Minggu, 10 Juni 2018

Keluarga Surya, Bahas Wakaf Hingga Asuransi


Siang itu, saya yang sedang duduk manja di rumah iseng gak punya kegiatan yang akan dilakukan karena krucil pada tidur siang. Karena lagi punya banyak kuota internet, mendaratlah di youtube. Awalnya nonton video stand up comedy, apapun yang nongol dalam kolom selanjutnya yang direkomendasikan YouTube langsung di klik aja. Lama berselang, tau tau saya udah nonton video yang judulnya Keluarga Surya.

Lucu dan Cerdasnya Keluarga Surya


Setelah menonton dua episode Keluarga Surya, saya malah keranjingan pengen terus nonton video yang ternyata web series yang di prakarsai oleh SunLife Indonesia untuk mengangkat literasi keuangan dan asuransi yang dimiliki oleh masyarakat kita. Sebab menurut survey yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan bahwa angka masyarakat yang melek keuangan dan asuransi gak sampe 20%. Duh sedihnya.


Balik lagi tentang Keluarga Surya nih, jadi sebetulnya saya kan suka nonton video yang lucu lucu, macam stand up komedy atau prank lucu gitu. Jadi pas nonton Keluarga Surya di detik pertama pun saya udah langsung jatuh cinta. Why ? Sebab banyolannya itu khas ala saya dan suami banget. Misalnya, lagi bahas soal wakaf tiba tiba ibu Mentari nyeletuk " Bapak Mau nyumbangin diri jadi beduk masjid ?" Eh dijawab "Podium" banyolan yang so sweet ala rumah tangga baru gitu lah. Apalagi pas di part " Senyum itu sedekah" trus dijawab " mohon maaf, saya kotak amal, cuma menerima uang tunai" hihihi. Beneran gak kepikiran becanda begitu.


Selain lucu, Pak Surya ini cerdas. Dalam beberapa detik beliau menjelaskan soal wakaf, sedekah, infak, bahkan asuransi dengan bahasa yang enak dimengerti bahkan oleh orang awam seperti saya. Pesan yang disampaikan pun bisa saya terima dengan baik, padahal saya jarang sekali mudeng sama video yang sifatnya edukasi gitu. Mungkin karena web series Keluarga Surya ini pengemasannya beda kali yaa.

Banyolan segar ala pasutri

Wakaf Gaya Baru


Disini saya juga pengen sharing nih, soal info yang saya tangkap dalam video berdurasi sekian menit tersebut. Salah satunya soal wakaf gaya baru. Eh sebelumnya pada tahu kan wakaf itu apa ?


Wakaf berdasarkan keterangan wikipedia adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang melakukan wakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah. Atau secara sederhana kita menyebutnya memberi sesuatu untuk kepentingan masyarakat. Yang kita berikan umumnya berupa peralatan shalat, tanah dan bangunan, beasiswa, dan yang lainnya. Semua ini pahala nya tidak akan putus selama masih dimanfaatkan oleh orang lain. Misalnya kita mewakafkan Al Qur'an maka setiap ayat yang dibaca, maka kita mendapatkan pahala nya juga. Subhanallah, bisa jadi kaya raya di akhirat nanti kalau kita rajin wakaf.

Buat sebagian orang, mewakafkan harta memang cukup berat mengingat tuntutan hidup kadang menggiring kita menyampingkan ibadah. Jangankan wakaf, menyisihkan uang untuk infak dimasjid saja rasanya berat. Ya to ? Ngaku aja deh biar aku ada temennya. Hehehe. Makanya kemudian saya mendengar tentang wakaf gaya baru. Apaan sih ?

Keluarga perlu ditinggali warisan saat kita tiada

Wakaf gaya baru ini adalah inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan asuransi yang telah 23 tahun berdiri di Indonesia yakni SunLife Finansial Indonesia yang mana mereka menggabungkan antara wakaf dan asuransi dalam polisnya. Jadi kita tidak hanya menabung warisan untuk anak cucu kita melalui asuransi, namun juga kita akan mendapat manfaat wakaf yang insyaallah akan menyelamatkan kita di akhirat nanti. Aamiin Allahumma aamiin.

