Jumat, 11 Mei 2018

Lakukan Baby Spa di Rumah dengan Rangkaian Produk dari Little Bee


Belajar, belajar dan belajar. Kita semua para ibu di tuntut belajar setiap saat agar memahami apa yang terjadi pada anak anak kita. Pada kasus saya misalnya, sudah dua minggu belakangan ini Ranendra tidak pup alias buang air besar. Padahal sebelumnya dia buang air besar secara teratur tiap hari. Saya yang panik akhirnya bertanya ke beberapa forum ibu ibu dan jawabannya sama, "gak papa" padahal insting saya bilang kayaknya ada yang gak beres deh.

Karena keseringan dibilang gak papa, akhirnya saya menggampang kondisi ini yang berujung pada rewelnya Ranendra. Dua hari dia selalu rewel saat di tiduran dan kembali tenang saat digendong tengkurap seperti akan disendawakan. Setelah googling akhirnya saya menemukan pengalaman serupa yang mengatakan kalo bayi saya sepertinya mengalami kolik. Emang sih, selain tidak BAB dan rewel, dia juga suka kentut dengan bau yang sangat busuk, gumoh berlebihan dan jarang sendawa. Di dalam pengalaman rekan Blogger tersebut, saya disarankan untuk melakukan pijat ILU guna membuat bayi kembali nyaman. Duh, bayi di pijat? Ngeri ngeri sedap ngebayanginnya.

Boleh kah Bayi di Pijat?


Jaman saya kecil dulu, ibu saya rajin bawa kami ke paraji ( sebutan untuk dukun pijat bayi) katanya sih biar sehat. Tapi hal tersebut selalu jadi momok buat saya dan adik adik. Karena tiap dipijat, badan rasanya kayak dicubit cubit. Sakit. Makanya pas udah gede, udah menikah dan punya anak. Saya janji sama diri sendiri gak akan bawa anak saya untuk pijat. Takut trauma nya nurun ke anak.

Well said, saat ini yang namanya Baby Spa menjamur banget dimana mana, dari yang kelas ruko pinggir jalan sampe yang high class dengan lisensi International. Semua menawarkan pijat bayi dengan teknik baru yang katanya bikin bayi nyaman. Saya penasaran sih, tapi belum berani nyobain. Malah pengen praktekin sendiri tuh, gimana teknik pijat bayi yang benar dan bermanfaat bagi bayi. Makanya saat Tupperware Indonesia mengajak untuk ikut hadir dalam peluncuran Little Bee yang mengangkat tema "Ciptakan Ikatan Cinta Ibu dan Anak, Mari Hadirkan Sensasi Baby Spa Dirumah" ini saya langsung excited datang.

Dr Ameeta Drupadi CIMI 

Dalam kegiatan ini, hadir pakar dalam Spa Baby yakni dr. Ameeta Drupadi CIMI yang menjelaskan tentang apa itu baby spa dan apa manfaatnya bagi bayi serta bagaimana prosesnya. Sebelumnya, dokter cantik ini menjelaskan bahwa baby spa itu berbeda dengan memijat di tukang pijat karena saat memijat bayi, seharusnya tidak menggunakan tekanan yang berlebihan serta sebaiknya dilakukan oleh ibu untuk menciptakan bounding antar keduanya.


Mengenal Baby Spa





Jika di tilik dari artinya, spa sebetulnya memiliki pengertian melakukan perawatan tubuh dengan media air atau dalam bahasa Yunani disebut Solus Per Aqua. Jadi, dalam kegiatan Baby Spa, ada dua rangkaian kegiatan yakni baby Swim atau Bath dan Baby Massage. Yang paling mudah untuk dilakukan sendiri di rumah adalah Baby Massage.

Baby Massage yang dilakukan dirumah, tidak beda dengan yang dilakukan di tempat Spa bayi pada umumnya, yang membedakan adalah disini kita yang memijat si bayi. Jadi gak sekedar motoin bayi lagi dipijat sama terapis ya buibukkk. Hihihi.


Apa sih manfaat pijat bayi dirumah?


