Sabtu, 02 Juni 2018

Mengatasi Ruam Popok Dengan Cavilon


Seperti yang sering saya ceritakan, ranendra merupakan anak prematur. 9 hari dia tinggal di Nicu, terisolasi dari pasien lainnya, sendiri dan segala geraknya terbatas. Selain sedih, saya juga pusing karena ranendra mengalami masalah pada bokongnya. Merah seperti kepiting rebus,dan selalu menangis saat diganti popoknya. Setelah berkonsultasi ke Dsa, diketahui bahwa ranendra terkena ruam popok.

Apa itu ruam popok ?



Ruam popok atau bahasa gahul nya diaper rash adalah kondisi dimana kulit yang tertutup popok mengalami peradangan dan iritasi. Area bokong, sekitar kelamin dan perut atas adalah yang umumnya ditemukan ruam popok ini. Jadi apa penyebabnya ? Biasanya karena popok yang berisi urine atau feses bersentuhan dengan kulit terus menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga kulit menjadi lembab dan mudah disinggahi bakteri.


  • Bakteri ini akhirnya menyebabkan kulit menjadi luka dan jika tidak ditangani dengan baik akan menjadi ruam popok yang bermasalah.
  • Gesekan pada kulit sensitif oleh bahan kimia seperti detergen, sabun, dll juga mampu menyebabkan ruam popok
  • Penyebab lainnya, seperti terapi antibiotik, terkena bakteri dan kuman serta perubahan makanan (MPASI).

Cara mengatasi Ruam popok


Tenang, setiap penyakit pasti memiliki solusi penyembuhannya. Meski kadang ibu baru suka hectic ya kalo anaknya kenapa kenapa. Duh, ini kenapa ya, kok gini, kok gitu. Dan ruam popok ini juga yang termasuk sering dihadapi ibu baru, jadi gak kaget kalo mereka begitu. Hehe.
Lalu apa solusi dari masalah ini ?

Dr. Rini

1. Ganti popok sesering mungkin setelah penuh. Menurut dr, Rini, seorang dokter di sebuah NICU di MRCC Siloam bahwa rajin mengganti popok bukan jaminan bahwa bayi akan terhidar dari ruam popok sebab yang menyebabkan ruam adalah paparan urine dan feses yang berulang. Maka solusinya adalah ganti popok setiap popok penuh atau anak buang air besar sehingga urine dan fesesnya tidak menciptakan lingkungan baik bagi pertumbuhan bakteri

2. Hentikan pemggunaan popok jika di temukan iritasi. biarkan kulit bayi bebas dulu atau bahasa kerennya di angin anginkan. Tujuan nya tentu mengusir kelembaban yang menjadi ekosistem bagi bakteri.

3. Obati jika terjadi alergi. Dr. Rini bercerita, dia pernah punya pasien yang mengalami ruam popok parah, namun berkat tindakan yang tepat, ruam popok bisa diatasi dengan baik. Sepengalaman dokter Rini, beliau menuemprotkan Cavilon pada area kulit bayi sesudah mengoleskan cream ruam popok.

Apa itu Cavilon ?



Buat ibu Indonesia, mungkin nama Cavilon terdengar asing di telinga. Ya, produk yang lahir di tahun 2008 ini memang baru masuk di Indonesia. Siapa nyana, produk yang masuk dalam kategori alat kesehatan ini adalah produksi dari 3M, sebuah brand yang sudah ratusan tahun di dunia dan setidaknya memiliki 200 ribu hak paten produk.

Cavilon merupakan salah satu kategori kesehatan yang sedang dikembangkan oleh 3M yang tidak hanya berfungsi untuk melapisi kulit yang ruam tapi juga mampu melindungi kulit yang luka.


Cavilon terdiri dalam dua bentuk yakni spray dan juga sashet yang mana fungsinya adalah melindungi kulit selama 72 jam dari debu dan kotoran serta tahan air. Barrier film yang dimiliki oleh cavilon membuat luka jadi terlindungi terutama jika luka tersebut aedang diobati. Jadi cavilon ini semacam pelindung transparan yang tahan air.

Dalam sebotol cavilon ukuran 145ml, kita bisa menyemprotkan nya aebanyak 140 kali. Bahan dari filmnya adalah terpolymer yang tersusun atas 3 monolimer dan mengandung silicon homolymer yang meningkatkan fleksibilitas dari film Cavilon ini. Harganya cukup terjangkau, hanya 180rb saja, bisa melindungi kulit kita yang dalam masa perawatan. Bisa di beli di online market seperti tokopedia, lazada, shopee, dan akan segera tersedia di apotik Kimia Farma.


