Selasa, 05 Juni 2018

Menstimulasi Anak Agar Menjadi Hebat dengan Tanggap yang Lengkap


"Bunda, tadi dimas gak bawa bekal, jadi aku kasih dia buah yang aku punya" 

Siang tadi tiba tiba Abhirama berceloteh dengan riang soal bekalnya yang dibagi dengan dimas, sahabatnya disekolah. Sometimes, saya merasa berhasil menjadi orang tua karena melihat Abhirama tumbuh menjadi pribadi yang humble dan periang. Buat saya, mendidik Abhirama menjadi pribadi yang seperti saat ini bukanlah hal yang mudah, karena semenjak kami pindah rumah 3 tahun yang lalu, Abhi seperti kehilangan semangat bermain, jadi galak dan defensive. Gak ada yang mau main sama dia, dia pun gak mau main sama siapa siapa, sampai saya takut dan hampir membawanya ke klinik tumbuh kembang anak.

Abhirama rajin menjaga adiknya

Sampai saya sadar, sepertinya dia kehilangan teman temannya dari rumah kami yang lama. Jadi saya mengajaknya ngobrol, memberi tahu nya tentang betapa baik nya teman temannya saat ini dan dia juga masih bisa kok ketemu teman temannya yang lama. Selain ngobrol, saya juga membacakan banyak buku untuknya yang menceritakan tentang persahabatan, kasih sayang dan interaksi sosial. Hanya dalam waktu 3 bulan, dia sudah punya dua teman baik yang salah satunya menjadi temannya di sekolah juga.

Sebetulnya, bukan cuma Abhirama yang punya perilaku seperti itu, beberapa temannya pun ada yang anti sosial juga, sayangnya orang tuanya cuek dan menganggapnya biasa saja, namanya juga anak anak. Padahal kalo dibiarkan, perilaku ini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, menjadi karakter dan menyulitkan kehidupan si anak di masa depan.

Kalau moms punya anak kayak abhirama, coba deh di tanya kenapa kok dia galak sama temennya, atau kenapa kok pelit, dan lainnya. Mereka punya alasan kok, dan biasanya ini berkaitan dengan keseharian mereka. Beberapa tips dari saya menghadapi anak anak yang bersikap anti sosial dan mengajarinya cara mengendalikan emosi serta cara mengontrol emosi adalah mengajaknya ngobrol serta main bareng. Kita bisa ajak beberapa anak tetangga untuk main bareng di rumah, kemudian setelah mulai berjalan, balik keadaan dengan suruh anak kita main di rumah tetangga. Lama kelamaan dia akan terbiasa bermain dengan teman sebaya nya tanpa kita minta. 

Membaca buku, buku adalah jendela dunia. Perkenalkan mereka pada buku dongeng yang menceritakan tentang persahabatan dan kasih sayang. Kalau belum bisa baca, kita bisa bacaan untuk mereka. Cerita ini bisa memotivasi mereka untuk memiliki kehidupan sosial yang baik

Buat jadwal kunjungan, ajak anak moms ketemu sama satu persatu temannya dengan terjadwal. Misalnya hari ini ketemu dan main sama si A, besok sama si B, lalu sama si C. Disini kita bisa lihat teman seperti apa yang membuat anak kita nyaman.

Beri contoh, yang paling penting adalah menjadikan diri kita sebagai contoh bagi mereka. Kalau mau anak kita pandai bersosialisasi, contohkan bagaimana seharusnya kita. Pun begitu kalo mau anak kita tidak pelit, ya jangan bikin mereka berpikir "ah bunda aja pelit, kenapa aku gak boleh" hihihi
Abhirama yang sekarang sudah kembali ceria seperti dulu, malah dia gampang sekali bergaul sama teman sebaya nya meski baru satu jam kenal. Abhi juga gak pelit berbagi apa yang ia punya, padahal biasanya kalo gak kena omel gak akan mau dia pinjemin orang lain mainan nya. Hihihi.


Selain berkat stimulasi yang tepat, melengkapi gizi yang dibutuhkan juga mempengaruhi perkembangan anak menjadi anak yang hebat dengan tanggap yang lengkap. Gizi ini, selain didapat dari makanan, juga dari susu yang di konsumsi lho. Kalo Abhirama, saya berikan dia Bebelac baru dengan kandungan omega 6 serta minyak ikan yang di tingkatkan, FOS : GOS 1 : 9, serta 13 vitamin dan 9 mineral. Omega 3 dan 6 penting sebagai nutrisi otak anak.

Alhamdulillah, Abhi jadi anak hebat yang memiliki Tanggap yang Lengkap berkat stimulasi dan gizi yang baik. Semoga nantinya sang adik juga memiliki kehebatan yang sama. 

45 komentar:

  1. Betul banget itu, gizi seimbang tentunya bisa membantu tumbuh kembang anak. Wah, susu bebelac ini untuk sampai usia berapa mbak? Siapa tahu bisa buat ponakan daku.

