Senin, 23 April 2018

Memburu Informasi Tentang Wuling Motors di IIMS 2018


Jauh sebelum Ranendra lahir, saya sudah mewanti wanti mas bojo untuk segera mencari kendaraan roda 4 yang nyaman bagi kami. Bukan buat gaya gayaan atau gengsi, tetapi letak rumah kami yang jauh dari kota membuat saya harus mengambil keputusan ini. Jangan sampe nanti punya dua anak trus kalo mau belanja bulanan atau ke dokter, kami harus naik motor. Sudah melanggar aturan, beresiko tinggi pula. Oh tidak.

Karena masih awam soal mobil, saya belum punya kriteria khusus, pokoknya mobil aja dulu deh. Tapi keputusan ini justru membuat saya menyesal, ada aja problematika yang muncul terutama soal kenyamanan saat didalam mobil. Huft.


Tidak mau terulang lagi kejadian yang sama, saya jadi rajin belajar soal mobil. Apa saja yang harus dipertimbangkan untuk membeli mobil, sampai merk yang harus saya beli. Untungnya jaman now sudah banyak sekali referensi yang bisa didapatkan, lewat internet maupun pameran langsung. Dan kebetulan pada tanggal 19 April hingga 29 April tahun ini ada Indonesia International Motor Show yang merupakan pameran Mobil tahunan di Jiexpo Kemayoran.

Gak perlu waktu lama, saya langsung cuss kesana. Gak cuma buat nyari referensi soal mobil aja, tapi sekaligus main sama para blogger lain atas undangan Wuling Motors dalam kegiatan Blogger Gathering Bersama Wuling Motor di IIMS 2018.



Begitu sampai di Hall A booth A-4 Wuling Motors, kami disambut dengan pertunjukan papa papa ganteng dari The Dance Company yang sengaja dihadirkan untuk menghibur pengunjung IIMS khususnya pada booth Wuling Motors. Riuhnya pengunjung yang tertarik menyaksikan grup band ini bercampur dengan para pencari informasi soal mobil Wuling Motors yang seperti saya. Jadi sambil dengerin musik, saya keliling mengecek satu persatu mobil yang di pajang.


Mungkin bagi pecinta otomotif, nama Wuling sudah tidak asing terdengar. Namun bagi saya yang ibu rumah tangga beranak dua, Wuling Motors adalah sesuatu yang belum akrab di telinga. Nyatanya, Wuling Motors yang hadir di Indonesia sejak 2015 ini punya debut yang bagus dalam kancah otomotif. Meski sering dipandang sebelah mata karena berasal dari China, namun Wuling Motors mampu bersaing dengan perusahaan ternama dari negara lainnya. Bisa dibilang, Wuling Motors adalah spesialis Multipurpose Vehicle (MPV) , dimana produk yang di pasarkan di Indonesia adalah MPV. Hal ini bukan tanpa sebab lho, karena menurut ibu Dian Asmahani selaku Brand Manager Wuling, sebelum nya telah dilakukan riset pada masyarakat Indonesia dan diketahui bahwa mereka rata rata lebih suka tipe MPV dimana mampu menampung banyak keluarga.

Tentu karena dianggap spesialis MPV, Wuling Motors tidak mau menghadirkan mobil yang itu itu saja. Mereka kemudian mencetuskan inovasi baru berkaitan dengan kenyamanan berkendara di dalam mobil. Sebut saja Confero S, MPV yang memiliki jargon "Leganya Confero S" ini memiliki ukuran 4530x1691x1730 mm. Dengan kapasitas 7 orang, MPV ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan bagi penumpang.

Untuk harga, Confero S bisa didapat hanya dengan Rp. 131.800.000. Buat merek lain sih harga segini cuma dapat City car loh. Serius!
Selain Confero S, satu lagi kelas MPV yang baru saja diluncurkan Wuling Motors yakni Cortez. Perusahaan yang telah menggelontorkan dana sebesar 7000 usd sebagai investasi di Indonesia ini menghadirkan Cortez sebagai MPV kelas atas dengan segala fitur yang di tingkatkan.

