Senin, 06 Agustus 2018

Pentingnya 1000 Hari Pertama Bayi dan Peranan Sleek Baby

Tidak ada pekerjaan tersulit kecuali menjadi orang tua ~~ nn


Dear parents, terutama para ibu dimanapun berada, mari sejenak mengabaikan war war-an antara kita. Apa kabar ananda ? Semoga sehat selalu yaa. Melalui tulisan ini saya berencana mengembalikan memori kita lagi, fokussss! Tentu fokusnya pada tumbuh kembang si kecil yang lagi gemes gemesnya.

Ada yang lagi hamil ? Atau mungkin sedang merencanakan kehamilan ? Semangat yaa, jangan lupa penuhi kebutuhan gizi si kecil dengan baik agar kelak bisa lahir menjadi anak yang sehat dan cerdas. Jangan lupa lho, masa kehamilan itu merupakan awal dari 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Tahu kan tentang hal ini ?

Kalau belum tahu, yuk refresh lagi ilmunya. Eh bukan dari saya lho, tapi dari dokter ganteng yang kerjanya di Brawijaya Hospital yang tak lain dan tak bukan adalah dr. Reza Abdussalam, SpA. Dalam acara yang digelar oleh Sleek Baby pada Rabu 27 Juli 2018 ini, dokter Reza mengajak para moms blogger dan influencer untuk belajar lagi soal 1000 hari pertama anak yang terjadi bahkan sejak 0 bulan kita dalam kandungan.


Dijelaskan oleh dokter ganteng ini bahwa ada 3 tahap perkembangan otak dalam seribu hari pertama yakni

Tahap pertama : 280 hari janin dalam kandungan, pembentukan sel otak yang puncaknya terjadi pada 4-6 bulan kehamilan. Jangan anggap remeh masa ini ya, karena ternyata kualitas otak seorang anak bergantung pada jumlah sel otaknya.

Tahap kedua : 180 hari bayi yakni dari lahir hingga 6 bulan, penghubung antara sel otak yang bernama sinaps terbentuk, makin banyak dan semakin banyak.

Tahap ketiga : 540 hari pertama atau 6 bulan hingga 2 tahun, otak, organ tubuh dan yang lainnya sudah saling mengisi dan saling berintegrasi untuk membentuk kemampuan kembang anak. Otak telah terbentuk sinaps sinapsnya kemudian semakin banyak dengan adanya stimulasi berulang dari orang tua.

Selain otak, organ tubuh lainnya seperti pencernaan, imunitas, metabolik dan pertumbuhan fisik.  Maka ada beberapa hal juga nih yang harus dipenuhi, seperti Gizi, rangsangan  atau stimulasi dan higienitasnya. Kita bahas satu satu yuk

Gizi



Dalam hari pertama ini penting untuk kita mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Makanan yang sehat, sayur mayur, buah dan lauk sesuai dengan piramida makanan dan anjuran WHO. Asupan apa aja nih yang penting ?

1. DHA dan AA
2. Zat besi dan taurin
3. Choline dan zink

Dapetnya dari mana ya ? Pada masa kehamilan, apa yang ibu makan adalah apa yang anak kita makan. Makan sayur bayam yang tinggi zat besi, maka janin juga dapat gizi yang sama dengan yang ibu makan. Begitu pun sebaliknya, jika makan junkfood, maka toxin juga dilahap oleh si janin. So, makan makanlah yang bergizi ya moms. Eh, gak cuma saat hamil, setelah lahir, bayi mendapatkan kebutuhan gizinya melalui ibu yakni ASI. anjuran WHO adalah 6 bulan ASI esklusif dilanjutkan dengan MPASI dan terus ASI sampai 2 tahun. Jadi begitu melahirkan ibu diharapkan untuk menyusui anaknya hingga 6 bulan pertama. Jangan lupa, lakukan IMD untuk mensukseskan kegiatan menyusui.

Ketika bayi masuk usia 6 bulan, berikan makanan pendamping ASI, MPASI yang dianjurkan oleh kementrian kesehatan itu mengandung Protein, Karbohidrat dan lemak moms. Jadi usahakan ke 3 nya terpenuhi ya, karena tiga jenis gizi ini adalah yang paling dibutuhkan untuk menunjang perkembangan otak dan perkembangan organ tubuhnya.

