Rabu, 13 Februari 2019

Merawat Kulit Sensitif Bayi Agar Bebas Ruam

Selain jadi blogger,  kegiatan saya baru baru ini adalah jadi suster ngurusin kedua orang tua yang sedang sakit.  Ya,  meski cuma masak,  bantuin ke kamar mandi dan nyiapin obat sih.  Tapi karena kesibukan baru ini saya sampe lupa sama Ranendra.  Saking sibuknya ngurusin orang tua,  tiap hari saya pakaikan diapers sama Ranendra,  dan kadang kelupaan diganti. 

Iya,  iya,  saya akui saya lalai banget.  Apalagi kulit Ranendra sensitif sekali karena terlahir sebagai bayi prematur.  Tapi namanya manusia,  tempatnya salah dan dosa.  Huhuhu. Masalah tidak berhenti sampai disitu,  karena kulitnya sensitif,  kehilafan saya menyebabkan bokong Ranendra di penuhi oleh Rash.  Bintik merah penuh di bagian bokong,  selangkangan dan sedikit bintik yang lebih besar di area penisnya. 

Awalnya gak terlalu khawatir,  karena saya pikir ini wajar buat dia yang kulitnya sensitif.  Jadi kebiasaan 'melupakan' ganti popok ini berlangsung sampai kedua orang tua saya masuk rumah sakit untuk operasi. Sedihnya saya baru tahu kalau ruamnya makin parah keesokan harinya.  Bukan cuma bokong,  tapi menjalar ke punggung juga. *langsung mewek dan peluk Ran*

Penanganan Ruam Pada Kulit Sensitif


Ini adalah ruam terparah yang dialami Ran selama 11 bulan di dunia.  Salah saya sih sampe ini terjadi,  padahal biasanya saya ekstra hati-hati.  Gak cuma dalam urusan kebersihan dan pemakaian diapers,  tetapi juga saya pakai sabun bayi khusus sampai belajar cara merawat kulit sensitif nya.  Tapi karena bolak balik rumah sakit,  kadang saya mandiin Ran pake sabun dewasa,  atau sabun kakaknya,  apa aja yang penting disabunin deh. Dan hasilnya adalah,  wajah Ran kini penuh bintil bintil merah.  Hiks. 


Setelah berkonsultasi ke dokter,  saya merasa agak lega.  Ranendra ternyata cuma perlu penanganan khusus aja.  Karena kulitnya sensitif,  jadi saya diharuskan menggunakan produk untuk kulit sensitif. Alhamdulillah nya juga,  Ranendra gak terlalu cranky karena ruam nya. 

Untuk perawatan kulit sensitif nya,  beberapa hal yang harus saya lakukan berdasarkan saran dokter,  diantaranya:

1. Gunakan diapers hanya jika diperlukan.

Biarkan kulit bayi bebas tanpa diapers jika berada di rumah.  Gunakan diapers pada saat di luar rumah atau tidur malam. Pemilihan diapers yang sesuai dengan kenyamanan kulit mungkin diperlukan. 

2. Sering ganti diapers

Untuk bayi 2 bulan ke atas,  normalnya pipis lebih sering dengan volume lebih banyak dibanding newborn,  jadi usahakan mengganti diapers nya 3 hingga 4 jam sekali. Gunakan size yang sesuai dengan lingkar paha dan pinggangnya.  Tidak perlu terpaku dengan size yang mengacu pada berat badan,  karena jarang akurat untuk beberapa bayi.  Diapers yang terlalu kecil akan menyebabkan paha dan perut bayi iritasi. Belum lagi paparan urine yang terlalu lekat pada area sensitif nya. 

3. Gunakan produk  yang tepat.


Seperti dengan kulit dewasa,  kulit bayi juga membutuhkan aneka treatment untuk menjaga nya tetap sehat. Biasanya,  ibu akan memilih menggunakan produk  yang sesuai dengan jenis kulit.  Nah khusus untuk Ranendra,  saya harus ekstra teliti nih,  kulit sensitif nya membuat Rash atau ruam di tubuh lebih beringas.  Kalo saya salah pakai produk,  bukannya sembuh malah penuh deh ruam nya sebadan. 


Nah untuk penggunaan produk kulit ini saya mendapat saran di grup para mommies untuk mencoba Cussons Baby SensiCare. Karena dapet dari sumber yang terpercaya,  akhirnya saya cobain lah produk ini untuk Ran.