Sekilas melihat, exterior dari Cortez ini memberi kesan tangguh namun bergaya melalui lekukan pada bagian depan body nya. Sementara untuk interior nya, lebih mewah dan canggih dengan beberapa aksesori di areal dashboard dan pintu. Dengan dimensi yang lebih besar dibanding Confero S, mobil MPV yang hadir dengan 2 jenis ( 1.8 dan 1.5) ini juga  dibenamkan beberapa fitur keselamatan, mulai dari yang standar seperti immobiliser, SRS airbag di dua kursi depan dan side airbag, hingga fitur yang kebanyakan hanya di temukan di mobil kelas atas yang harganya jauh lebih mahal daripada Cortez. Wow.

Fitur keselamatan ini menarik untuk kita bahas, mengingat saya juga masih awam dengan adanya fitur keselamatan yang ternyata juga diperlukan pada sebuah mobil. Apa saja itu? Ini dia

1. Electric Parking Brake (EPB)



Pada umumnya, rem tangan diletakkan di belakang tuas gigi. Namun kadang kita lelah kalau harus sering sering menaik-turun kan tuas nya, terutama saat transit dibanyak tempat. Maka bagi pengemudi Cortez, disediakan EPB atau rem tangan yang elektrik. Cukup dengan menarik tombol keatas, rem tangan sudah berfungsi.

2. Automatic Vehicle Holding (AVH)



Jalanan Indonesia rata rata memiliki tanjakan dan turunan yang cukup mendebarkan ya. Sebagai pengemudi baru, saya suka ngeri kalo lewat tanjakan apalagi kalau tiba tiba jalanan macet. Duh, ngeri gak bisa ngerem. Kabar baiknya, Cortez dilengkapi dengan sistem bernama AVH yang berfungsi untuk menahan mobil berubah posisi saat berada di tanjakan maupun turunan.

Oh iya, ada fitur hill and hold juga loh, fungsinya untuk menjaga agar posisi kita tetap pada posisinya saat mobil stop and go di tanjakan. 


3. 3 Fitur Pengereman Canggih



Selain AVH tadi, Cortez juga didukung dengan antilock breaking sistem, electronic brake-force distributor dan juga brake assist. Ketiga nya saling melengkapi untuk mendukung sistem pengereman yang lebih aman.

4. Traction Control System


Sudah sering kita mendengar kecelakaan mobil karena ban slip di musim hujan ya? Dan tentu kita gak mau hal itu terjadi pada kita mengingat musim hujan rasanya sudah tidak menentu lagi. Kapanpun bisa juga, kapanpun jalanan bisa licin. Yang kita khawatirkan sebetulnya bisa diminimalisir dengan adanya Traction Control System, dimana fitur ini bisa mencegah roda slip di jalanan yang licin dan basah saat mobil berakselarasi.

Masih soal ban, di Cortez juga ada fitur notifikasi pada cluster speedometer yang akan menginformasikan tekanan angin pada ban. Spido akan berkedip saat tekanan ban tidak sesuai. Cucok buat kita yang belum mahir menilai apakah tekanan ban kita kurang atau cukup.

5. ISOFIX


Buat saya yang punya balita, nilai plus banget untuk mempertimbangkan membeli produk Wuling Motors karena adanya fitur ISOFIX. fitur ini memiliki fungsi keamanan bagi keluarga yang memiliki anak yang membutuhkan kursi tambahan atau carseat. Saya paham betul jika tanpa ISOFIX, carseat anak anak masih bisa goyang meski sudah diikat dengan kencang. Padahal kan tujuan kita menghindari benturan secara langsung pada anak.

Pada Cortez juga dilengkapi kamera parkir juga sensor parkir. Pas banget nih buat saya yang masih deg degan kalo parkir. Huft.

Setelah mengikuti kegiatan Blogger Gathering ini, saya jadi banyak tahu kalau ternyata produk Tiongkok ini mampu bersaing dengan produk Jepang. Apalagi saat ini, sudah ada 50 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi makin gampang untuk cari informasi.

28 komentar:

  1. Saya baru tahu juga Mba, ada saingan produk Jepang ternyata. Memang kalau informasi itu enaknya disebar biar banyak yang tahu dan banyak juga yang mendapatkan manfaat. Termasuk acara Wuling motor ini.

    BalasHapus
  2. Wuih Wuling punya MPV.. makin banyak deh pilihan Multi Purpose Vehicle ya kak. apalagi fiturnya lengkap, terutama yg antilock breaking sistem, electronic brake-force distributor, dan brake assist yg saling melengkapi

    BalasHapus
  3. Itu fotonya sambil ngegendong si debay Mbak? Diem-diem aku tuh salut lho Mbak ma dirimu. Tetep gesit aja sambil bawa si kecil ke mana-mana. Hehe, aku nggak mau komen tentang Wuling ah. Bikin baper. Soalnya puengen dari dulu... Bodi luarnya cakep. Teknologinya lengkap lagi. Eh, ini mah namanya tetep komen yak?! Hahaha... Doain one day bisa punya Confero ya...