MPASI berapa kali ? Yang disarankan adalah 3 kali makan, 2 kali snack dengan minimal 3 sendok makan setiap sekali makan. Snack bisa berupa potongan buah atau pure buah tergantung dengan konsep makan yang dianut oleh orang tua.

Setelah berusia satu tahun, bayi tidak lagi makan makanan yang encer ya, sudah boleh makan makanan rumahan namun kadar gula garam dan bumbu nya dikurangi untuk mencegah bayi sulit mengenali rasa.

Stimulasi



Dulu pas hamil Abhirama, hal yang paling ingin saya punya adalah mainan merk impor yang punya 12 warna dengan suara dan bentuk yang berbeda. Sebagai rakyat jelata, barang kayak gitu rasanya mahal banget buat di beli. Huhuhu. Tapi berhubung saya keukeh pengen punya akhirnya kebeli lah.

Eh pas lahiran, saya baru tahu, stimulasi yang diharapkan oleh dokter itu gak melulu pakai barang yang mahal kok. Hihihi. Stimulasi pada bayi disesuaikan dengan usianya. Misalnya saat dalam kandungan, ibu suka memperdengarkan murottal Qur'an, atau lagu klasik, atau bahkan lagu rock ? Itu semua adalah stimulasi kita untuk merangsang otak anak.

Begitu bayi lahir, kita pakaikan gelang dengan kerincing dikaki nya, juga kita letakkan mainan di atas kepalanya, itu menstimulasi indra pendengaran dan pengelihatannya. Dan masih banyak lagi stimulasi lainnya. Stimulasi yang terus menerus ini akan membentuk sinaps dalam otak anak, menjadikan hal yang luar biasa menjadi biasa dilakukan. Misalnya menjimpit, menulis, berjalan, berlari dan sebagainya.

Higienitas



Dari baru lahir owak owek, dokter atau bidan yang menjadi penolong persalinan kita akan menyerahkan bayi pada bidan yang lain agar mereka bisa membersihkan si bayi. Sampe rumah, tiap pagi dan sore kita akan memandikan si mungil ini dengan sebersih bersihnya *versi kita*. Gak cuma badannya yang bersih, pakaiannya, alat menyusuinya, bahkan payudara kita juga di lap dulu pakai air anget sebelum nyusuin. BIAR APA COBAK ?? Ya, ikut ikutan kebiasaannya aja *tetooot* gak jawab gitu kan ya ?

Semua ibu, tentu pengen anaknya bersih, supaya terhindar dari kuman dan bakteri yang biasanya identik dengan yang kotor. Apalagi jaman sekarang kuman dan bakteri ada dimana mana gak kenal tempat. Apa aja sih penyakit yang sering terjadi sebab kurangnya higienitas ?

1. Diare
2. Disentri
3. Cacingan
4. Antrax

Adududududuuuu, penyakit ini terlihat sepele ya, tapi jangan salah lho, meski tergolong sepele, penyakit ini juga bisa mematikan. Penting untuk diketahui, gak cuma tubuh si kecil yang harus bersih, alat makan, mainan, area rumah dan orang tua yang bersentuhan langsung dengan anak juga wajib bersih. Karena kita gak tau, kapan dan dimana kuman dan bakteri itu datang dan merusak imunitas anak sehingga metabolisme dan tumbuh kembang anak dapat terganggu. Nah mulai dari sekarang, yuk mulai perhatikan kebersihan si kecil di 1000 hari pertamanya.

Kebutuhan bayi akan higienitas ini bisa dipenuhi dengan menggunakan produk produk rumahtangga yang khusus didesain untuk mereka ya moms. Jangan pakai yang biasa orang dewasa gunakan, karena kita gak tau apakah bayi yang kulitnya masih sensitif tersebut mampu beradaptasi atau tidak. Sejauh ini, produk rumahtangga yang menyediakan khusus untuk bayi sudah beragam lho, moms bisa pilih sesuai kebutuhan. Misalnya saja Sleek Baby yang sudah expert di bidang ini. Selain sudah lama menjadi produk sanitari khusus baby, sleek memiliki banyak keunggulan yang disetiap produknya. Apa aja produknya dan apa keunggulannya ? Kita bahas yuk

1. Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessoris Cleanser


Produk sleek pertama yang penting untuk dimiliki di rumah adalah Blottle nipple, and accessoris cleanser yang merupakan sabun pencuci peralatan makan bayi dengan 3 keunggulan diantaranya

  • Food Grade

Sleek Baby telah memiliki sertifikat GRAS ( Generally Recognized As Safe) karena menggunakan bahan setara makanan yang amat sangat aman untuk bayi kita.
  • Natural Anti Bacterial

Dengan bahan alami, efektif membunuh kuman dan bakteri yang ada diperlengkapan bayi
  • Stain Removal Formula

Yang mampu menghilangkan lemak sisa susu serta bau amis pada botol maupun pompa ASI.

Penggunaan sabun cuci khusus bayi ini diharapkan meminimalisir tertelannya zat kimia berbahaya yang ada pada produk pembersih biasa yang kita gunakan dirumah.

2. Sleek Baby Laundry Detergen



Sejak pertama membeli pakaian bayi, saya sudah pastikan untuk membeli sabun cuci pakaian khusus untuk bayi sekalian. Karena saya tahu, sabun biasa yang digunakan dirumah mengandung detergen dengan konsentrat tinggi yang bisa bikin kulit bayi alergi. Memilih Sleek Baby adalah pilihan yang tepat karena

  • Mengandung Coconut Ekstrak yang efektif menghilangkan noda namun menjaga serat kain tetap lembut dan halus

  • Natural Anti bacterial-nya membunuh bakteri dan menjaga pakaian tetap segar dan bebas bau apek.

  • Telah teruji secara dermatologi aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.


Kini Laundry Detergen dari Sleek Baby juga tersedia dalam bentuk travel size yang mana mudah dibawa kemana mana kalo kita lagi traveling dengan membawa bayi.

3. Sleek Baby Antibacterial 0+ 2 in 1 Hair and Body Foamy Wash



Apa yang paling sering dilakukan untuk menjaga kebersihan bayi setiap hari ? Ya, mandi! Saat ini beredar cukup banyak nih sabun mandi bayi yang ada di pasaran. Semua punya keunggulan tak terkecuali Sleek Baby. Sabun mandi Sleek Baby ini memiliki dua jenis bentuk yang berbeda yakni Foamy Wash dan Liquid Soap. Dua duanya memiliki keunggulan yang sama yakni

  • Mengandung Natural Antibacterial yakni Olive Leaf Ekstrak yang membantu menjaga kesehatan si kecil dari bakteri penyebab iritasi.

  • Formulanya aman digunakan oleh bayi baru lahir dan tidak pedih di mata

  • Memiliki formula hypoalergenic yang tidak menyebabkan alergi pada bayi.



Dengan produk dari Sleek Baby ini, kita bisa melindungi si kecil dari masalah higienitas serta membangun kebiasan menjaga kebersihan yang baik sejak dini. Bersyukurnya, kita bisa menjaga kesehatan dan kebersihan bayi kita sendiri, sementara diluar sana ada banyak bayi yang belum mampu menjaga kebersihannya sehingga ancaman penyakit menghampirinya. Kita bisa loh membantu berkontribusi untuk kebersihan mereka dengan cara yang sangat mudah. Saat ini Sleek Baby sedang ada program yang namanya 1000 hari perlindungan nih. Program ini diadakan di sosial media yang mana dengan share sebuah foto dengan produk sleek baby, kita telah membantu menyumbang satu perlindungan untuk anak. Untuk informasi lebih jelasnya bisa cuss ke sosial media Sleek Baby yaa moms. Ohya...kalau mau artikel lebih banyak mengenai #1000 hari perlindungan, juga bisa ke www.sleekbaby.co.id ya moms.....

47 komentar:

  1. Wahh saya awalnya tidak tahu apa-apa, sekarang jadi tahu tahapan anak :) terima kasih mba:)

    BalasHapus
  2. Saya waktu hamil suka dengerin musik juga mbak:)

    BalasHapus
  3. Sleek itu memang Good product. Beberapa waktu yang lalu ada sepupu melahirkan senangmya alu kadoim Sleek baby

    BalasHapus
  4. Jadi ingat dulu saya juga pakai Sleek untuk cuci pakaian neng Marwah

    BalasHapus
  5. Rada horor memang ya mbak, kalau pas bayi kena diare.... setuju si masalah higienitas itu penting bangeeeettt!