Ranendra mendapatkan manfaat pijat bayi

Nah, ini nih yang harus kita bahas. Ternyata banyak loh manfaat memijat bayi dirumah diantaranya


  • 1. Meningkatkan bounding antara ibu dan bayi, menciptakan kedekatan yang bisa membuat rasa cinta antara kedua nya semakin besar.
  • 2. Merelaksasi otot bayi. Bayi juga bisa pegel buibu, jadi kalau kita pijit pijit, badannya jadi enak. Kayak kita aja deh, kalo badan pegel, kan enak di pijat.
  • 3. Meredakan kolik atau kembung pada bayi. Duh, ini Ranendra banget deh. Yang saya ceritain tadi itu loh, Ranendra kayaknya butuh banget saya pijat nih.
  • 4. Membantu tumbuh kembangnya. Dalam kegiatan Baby massage ini, beberapa gerakan memiliki manfaat yang mempengaruhi tumbuh kembangnya, nanti saya jelaskan di bagian step by step memijat bayi nya ya buibu.


Nah, ternyata banyak lho manfaatnya. Kalo gitu mulai sekarang udah bisa dong kita mulai pijat bayi dirumah? Oh iya, saya share juga nih step by step memijat bayi yang diajarkan oleh dr Ameeta. Cuss.


Step by Step Memijat Bayi



Sudah ready memijat bayi dirumah? Sebelum saya jelaskan langkah langkahnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :


  • 1. Lepaskan perhiasan yang ada di tangan seperti cincin dan gelang atau jam tangan yang beresiko menggores kulit bayi. Pastikan tangan bersih dan steril ya buk, jangan bau terasi. Hihihi
  • 2. Atur suhu ruangan agar nyaman bagi bayi yang akan dipijat. Mengingat nanti akan lepas baju, jadi jangan sampe suhu ya terlalu dingin. Ntar bayinya masuk angin.
  • 3. Kondisi bayi yang akan dipijat harus ceria, tidak rewel atau menangis, tidak sedang sakit, dan tidak mengantuk atau habis menyusui/makan.


Setelah ke 3 syarat diatas terpenuhi, maka mulai lah siapkan diri untuk mulai memijat yuk. Siapkan bayi pada bidang datar yang dibawanya sudah dialasi kain atau perlak. Buka pakaiannya kecuali popok ya.


  • 1. Setiap akan melakukan kegiatan memijat, sapa bayi kita dengan bahagia. Ajak mereka bicara dan mintalah izin untuk memijat. "dek, bunda mau pijat yaa." "Mas, bunda pinjem kaki nya buat dipijat yaaa". Lakukan kontak mata ya moms, dan fokuskan fikiran hanya pada bayi didepan saja. Jadi kalo lagi masak sayur, jangan lupa di matiin dulu kompor nya.
  • 2. Pijat lah alat geraknya terlebih dahulu. Bisa tangan atau kaki. Tujuan pijatan ini adalah supaya ototnya kuat dan bisa berfungsi optimal dalam tumbuh kembangnya. Misalnya pijatan pada kaki, menstimulasi bayi untuk bisa cepat jalan. Tekanan dalam memijat disesuaikan oleh perkiraan ibu, jangan terlalu kuat, jangan juga kayak ngelus ngelus doang, nanti bayinya malah gak nyaman.

Pijat perut dan dada
  • 3. Kemudian dilanjutkan dengan pijat bagian perut. Banyak sekali teknik yang bisa dilakukan, tapi yang paling mudah adalah gerakan ILU yang terdiri dari 3 gerakan. Gerakan pertama adalah menekan perut sebelah kiri bayi (kanan kita) membentuk huruf I. Dari atas ke bawah, hitungannya disesuaikan dengan kondisi orang tua dan bayi. Gerakan kedua adalah menekan perut bayi dari atas sebelah kanan ke kiri membentuk huruf L terbalik. Tujuannya adalah mendorong feses dan gas yang ada di usus untuk keluar ke anus yang berada di perut sebelah kiri. Gerakan ke tiga yakni menekan perut bayi dari bawah kanan ke atas sebelum rusuk, lalu ke kiri hingga turun ke kiri bawah membentuk huruf U terbalik.

Pijat bagian punggung
  • 4. Bayi di telungkupkan, kemudian di pijat dari pinggang hingga ke bahu untuk memperkuat tulang lehernya serta menghindari bentuk tulang punggung yang tidak sempurna.