SunLife ajak Wakaf dan Asuransi


Dulu, saya sempat skeptis terhadap asuransi. Karena cerita yang beredar banyak menyudutkan asuransi. Ya, saya paham. Ini terjadi karena saya tidak punya literasi asuransi dan keuangan yang baik. Sementara orang lain sudah sampai menyimpan warisan melalui asuransi, saya dan jutaan masyarakat Indonesia lainnya masih gak paham apa itu asuransi. Sedih yaa, tapi itulah kenyataannya. OJK telah mengatakan hanya 15.76% masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi yang baik.

Makanya SunLife Finansial Indonesia melalui kampanye #LebihBaik Sekarang meluncurkan sebuah web series bergenre sitkom untuk menghibur sekaligus mengedukasi masyarakat tentang keuangan, asuransi dan hal yang berkaitan dengan itu. Video nya sudah masuk episode ke 2 yang mana isinya membahas soal Wakaf itu tadi.

Selain dua episode tadi, nantinya akan ada total 8 episode yang akan membahas tentang keuangan, aauransi, gaya hidup sehat dan lainnya. So, jangan sampe ketinggalan ya. Kalo gak percaya, nonton aja sendiri. Minimal kamu udah liat wajah gantengnya mas Edo Borne, cantiknya Nadila Karina, dan lucunya dua anak mereka. Kalo ketagihan nonton terus sih bukan salah saya yaa. Hihihi.

27 komentar:

  1. Itu serius mbak jumlah masyarakat Indonesia yang melek keuangan baru 20%? Wah, miris ya. Belum nyampe setengahnya lho.

    Tapi kuyakin dengan adanya edukasi lewat webseries Keluarga Surya, pasti pemahaman masyarakat akan keuangan dan asuransi akan meningkat. Soalnya edukasinya asik banget bikin masyarakat yang awam jadi mudah mengerti tentang keuangan dan asuransi apalagi di era digital kayak gini.

    BalasHapus
  2. Aku tau asuransi itu penting malah semkak nonton drama Korea jadi setiao adegan kematian anak yg ditinggalkan hiduo Dr asuransi orgtuanya yg menibggal itu. Memang saya akui masyarakat Kita Memang kurang paham dari manfaat asuransi ini, Apalagi ini bisa di literasikan manfaat positive asuransi. Bahkan sunlife skrg Ada asuransi syariahnya, dan ini Baru pertama Kali loh. Hmmm Aku jadi tertarik buat bergabung.. Semoga sosialisai ini memberikan dampak yg baik ya buat keluarga indonesia. Film pendek keluarga surya pun menurut saya Cara yg menarik untuk memberi edukasi.

    BalasHapus
  3. saya langsung search yutub keluarga surya hahah, penasaran . Eh bener loh keluarga harus ditinggalkan warisan, kalau blog yang DA / PA tinggi termasuk harta untuk diwariskan ga ya? wkwkwk

    BalasHapus
  4. Ini nih, baru tontonan yang bermanfaat. :D

    BalasHapus
  5. Menarik ya mba.. edukasi wakaf dan asuransi dalam cerita pendek dalam video yg bisa dinikmati kapan saja.. bagi saya yg dominan visual, cara seperti ini lebih mudah dimengerti hehe

    BalasHapus
  6. Duh, membahas asuransi buat warisan gini kok jadi merinding nih. Belum kepikiran sampai sana emang aq nya. Belum melek asuransi jg kecuali yg dr pemerintah itu, bpjs Wkwkw.. .

    BalasHapus
  7. Iya mba aku juga kurang setuju dgn sistem asuransi tapi kayaknya sun life syariah ini dijamin aman dan luar biasa feedback nya. Akunharus cari tau lebih ttg sunlife utk memprogramkan masa depan

    BalasHapus
  8. Keren nih programnya. Mengedukasi masyarakat ttg finansial melalui tontonan. Kayaknya bakal lebih diterima ketimbang iklan atau promosi yang hardselling. Semoga jadi banyak yang melek finansial dan asuransi dengan dengan ini.

    BalasHapus
  9. Banyak postingan tentang keluarga surya ini. Jadi penasaran pengen nonton juga ��. Berarti tujuan sitkomnya bagus ya selain menghibur juga mengedukasi masyarakat kita.