    BalasHapus
  6. Produk Sleek lengkap ya untuk bayi. Awalnya saya cuma tau bottle cleanser sama detergen saja, sekarang jadi tau ada Hair and Body Foamy Wash

    BalasHapus
  7. wah bermanfaat sekali infonya mba

    BalasHapus
  8. Pernah baca juga sih, katanya bayi di bawah usia dua tahun itu imunnya masih lemah. Makanya perlu hati-hati. Dulu waktu anak saya bayi, akhirnya urusan cuci perangkat makan minumnya pun pakai Sleek. Baunya seger tapi nggak menyengat. Trus gampang dibilas.

    BalasHapus
  9. Pernah nyobain deterjen sleek dan aku suka wanginya

    BalasHapus
  10. setujuuuu. bener banget sih nih soal 1000 hari perlindungan. aku tuh jadi lebih aware sekarang sama kebutuhan nutrisi dan higienitas anak. yuk cuss ikutan campaignnya juga ah

    BalasHapus
  11. Anak aku pake sleek juga , yang diapernya. Cocok di kulit dan lembut

    BalasHapus
  12. aku taunya sleek cuma buat pencuci botol gtu ternyata ada body washnya juga ya
    waktu hamil dan ngelahirin anak pertama dan kedua jujur ga begitu banyak menyrap info seperti ini..skrg rasanya pengen punya anak lagi hahhaha

    BalasHapus
  13. Memang penting banget memberikn nutrisi dan stimulasi pada 1000 hari pertama si kecil, begtu juga menjaga kebersihan peralatannya

    BalasHapus
  14. saya pakai sleek semenjak anak-anak masih kecil, dan memang cocok, saya suka wanginya juga enak

    BalasHapus
  15. penting banget hieginietas. Sleek ini jadi andalan banget untuk mencuci botol. minyak-minyak langsung pada ilang semua

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih alternatif buat keponakan saya Mba Windah. Aku infoin ke Kakak deh, mengenai program dari SleekBaby ini.

    BalasHapus
  17. Win, yang share foto di medsos itu maksudnya gimana ya? program CSR Sleek baby? bantuannya berupa apa?

    BalasHapus
  18. 1000 hari menentukan ya mba dan tugas ortu itu harus aware bngt, produk sleek skarng lengkap dulu waktu kidos kecil baru ada buat cuci botol soalnya aman ya

    BalasHapus
  19. Hill juga pakai sleek nih. Wangi nya soft banget dan yang penting cocok sama kulit hill :)

    BalasHapus
  20. Anak2ku tuh dulu sering kena diare tapi emang rumah masih baru dibangun dan higienis plus blm pake Sleek Baby.

    BalasHapus
  21. Kelihatan sepele tapi ngeri buat bayik ya Win. Asyik klo ada produk khusus buat baby gini..
    Peluk jauh dedek embul...

    BalasHapus
  22. Dari dulu sudah percaya dengan produk yang satu ini, lebih suka lagi farain yg kita butuhkan pasti ada

    BalasHapus
  23. Seneng ya kalau baby kita sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya.

    BalasHapus
  24. Rekomendasiin nih buat adik saya yg baru melahirkan, buat baby nya. Apalagi baby kan rentan banget ya mbak terhadap penyakit kl salah dalam merawatnya, jadi kudu wajib punya sleek baby ini deh menurut aku.

    BalasHapus
  25. Widih... All about baby lagi nih postingannya. Bener2 reminder buat aq yg lg mengasuh baby wkwkwk... Thanks Mbak sharingnya

    BalasHapus
  26. Wah, baru tahu ternyata produk sleek ada bermacam2 ya...tadinya kupikir sleek itu cuma produk pencuci yang aman bagi bayi. Ternyata ada tiga macam dengan tiga fungsi yang berbeda-beda. Thanks infonya Mbak..

    BalasHapus
  27. Sehat terus baby Ran demi 1000 HPK ya. Mamahnya harus teliti nih jaga kebersihan si kecil.

    BalasHapus
  28. Lelah melihat segala war. Padahal ikutan juga enggak hehehe. Sleek ini bagus ya produknya. Kayaknya udah ada lumayan lama, ya?