    BalasHapus
  2. Susu penting untuk anak tapi kandungan gizi pada susu itu yang terpenting ya kak biar anak cerdas dan tanggap

    BalasHapus
  3. Susu bebelac ini sangat cocok dengan pencernaan anak ku Fayza. Selain stimulasi dan nutri gizi seimbang. Anak anak juga perlu edukasi. Karena Ibu adalah madrasah pertama untuk anak anak nya. Thanks for sharing mbak. I love your stories.

    BalasHapus
  4. Aku setuju banget mbak perlu membacakan dongeng untuk anak karena membantu menstimulasikan otak sang anak. Sehat2 selalu ya mbak untuk anak2nya yang lucu dan pintar.. Aamiin

    BalasHapus
  5. Iya loh bun, stimulasi itu penting banget dilakuin sejak dini. Anakku suka aku stimulasi dgn musik dan sekarang dia hobi banget nyanyi pake microfon hehe

    BalasHapus
  6. orang tua harus selalu peka terhadapa anak ya, sehingga jika terjadi sesuatu dapat segera diatasi..

    BalasHapus
  7. Kalau Audrey mainnya sama yg itu-itu saja win, makanya aku coba deh tips dari kamu utk menjadwalkan dia main dgn teman yg berbeda

    BalasHapus
  8. masya Allah... pinternya kamu mas... semoga tumbuh jadi anak yang soleh dan bermanfaat bagi banyak orang ya sayangg...

    BalasHapus
  9. Anakku bgt itu mba suka galak dan iseng ke temennya, aku tanya kenapa eh dia jawabnya ngalor ngidul huhuhu bener kata mba winda, aku jg takutnya berpengaruh ke masa depannya :(

    BalasHapus
  10. Iya, anak2 emang mencontoh perilaku ortunya. Jd selain memberi nutrisi, menstimulasi, kita juga mesti kasi2 contoh gtu yaaa :D

    BalasHapus
  11. penting bgt ya memperhatikan kandungan gizindari susu yang kita pilih untuk si anak.

    BalasHapus
  12. Iya bener. Ortu tuh contoh nyata buat prilaku anak sehari-hari. Jadi kalau mau anak yg sosialnya baik ya dicontohkan dr ibu bapaknya ^_^.

    BalasHapus
  13. Diberi pengertian maka anak akan mengerti, kenapa ia pindah. Pengertian inilah komunikasi dari hati ke hati

    BalasHapus
  14. Iya Mbak, anak saya juga suka banget dibacakan dongeng. Dan ternyata sedikit banyak apa yang pernah kita sampaikan lewat dongeng nyampai ke anak. Mendongeng, buat saya adalah salah satu bentuk stimulasi yang pas...membuat si kecil belajar nilai-nilai kehidupan dengan cara yang menyenangkan.

    BalasHapus
  15. Dalam isu tumbuh kembang, memang perlu banget sih namanya stimulasi sejak dini. Itu sih yang aku pelajari saat bertugas di Departemen Anak waktu kegiatan rotasi klinik. Salut banget buat mbaknya bisa mengajarkan si anak untuk bisa menjadi humble, kelak aku mau coba hal yang sama untuk anakku biar ya, tidak seperti bapaknya ini.

    BalasHapus
  16. Baiknya Abhirama sudah mau berbagi dengan temannya. Saya setuju Mbak membacakan buku bisa membuat mereka termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

    BalasHapus
  17. Setuju deh sama mbak Windah, anak2 memang harus terpenuhi nutrisinya. Apalagi dimulai sejak dini.

    BalasHapus
  18. Punya anak yang berempati sama sesama memang idaman ya kak. ALhamdulillah punya anak seperti itu. Tapi memang benar gizi juga berpengaruh ke tumbuh kembangnya supaya jadi anak aktif dan sehat.

    BalasHapus
  19. setuju Mom, sebagai orang tua kita harus mencontohkan terlebih dahulu, tidak sekedar menyuruh saja...

    BalasHapus
  20. Gizi ini memang persoalan penting untuk anak mengingat tidak semua ortu care sama asupan gizi anak. Padahal sangat ngaruh tumbuh kembang

    BalasHapus
  21. bebelac yang baru lebih komplit ya komposisinya.. kandungan omega 6 serta minyak ikan yang di tingkatkan, FOS : GOS 1 : 9, serta 13 vitamin dan 9 mineral.. penting banget kan itu buat kebutuhan nutisi anak..

    BalasHapus
  22. orangtua jf contoh ya untuk mengajarkan anaknya perilaku yg baik

    BalasHapus
  23. orang tua memang guru terbaik utk anak2nya, selain memberikan nutrisi dan gizi yg lengkap kita jg hrs memberikan contoh yg baik ya win

    BalasHapus
  24. Kakak Abhi main lagi ya sama Azzam :)
    pantas anaknya ramah, mama Windah nya juga ramah sih. Stimulasi anak dengan contoh yang terbaik ya mba Windah.

