Minggu, 19 Agustus 2018

Alfamart Kembali Ajarkan Manajemen Ritel pada Pedagang


Pada Rabu 16 Agustus 2018, Alfamart Balaraja kembali mengadakan pelatihan untuk pedagang disekitar store mereka. Bertempat di kantor cabang Alfamart Balaraja, sekitar 25 orang pedagang yang berasal dari persatuan pedagang dan umkm hadir dan mencuri ilmu dari Member Relation Manager Branch Balaraja, Siti Rahimah yang seperti biasa djtunjuk menjadi narasumber kegiatan ini.

Sejalan dengan visi dan misi yang di pegang oleh PT Alfaria Trijaya, kegiatan pelatihan manajemen Ritel untuk UMKM ini didukung juga oleh Disperindag yang diwujudkan dengan hadirnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan beserta jajarannya.

Pelatihan Manajemen Ritel ini sangat penting untuk diterapkan tidak hanya oleh pelaku usaha besar seperti Alfamart, namun juga usaha kecil seperti warung, toko kelontong, dan toko lainnya supaya keuangan dan sistem yabg diterapkan dalam toko tidak mandeg dijalan.
Beberapa catatan yang bisa dijadikan acuan ialah

1. Kenali jenis barang yang dijual


Baik toko kelontong, toko beras, toko listrik atau toko yang lain tentu punya barang yang berbagai macam dan jenis. Tugas penjual adalah mengetahui apa jualannya dan barang apa yang sejenis. Fungsinya adalah, jika ada barang yang tidak ada di toko, kita bisa menawarkan barang substitusi pada pembeli. Contohnya, pembeli m ncari mie merk mie gaga, tapi kita punya nya indomie, coba tawarkan saja.

2. Pisahkan pemasukan dan pantau cashflow


Saya pernah punya warung, dan memang godaan terbesar adalah pakai uang belanja untuk kulakan dan pakai uang warung untuk belanja. Masalahnya, jika kita mencampurkan uang pribadi dan uang dagangan, kita gak akan tahu apakah kita minus atau plus di neraca keuangan yang kita punya.

Selama 1 jam, para pedagang di susupi oleh ilmu yang bermanfaat, dan juga ada kabar gembira. Apa itu ? Nah ini, bagi pedagang yang tergabung dalam Outlet Binaan Alfamart (OBA), pedagang bisa mendapatkan bantuan usaha dalam bentuk keringanan pembayaran pembelanjaan di Alfamart yang dinamakan Toko Modal. Program ini baru saja di luncurkan oleh Afamart dengan fokus pada pedagang kecil yang membutuhkan bantuan. Bentuk bantuannya yakni berupa keringanan bagi pembayaran barang yang dipesan melalui Alfamart dan diberikan waktu hingga dua minggu. Jadi kalo misalnya anda adalah OBA, membutuhkan produk untuk dijual tapi ternyata ada duit buat kulakannya masih 2 minggu lagi, tenang. Alfamart akan bantu.

Banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari program program yang diberikan Alfamart ini. Jadi bagi pedagang bisa mengunjungi Alfamart terdekat untuk tahu lebih lanjut dan bergabung menjadi OBA

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.