    BalasHapus
  4. Dalam memilih mobil lumayan sulit juga yah, kayak milih hape. Selain cocok atau sreg sama warnanya, lihat dulu fitur-fiturnya apa aja. Biar nggak nyesel kemudian..

    BalasHapus
  5. Kepengen punya mobil Wuling Cortez,,, kepicut sama yangbwarna gold dan merah :) kapan ya bisa ke beli....

    BalasHapus
  6. Kemarin jatuh cinta sm wuling karena interior designnya luas bnget dah gitu fitur yg d mobil bikin aman buat nyetir

    BalasHapus
  7. Kepengen beli bunsay,, apalagi mobil Wuling Cortez nya... Keren dan nyaman banget buat jadi mobil keluarga.

    BalasHapus
  8. space mobil wulling mang besat , pas buat keluarga di Indonesia

    BalasHapus
  9. Wuah..perfoma MPV nya tangguh ya..tampilan luarnya aja udah maskulin banget

    BalasHapus
  10. Kalau salah pilih mobil bisa bahaya. Hal aman dan keselamatan itu penting banget. Apalagi parkir maklum jakarta sempit lahan parkir, menggunakan parkir melingkar jadi rem kudu pakem

    BalasHapus
  11. Wah, Confero cakep juga ya. Oke deh, wishlist nambah deh. Kalo gak Cortez, ya Confero. Yang marun kecoklatan itu. Cakeeeep. Aku banget. Hahahaha

    BalasHapus
  12. Wah seriusan 130jt an doank bun? Jadi kepengen secara belum punya mobil.

    BalasHapus
  13. Mobilnya enak jg. Pernah naik grab yg pake mobil ini.

    BalasHapus
  14. Wuaaa pas banget di rumah si papa lagi sering ngomongin wulling. Memang desainnya beda ya mba winda. Apalagi harganya.... suka sama produk terbarunya..

    BalasHapus
  15. Jadi, mau ganti ke Wuling wind?

    BalasHapus
  16. Aku suka fitur hill and hold nya mbak... Aman lah ya kalo dibawa mudik ke Cipanas yang medannya lumayan bikin deg deg syer itu...

    BalasHapus
  17. Keren ya mobilnya. Jadi mupeng banget, kisaran berapa duit ini ya.

    BalasHapus
  18. Wuiiih banyak fitur kece ya di Mobil merk wuling ini,mau dunk pricelist nya win. Hahahaah

    BalasHapus
  19. Wuling ini gencar ya promonya, dan berhasil. Tapi emang juga mobilnya bagus yaa makanya sukses penjualannya.

    BalasHapus
  20. Jadi gimana? Tertarik ganti mobil gak nih? Wuling ini fitur oke, harga miring, kesukaan keluarga banget yaaa

    BalasHapus
  21. Saya pun sempat melihat sendiri fitur2 dari Wuling Motors, keren banget deh pokoknya. Bikin saya bingung mau pilih warna apa, secara warnanya semua pada bagus-bagus. Selain itu harganya pun ekonomis

    BalasHapus
  22. Ini salah satu wishlist aku kaka. Suka banget sama performa mobil yg satu ini. Ah doakan terkabul ya kaka

    BalasHapus
  23. Wah rem tangan tinggal ditarik tombolnya? Saya kira dipencet. Makanya memudahkan. Banyak yg info nih berarti kualitas oke harga terjangkau.

    BalasHapus
  24. yang merah cucok tuh mbak windah, beli beli beli dah *komporr ha ha

    BalasHapus
  25. Wuling cortez ini memang bikin mupeng, sayang ga sempat ke IIMS nih. tapi sebelumnya confero sempat liat2 n coba. Mudah2an lain waktu bisa.

    BalasHapus
  26. Fitur keselamatan yang kelima ini, bikin bapak-bapak dan ibu-ibu tak perlu takut lagi dan bisa merasa lebih aman membawa anak-anak mereka ya mbak.

    BalasHapus
  27. Tos mbak, aku juga dodolnya kebangetan kalau soal mobil. Tapi terus pas liat Wuling ini, kok fitur-fitur keselamatannya kece abis ya.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.