Pijat area wajah
  • 5. Untuk pemijatan area wajah, biasanya bayi ada yang nyaman dan ada yang enggak nih. Kalo dia mau ya lanjut, kalo udah mulai cranky dipegang wajahnya ya jangan dipaksain. Tapi kalo dia mau, ibu bisa pijat alisnya dengan 2 ibu jari. Arah pijatan ke arah atas dengan tujuan membuat otot wajah si kecil relaxs. Kemudian ibu bisa pijat bagian kumis bayi atau diatas bibir menggunakan jempol. Tarik ke arah kanan/kiri hingga membentuk emoticon sad/smile terbaik. Lakukan hal yang sama untuk bagian bawah bibir, bedanya, kali ini membentuk emoticon senyum. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan gigi serta kemampuan bicara yang baik.



Rangkaian Toiletries yang Mendukung Baby Spa Dirumah.


Rangkaian Toiletries Little Bee By Tupperware 

Saat melakukan pijat bayi, kita memerlukan baby oil yang menjadi media pelembut antara kulit kita dan si bayi. Di pasaran, banyak beredar baby oil berbagai merk yang tentu gak asing bagi kita. Tapi coba deh dilihat lagi, baby oil yang ada biasanya sangat oily, meski sudah di asuh air, kesan berminyaknya masih ada.


Untuk itu saya merekomendasikan untuk menggunakan rangkaian perawatan Little Bee by Tupperware yuk. Toiletries ini memang diciptakan untuk mendukung kegiatan Baby Spa dirumah dengan 3 langkah yakni Pijat Little Bee, Mandi Little Bee dan Segar Little Bee. Apa aja sih produk nya? Check this out yuk!


Pijat Little Bee




Kayak yang saya bilang tadi, rata rata produk baby oil yang ada dipasaran sangat berminyak. Makanya, dengan hadirnya Baby Oil dari Little Bee ini kita gak perlu khawatir mengalami kesulitan membersihkan minyak pada tubuh bayi sehabis pijat karena Baby Oil Little Bee mudah menyerap dan tidak meninggalkan kesan berminyak. Dengan bahan alami Aloe Vera, kulit bayi terjaga kelembabannya serta mempercepat regenerasi kulitnya.


Mandi Little Bee



Biasanya, kegiatan pijat memijat dilakukan saat pagi atau sore hari sebelum mandi. Jadi setelah pijat, bisa langsung dimandikan untuk menghilangkan minyak yang digunakan. Dalam rangkaian Mandi Little Bee ini disediakan 3 produk yang menunjang kegiatan mandi yang menyenangkan yakni baby wash, baby soap dan shampoo. 

Baby Wash yang disediakan oleh Little Bee ini mengandung formula plus minyak zaitun dan lamesoft yang merupakan campuran ekstrak alami minyak kelapa dan minyak biji bunga matahari. Fungsinya adalah membantu membentuk lapisan lemak pelindung alami sehingga kulit tetap lembut dan lembab setelah mandi. Selain dalam bentuk cair, sabun dari Little Bee juga disediakan dalam bentuk bar dengan tujuan memberikan pilihan pada Ibu.


Oh ya, uniknya dari sabun ini ialah, aroma khas bayi atau Powdery Musk yang meruar dari produk ini yang menstimulasi rasa bahagia pada Ibu yang baru melahirkan. Kebayang kan ya wangi bayi yang khas gitu, yang selalu bikin kita pengen nyium lagi dan lagi. Yang paling penting, Baby soap dan wash dari Little Bee ini hypoallergenic dan tidak pedih di mata.


Selain sabun, perlengkapan mandi lainnya adalah shampoo. Baby Shampoo dari Little Bee mengandung formula plus Centiol. Yaitu kondisioner yang menjaga kelembutan alami dan memberi volume pada rambut si kecil. Untuk aroma wewangiannya sama dengan sabunnya yakni powdery musk yang tahan hingga 4 jam setelah pemakaian. Betah deh cium cium si dedek. 


Segar Little Bee



Yang paling terakhir dari rangkaian Baby Spa ini adalah Segar Little Baby yang terdiri dari Baby Oil dan Baby Powder.

Penggunaan baby lotion ini penting loh bu, untuk menjaga kelembaban kulitnya sehingga si kecil nyaman beraktifitas. Apalagi Baby Oil dari Little Bee mengandung OLEATE atau ekstrak minyak kelapa dan juga Vitamin E sehingga kulit si kecil terlindungi dari sinar UV dan selalu lembab selama 24 jam. Jangan lupa juga menaburkan Baby Powder di bagian lipatan kulit bayi untuk mencegah iritasi yang timbul akibat gesekan kulit saat beraktifitas. Formula Allanton nya menjaga kulit, dan butiran bedak nya tidak berhamburan dan mudah menyerap.