    BalasHapus
  29. Aku pakai sleek juga mom Windah sejak Rayyan masih kecil. Khususnya tuker pembersih botol susu. Alhamdulillah masih setia sampai sekarang

    BalasHapus
  30. seribu hari pertama menjadi gold moment untuk perkembangan bayi, untuk itu perlu banget ya aware sama segala perlengkapannya yang memang aman utk bayi

    BalasHapus
  31. Ngerasa banget kalau asupan saat hamil itu penting. Dulu anak pertama rajin minum susu, buah, sayur, dan protein dll. Proses tumbuh giginya cepet. Begitu hamil anak kedua, asupannya gak dijaga. Tumbuh giginya agak lambat. Setelah baca-baca ternyata emang pembentukan kalsium dll itu dimulai sejak hamil.

    BalasHapus
  32. Dulu waktu Erysha bayi, saya pernah mba pakai produk ini. Soalnya kan waktu bayi lagi fase oral ya. Jadi apapun dimasukin ke mulut. Jadi pakai produk ini u/ menjaga kehigienisan seperti alat makannya

    BalasHapus
  33. Sering baca nih stimulasi bisa pake bahan-bahan sederhana. Tapi memang harus diperhatikan kebersihannya, untung sekarang ada sleek ya mbak.

    BalasHapus
  34. Memang paling cocok kalau pakai Sleek Baby untuk pembersih peralatan bayi ya mba Windah :)

    BalasHapus
  35. Satu hal yg pasti adalah menjadi orangtua hrs siap belajar terus. Gak ada selesainya sampai jatah umur habis. Aku sll setia pakai Sleek.terutama yg utk cuci sayir, buah, botol.dan peralatan mkn

    BalasHapus
  36. Aman banget pastinya digunakan jangka panjang ya mba. Anak sehat ibu pun senang.

    BalasHapus
  37. Memang ya produk Sleek Baby sahabat para ibu-ibu sejak 1000 HPK untuk perlindungan menyeluruh untuk si kecil, akupun dirumah selalu pake sleek baby buat si kecil

    BalasHapus
  38. Aku setuju nih "Dengan produk dari Sleek Baby ini, kita bisa melindungi si kecil dari masalah higienitas serta membangun kebiasan menjaga kebersihan yang baik sejak dini." perlindungan yang paling utama dalam memberikan kehigienisan utk anak

    BalasHapus
  39. 1000 hari pertama menentukan tumbuh kembang bayi ke depanny, bener bngt mesti jaga pola makan ya...klo sleek dulu las kidoa kecil cuma cuci botol krn aman bngt skrng bnyak varianny

    BalasHapus
  40. Mengurus bayi tidak mudah ya Moms banyak faktor yg membuat kita hrs selektif terhadap perawatan ny , berkat sleek semua JD mudah dengan koleksi untuk perawatan bayi ny yg lengkap

    BalasHapus
  41. Waah udah besar aja si kecil mba Win, aku juga pakai Sleek waktu baby masih seumuran gini..emabg rekomen ya..

    BalasHapus
  42. Sampe sekarang aku masih pake sleek baby bahkan anak aku udah dua. Aku pake yang bottle cleanser dan laundry detergent. Formulanya pas banget buat kulit bayi yang sensitif dan wanginya enak.

    BalasHapus
  43. Seribu hari pertama memang penting ya untuk tumbuh kembang dan masa depannya kelak. Makanya kalau sampai fase ini terganggu, bisa berakibat kurang baik. Saya juga dulu pakai Sleek Baby akhirnya untuk urusan bersih-bersih segala perangkat makan minum si kecil.

    BalasHapus
  44. Mpasi bikin kreatif para mom dan pendukung peralatan yang akan membawa kebersihan para anak sehingga tidak mudah sakit

    BalasHapus
  45. Setuju nih. Bayi harus diberika perlindungan sejak lahir karena kulitnya sensitif.

    BalasHapus
  46. Seribu hari anakku sudah lewattt, semoga semua proses yg dulu dilalui masih sesuai dengan standar2 kesehatan. Makasi sharingnya mba

    BalasHapus
  47. senang sekali membaca tulisan Mbak Windah ini.. saya jadi dapat pengetahuan baru tentang pentingnya memberi perlindungan higienitas bagi anak.. terima kasih Mbak 😊

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.