Nah buat para ibu yang mengalami masalah ruam popok, cuss beli Cavilon untuk menjaga agar kulit tetap kering selama masa penyembuhan. Barrier film nya akan melindungi dari feses dan urine sehingga ruam tidak akan kembali lagi. Dan bisa digunakan untuk semua usia lho, untuk luka juga bisa.

64 komentar:

  1. Wah saya baru tahu soal cavilon ini Mba. Kayaknya ini jadi barang penting yang harus dimiliki oleh ibu-ibu abis melahirkan. Karena pasti ada aja kejadian pernah ada kasus ruam pada anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ruam popok selalu terjadi pada ibu manapun

      Hapus
  2. Kalo untuk bayi dipantatnya pada merah bisa yah? ponakanku lecet :( kasian liatnya tar coba ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbao, biar lecetnya gak makin parah. Sambil diolesin obat buat merahnya itu

      Hapus
  3. Anak aku dulu pernah kena ruam popok parah juga. Sampe nangis2 dia. Kasian hiks. Dulu aku sampe anti diapers krn suam pospak ga ad yg cocok. Sty ad solusinua ya pake cavilion. Boleh nih dicoba kalo punya baby lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, hayu punya baby lagi. Hihihi

      Hapus
  4. Produk baru lagi nih dari Cavilon buat ruam popok. Memang masalah kulit ini bikin resah anak dan ibu. Kalau salah penanganannya bisa tambah gawat deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, salah salah malah jadi bahaya

      Hapus
  5. Anak saya sekarang udah 4 tahun udah gak diapersan lagi. Dulu jamannya pake diapers pernah juga sampe merah, dulu belum kenal Cavilon, heuheuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, sayang dulu belum kenal. Padahal on ngebantu banget

      Hapus
  6. Mbak Cavilon ini bisa untuk orang dewasa atau memang khusus ruam popok aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk dewasa juga mbak. Fungsinya untuk melindungi luka

      Hapus
  7. Aku beneran baru tahu euy merk Cavilon ini.... seru yah bentuk nya botol spray so mudah menggunakan nya. Ruam popok pada bayi memang menjadi komok.banget banget newborn. Wajib punya lotion2 anti ruam spt ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini fungsinya pebih ke melindungi luka ruamnya sih. Jadi sebelum disemprot bisa dikasih obat buat ruam dulu

      Hapus
  8. Kesehatan kulit nggak hanya buat orang dewasa aja, anak-anak juga. Sedih banget memang kalau dede bayi kena ruam karena popok yang nggak cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ruam popok buat anak anak dan lansia memang menyebalkan

      Hapus
  9. Bagus ya mba ini buat ruam popok, eh tp harganya lumayan juga hihihi. Sesuai ya mba sama harganya pasti sama khasiatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ada harga ada rupa, wort it buat mengatasi pusingnya kita

      Hapus
  10. Alhamdulillah Ran Dan Abhi beruntung banget Punya mommy kayak mommy Windha. Cos up-to-date untuk urusan mengurus bayi/anak. Salah satunya aware urusan Ruam dikulit. Krn Ruam itu bikin bayi ga nyaman, tidur jg ga nyenyak. Dan tentu saja kalau dibiarkan bisa mengganggu tumbuh kembang mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi. Jadi tersanjung. Iya mbak fika. Insyaallah nanti kalau jadi ibu juga akan bermanfaat ilmu kita mbak

      Hapus
  11. Ya ampun kasihan kalau bayi sudah kena ruam popok pasti akan nangis terus , untung ya sekarang ada cavilon .aman deh membantu para bunda bnget

    BalasHapus
  12. Jadi kalau pake Cavilon ini kulit yg ruam ngga kegesek2 lagi ya Win? kalau ruamnya pake obat pemakaian cavilon dilakukan setelah apa sebelum pake obat luka nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesudah mbak, jadi diolesin dulu lukanya pakai obat. Trus disemprot cavilon biar gak terpapar feses dan urine lagi luka nya

      Hapus
  13. Cavilon ini teknologi yang berguna banget buat membantu kesembuhan luka. Ternyata sudah ada beberapa org yang makai buat melindungi luka akibat diabetes. Cukup terjangkau jg harganya ya, soalnya bisa utk berkali2 semprot2 TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak. Gampang pakainya, besar manfaatnya

      Hapus
  14. Wajib punya ya kalau punya baby,, alhamdulillah dulu Azzam ha pernah mengalami ruam popok di selangkangannya.
    Harganya lumayan mahal ya Mba Windah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa buat dewasa juga kalau luka. Setelah diolesin obat bisa semprot cavilon

      Hapus
  15. multi guna banget yaa si cavilon ini, gak cuma untuk ruam aja tapi bisa juga untuk luka :)

    BalasHapus
  16. Wah itu si kecil diajak kemana-mana ya mba, salut sama mba windah ia the best.