Semua rangkaian produk Little Bee ini bisa didapatkan di store atau gerai Tupperware Indonesia terdekat ya bu. Bisa juga dengan memesan melalui Member Tupperware yang ada di seluruh penjuru tanah air ini.


Tentang Tupperware dan Inovasi nya



Mungkin banyak yang mengejutkan kening ketika saya membahas Little Bee yang mana ada lanjutannya By Tupperware. By Tupperware? Jadi sekarang Tuppy (panggilan kesayangan buibu tupperware lover) menjual produk bayi juga?

Demo membuat MPASI menggunakan turbo chopper

Sebetulnya, inovasi produk bayi ini bukan lah sesuatu yang baru mengingat sudah sejak beberapa waktu lalu di lini yang lain tupperware meluncurkan produk untuk anak anak seperti Tiwi (Kidz and Todz)  maupun Cutie Twee yang merupakan dot dengan 3 Teat Flow Ajustment. Produk pendukung MPASI yang lain yang disediakan oleh Tupperware adalah Turbo Chopper.

Bisa dibilang, Turbo Chopper ini versi mudahnya blender yang gak pakai listrik, ukuran lebih kecil, simple dan praktis. Sangat cocok untuk kita ibu muda yang sibuk dan mobile banget atau yang demen jalan jalan. Karena Turbo chopper mudah menghaluskan makanan cuma dengan menarik tuas saja.

Segala bentuk inovasi yang dikeluarkan Tupperware, menurut Ibu Nurlaila Hidayaty, Marketing Director Tupperware Indonesia adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga Indonesia yang juga pelanggan setia dari Tupperware. Semua produk dari Tupperware dibuat dengan kualitas tinggi sehingga gak heran deh kalo punya banyak penggemar setia.

11 komentar:

  1. Banyak juga yah manfaat positif dari baby spa. Tambah pengetahuan banget buat saya mbak, buat dipraktekin pas berkeluarga dan punya anak nanti. Thanx sharingnya Mbak

    BalasHapus
  2. Anakku sampai umur dua tahunan masih terkadang aku pijat ILU, Mbak. Soalnya dia gampang sembelit. Kalau pijat yang di kening itu serinh saya lakuin kalau dia flu.

    BalasHapus
  3. penasaran sama wanginya, jadi pengen nyium

    BalasHapus
  4. Suka gemes liat produk-produk baby gini. Apalagi buat kebutuhan pijit2 gini hiiii makin gemes hahaha efek nggak punya baby

    BalasHapus
  5. baby spa ternyata bisa dilakukan sendiri oleh buibu yaa di rumah.. thanks informasinya ya mbaa bermanfaat sekali nanti sembari belajar dulu deh aku sebelum punya baby hihi

    BalasHapus
  6. Asyik banget ya baby spa drmh dgn little bee ini. Wanginya khas dan anak juga suka... Jadi bisa baby spa di rumah deh

    BalasHapus
  7. Jadi ingat Fahmi waktu usia beberapa bulan. Masih gak berani "bolak balikin" hehehe...
    Akhirnya semua urusan ditanggung neneknya...

    BalasHapus
  8. Anak2ku selalu nangis kalau dibawa ke paraji atau baby spa. Baby spa pun cuma sekali zaman Maxy, berikutnya udahlah pijat sendiri aja haha. Wah skrng ada perlengkapan baby spa di rumah dr Little Bee ya, jdnya makin bisa merasakan sensasi spa di rumah aja.

    BalasHapus
  9. Gemes deh liat dedeknya. Anteng banget dipijet pakai little bee. Sehat terus ya dedek gemes

    BalasHapus
  10. Keren, Tupperware yang Kita kenal sebagai produsen dari produk rumah tangga ngeluarin produk baby care juga. Produknya juga unik. Bikin bayi gak perlu spa di luar rumah. Selain lebih hemat, juga pasti bikin bonding ibu dan bayi Makin kuat.

    BalasHapus
  11. Nah iya biasanya kalo baby oil itu agak susah bersihinnya, masih aja lengket atau licin,takutnya bikin si kecil jadi gak nyaman yaaa. Pakai little bee kayaknya enak nih di kulit.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.