    BalasHapus
  10. Wahh keluarga surya ya? Aku suka nih sama web series ini, menghibur sekaligus ada edukasi literasi keuangan juga.

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah nonton nih keluarga Surya, jadi kepo dan pengen nonton juga apalagi ternyata menghibur dan serat ilmu ya Mba nonton ini. Tontonan berfaedah hehehe

    BalasHapus
  12. Dulu ada yang namanya keluarga cemara, sekarang ada lagi keluarga surya. Sama-sama bagus dan menginspirasi. Apalagi si keluarga surya ini merupakan pilihan buat orang-orang yang gak nyaman dengan asuransi konvensial ya, syukurlah si Sunlife ini mengeluarkan produk asuransi syariah apalagi ada program wakafnya ya, bagus sekali!

    BalasHapus
  13. Sara menyenangkan untuk belajar ausransi dan produk keuangan lainnya ya. Biar emak-emak gak pusing memang mesti kratif gini dalam memberikan informasi. jadi penasaran juga

    BalasHapus
  14. Aku udah nonton Keluarga Surya ini. Penasaran sama video2 yang lain ,kira2 bahas apa yaa...
    Iya ternyata sekarang ada cara mudah dalam berwakaf ya, yakni mengambil dari manfaat asuransi. Tapi yg pasti pilih asuransi yang terpercaya ya mbak :D

    BalasHapus
  15. Hehe lucu memang ya... Mengedukasi tapi lucu jadi nggak menggurui kesannya.. top lah keluarga Surya :)

    BalasHapus
  16. iya wakaf itu yang kadang suka bingung sama bedain sama zakat... dari sini dikit-dikit mulai paham aku.. bagus ceritanya

    BalasHapus
  17. Sitkom yang menggelitik, padahal bagus nih kalau tayang di televisi, banyak ilmu dan informasi yang bisa kita dapat mengenai keuangan tanpa kita merasa digurui.

    BalasHapus
  18. Film yang mengedukasi ya film Keluarga Surya, agar kita lebih memperhatikan nasib keluarga di masa mendatang dengan mulai meng-asuransikan diri dan keluarga

    BalasHapus
  19. Unik dan inovatif format mengenalkan pentingnya wakaf plus asuransi.memang baiknya punya kemasan pas edukasi masyarakat yg dapat dinikmati sebagai tontonan juga tuntunan. Kepoin keluarga surya ah :)

    BalasHapus
  20. Filmnya mengedukasi ya mbak agar keluarga muda masa kini bisa lebih memikirkan masa depan. Asuransi memang diperlukan untuk jaga2 agar keluarga lebih terjamin masa depannya

    BalasHapus
  21. Kalau saja internet lancar saya ingin nonton juga itu Keluarga Surya. Penasaran seperti apa. Ini jangan kan buka youtube, buka blog saja munyernya bikin jengkel

    BalasHapus
  22. Ternyata ada cara barububtuk berwakaf dengan cara yang lebih gampang dan serunya lagi ada webseries yang bisa ngebuat kita paham lebih nyakan tentang produk wakafnya. Sungguh ide yang kreatif

    BalasHapus
  23. Ikut Sunlife terlindungi dunia akhirat. Dunia proteksi keluarga dan masa depan keluarga. Akhirat ada rumah abadi yang telah di siapkan sejak kita tinggal di dunia

    BalasHapus
  24. Creativ ya, mengedukasi tentang keuangan melalui sebuah film sehingga mudah sekali dari dicerna dan tidak membosankan untuk dipelajari sukses untuk keluarga Surya

    BalasHapus
  25. Beberapa waktu lalu aku ikut customer gathering nya Sunlife di hotel raffless jakarta membahas tentang wakaf ini. Bagus dan seru video nya. Edukatif & informatif. Betul sekali. Hanya sedekah dan amalan kita yang menemami kita di liang lahat. Manusia cerdas mengingat kematian.

    BalasHapus
  26. Benar- benar sesuai aturan syariat islam ya mba? Ada wakaf nya itu loh yang membuat saya takjub dan penasaran...semoga semangkin berkah ya Sunlife

    BalasHapus
  27. Benar- benar sesuai aturan syariat islam ya mba? Ada wakaf nya itu loh yang membuat saya takjub dan penasaran...semoga semangkin berkah ya Sunlife

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.