    Kalau soal Ruam Popok pernah sih, anak kedua ku alamih itu sumpah kasian rewel ga bisa tidur. Akibatnya ga nyaman gitu waktu itu sih pakai gel baby pereda ruam. Sekarang udh ada cavilon ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku bawa kemana mana soalnya gentong asinya di aku. Hihihi.

      Kalo gel tetap pakai mbak, cavilon untuk cegah luka terpapar aja

      Hapus
  17. Serem juga ya ruam popok. Jadi nambah ilmu parenting buat aku nanti ini mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga nanti bermanfaat buat mbak tika ya

      Hapus
  18. Baru tau produk ini manfaatnya bisa melindungi kulit dari parahnya ruam popok, mantap ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lumayan cepet kering luka nya kalo pake ini

      Hapus
  19. Serem ya ngeliat penampakan ruam popok. Pasti sakit banget tuh. Apalagi bayi yg ngerasain. Untung ada Cavilon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sakit sanpe nangis rewel terus. Untung cepat diatasi

      Hapus
  20. Waaahh anak aku pernah kena ruam popok kak dan kasian banget nangis nangis. Tapi aku jadi kepengen beli cavilon ini buat jaga jaga, karena masih pake popok setiap harinya.

    BalasHapus
  21. Ini bisa buat ruam karna pakai jelana jins nggak mba, karna anakku kalo abis pakai jins kya bfuntusan gitu

    BalasHapus
  22. Kalau bentuknya spray gitu jadi gampang digunain.kasihan kalau liat bayi yg ngalamin ruam pasti sering merasa gatal dan perih di kulitnya. Untungnya sudah ada solusi

    BalasHapus
  23. Baru kemarin aku akbirnya pakai Cavilon ini. Diluar perkiraan aih kejadiaannya. Abis mandi pas mau dipakein popok kik pada merah. Yaudah langsung aku kasih Cavilon spray. Alhamdulillah langsung ilaang. Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa sebelumnya di kasih salep atau cream mbak, biar gak balik lagi ruamnya

      Hapus
  24. Keren neh informasinya buat aku nanti punya anak. Ternyata menyeramkan ya ruam popok itu.

    BalasHapus
  25. Wah ada Cavilon sekarang ya buat ruam popok anak, apalagi dengan kemasannya yang praktis jadi bisa dibawa kemana pun. Sekarang tinggal semprot deh, kebetulan keponakanku dirumah lagi ruam popok juga. Ini bisa dibeli di modern market atau di apotek saja mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang masih online mbak, bulan depan baru ada di apotek

      Hapus
  26. Cavilon baru dengar sih produknya, bagus kayanya buat dipakai untuk sebagai obat luka. Tapi pedih nggak ya pakainya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat pelindung luka lebih tepatnya mbak

      Hapus
  27. Aku senang banget alhamdulillah Rayyan udah sembuh ruam popok nya. Berkah bantuan cavilon ini, jadi kalau pipis atau pup ruam nya gak infeksi lagi karena tersentuh urine dan feses

    BalasHapus
  28. Kecil2 banyak manfaatnya ya mba, kemasannya juga praktis cocok dibawa traveling kemana2.

    BalasHapus
  29. nambah lagi deh isi tas prabu, untungnya cavilon kemasannya praktis jadi bisa masuk ke kantong juga

    BalasHapus
  30. Sedih dan kasihan kalau anak sudah kena ruam popok, apalagi ruamnya belum kering, perih banget, untung ya sekarang ada Cavilon praktis banget cara pakainya,dan ngebantu banget buat anak terhindar dari ruam popok

    BalasHapus
  31. Lucuu banget bentuknya spray! Aku belum pernah nyobain yanh sejenis ini hehe. Praktis yaaa sepertinya.

    BalasHapus
  32. Cavilon ini cuma 28 ml tapi bisa buat 140x pemakaian ya? Luar biasa hehe :D
    Aku udah sedia juga di rumah buat bantu melindungi kulit supaya penyembuhan luka jd lebih cepet

    BalasHapus
  33. wah aku baru denger merk Cavilon ini, trnyata bagus untuk ruam popok yaaaa

    BalasHapus
  34. Bisa ku coba untuk babu ku yang kadang suka ruam popok. Thanks info nya ya

    BalasHapus
  35. Kemaren Karla sempet masalah ruam2 terus, sayang baru tau skrg nih ada produk sekece Cavilon. Kmren sembuhnya pake salep dokter

    BalasHapus
  36. Kemasannya imut tapi mantap

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.