loh.

Itulah rangkuman saya, kalau ada yang sepengalaman, boleh loh menambahkan apa saja yang dibutuhkan untuk merawat bayi prematur. Peluk dan cium buat bayi prematur dimana pun berada

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.