    BalasHapus
  25. Emang bener deh, anak anak itu harus distimulasi agar tumbuh kembangnya maksimal. Yang udah gitu orang tua juga senang lah yaa..

    BalasHapus
  26. wah ..makasih tips pendekatan kepada temannya ya mbak .. bagus banget kalau diterapkan ini. TFS

    BalasHapus
  27. Peran orang tua emang penting ya mba untuk tumbuh kembang anak. Kadang orang tua enggak peka terhadap hal2 kecil seperti anti sosial ini. Krn kita akan tau jika kota seing ngobrol dengan si anak dan guru di sekolah.

    BalasHapus
  28. Abhi pinter banget za bunda, dia bisa jadi anak yang tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Bikin ngiri banyak orang

    BalasHapus
  29. Adik gemes bangett banget yaa. Kemaren ketemu lagi bobo. Semoga adik bisa sepintar dan bahkan lebih pintar dari kakak ya..

    BalasHapus
  30. Stimulasi dn nutrisi sangat penting bagi anak apalagi saat mereka tumbuh. Anak jaman sekarang banyak akal pula. Jadi harus disemangati dan arahkan dg baik

    BalasHapus
  31. anak saya dulu juga begitu
    egois banget dan suka menang sendiri. maklum anak tunggal
    saya sampe khawatir masuk TK dia jd anak yang bakal ga disukai teman temannya krn egois
    tp ternyata seiring perkembangan waktu ia bisa berubah
    kecerdasan emosinya lebih baik seimbang dengan kecerdasan intelegensianya

    BalasHapus
  32. Anak2 adalah peniru terbaik. Kitalah yg menjadi teladan utamanya, selain orang lain di sekitarnya. Asupan makanan dan pengaruh tontonan serta bacaan juga turut membentuk perilaku anak. Sungguh, membentuk anak itu bukan perkara main2.

    BalasHapus
  33. Orang tua memang contoh nyata bagi anaknya. Orang tua yang terkesan pelit dan lebih suka menerima, bahkan meminta tentu anaknya tak jauh beda. Kasian anaknya deh jadinya...

    BalasHapus
  34. Nah ia, kita harus bisa mencontohkan yang baik karena anak itu meniru prilaku orangtuanya. Gizi yang seimbang juga diperlukan untuk kecerdasan dan tumbuh dan kembang anak, maka itu kita harus mencukupkannya ya mom.

    BalasHapus
  35. Ini masalah banget deh buat saya, soal sosialisasi. Lha saya sebagai ibunya gak pinter bergaul, gimana ngajarin anak supaya mudah bergaul? Hiks.
    *malah curcol

    BalasHapus
  36. Nutrisi adalah pelengkap pertumbhan anak. stimulasi adalah pembangun perkembangan. Nurture dan natur ini harus balance agar anak menjadi hebat.
    ikut bahagia dengan capaian Abhirama, Mbak

    BalasHapus
  37. Iya sih ya, rasanya bakal kehilangan temen2nya saat pindah rumah. Dulu aku ya gitu, pindah dr Jakarta ke Semarang, ya merasa kehilangan sama temen-temen di kompleks rumah saat di Jkt hehe.

    BalasHapus
  38. Dengan cara berbicara dari hati ke hati dan menceritakan dongeng, kita bisa lebih dekat dengan anak dan bisa menstimulasi perkembangan sosialnya ya, Mbak ...

    BalasHapus
  39. Wah menjadi tauladan itu bangian terberat saat menjadi orangtua ya. Terasa bahget buat saya yang punya anak. Harus kitanya dulu yang berubah baru anak berubah

    BalasHapus
  40. Abhi hebat deh hihi keren, penting banget emang sih ya bun mengajarkan sejak dini, bakal kebawa sampai dewasa nanti soalnya. Semoga jadi anak kebanggaan orangtua selalu ya Deeek hihi

    BalasHapus
  41. Barakallahu fiik, Abhi..
    Terus menjadi anak kebanggaan keluarga yaa...

    BalasHapus
  42. Wow, hebat ya dek abhi, kecil2 sudah punya rasa empathy yg tinggi. Hihihi

    Semoga slalu jadi anak soleh ya dek

    BalasHapus
  43. pasti ada yang dia contoh.. baik yang ia lihat sendiri maupun apa yang dia saksikan di televisi.. :)

    BalasHapus
  44. Gizi seimbang buat anak-anak memang penting banget. Jadi harus bener-bener pilihnya

    BalasHapus
  45. Setuju banget untuk poin mengenai membacakan dongeng atau buku cerita ke anak sedini mungkin. Aku pun sudah mempraktikkannya ke anak maupun ke ponakan dan hasilnya sungguh luar biasa. Kosakata dan pengetahuan anak bertambah. Anak-anak pun bisa belajar mengenai empati dan emosional melalui bacaan yang dibacakan pada mereka

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.