Cussons Baby SensiCare

Kesan pertama dari produk bayi ini adalah LUCU!  Sumpah aku baru liat ada produk bayi berwarna ungu gini. Yang mana ungu adalah warna favorit aku. Hihihi.  Trus aku baca baca kan review dari temen temen yang udah pake produk ini. Mereka saranin untuk pakai sepaket,  yakni 


Gentle Hair & Body Wash , 24 hr Daily Moisturizing Lotion,  dan Intensive Soothing Cream.

Yang bikin aku tertarik untuk mencoba adalah produk ini telah disetujui oleh Ahli Dermatologi dan Dokter Anak. Jadi mau aplikasiin ke anak juga tenang dong ya. Biar gak penasaran,  aku review satu persatu yaaaa.

Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash


Pertama kali cari produk perawatan bayi, pasti yang akan kita beli adalah shampo dan sabun kan?  Iya kan?  Eh apa cuma aku doang yang begitu?  Hihihi. Semoga enggak ya,  karena se pengalaman aku,  sabun dan shampo yang di pakai sama bayi kita itu ngaruh banget ke kulitnya.

Pertama kali pakai Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash ini aku merasa jatuh cinta banget sama wanginya.  Aku pernah nyium aroma ini di botol parfum orang deh,  tapi aku lupa namanya apa. Yang jelas pas dicium,  wanginya bikin rileks banget. Bukan cuma ibunya,  bayinya juga kayaknya.  Abisan kalo disabunin,  Ran anteng banget. Trus lembut juga dikulit. Enakeun deh make nya.

Gentle Hair & Body Wash ini diperkaya oleh Derma-soft Complex yang merupakan gabungan dari  organic oat, organic olive oil,  dan Ceramide. Jadi terbukti secara klinis membantu melindungi kulit dari kekeringan,  menjaga keseimbangan kelembapan kulit dan menjaga agar rambut tetap sehat,  terlihat bercahaya,  lembut dan mudah diatur.

Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion


Kalau dulu,  sebelum pakai baju biasanya saya pakaikan minyak telon buat Ranendra. Tapi semenjak kulitnya ruam parah,  Ran sering nangis kalo dipakaikan telon.  Atas saran dokter,  saya akhirnya menghentikan penggunaan telon dan beralih menggunakan lotion.  Pas milih lotion ini,  moment ter-menyebalkan hadir.

Gimana gak menyebalkan coba,  kalo ternyata lotion yang disaranin temen saya gak bagus. Ruam nya makin parah dan Ran nangis kalo kulitnya ke gesek.  Huhuhu.  Tapi syukurnya,  kemudian saya ketemu sama Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion ini. Dia tuh punya tekstur kayak tepung kanji gitu. Tau kan kalo tepung kanji dipegang gimana,  ngerenyet adem gitu.  Nah,  ini juga gitu,  pas saya pegang di jari,  rasanya adem,  trus perlahan hilang dan meresap. Yang tersisa hanya kulit yang lembut. Literally lembut. 


Masih soal aroma,  sama kayak sabunnya.  Tapi yang saya suka adalah,  dia gak berubah jadi tengik meski udah nempel di kulit. Beberapa lotion yang saya gunakan,  awalnya wangi bukan main,  tapi begitu di oles,  baunya tengik gitu.  Tapi ini enggak.  Bahkan sampe beberapa jam kedepan,  wanginya masih awet tercium. Bahan yang terkandung dalam Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion ini hampir sama dengan Hair & Body Wash nya,  bedanya cuma ada tambahan Natural Shea Butter disini. Jadi bisa dibayangin kan bakal selembut apa kulit bayi kita menggunakan produk yang kaya akan pelembab ini.  Bahkan aku aja sampe pakai buat diriku sendiri.  Hahaha.  Saking lope lopenya sama produk ini.

Kandungan nya yang kaya akan pelembab membuat produk ini terbukti secara klinis membantu melindungi kelembaban kulit selama 24 jam,  memberi lapisan pelindung pada kulit dan memberikan rasa nyaman pada kulit kering dan rentan eksim. Pas banget kan sama Ranendra. 

Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream. 


Punya bayi dengan kulit kering plus sensitif?  Selamat,  anda dapat jackpot.  Hihihi.  Ran juga begitu,  kulitnya kering sekali,  kadang saya bisa garuk dan berbekas putih gitu kulitnya karena kering banget.  Makanya selain lotion,  saya juga memberikannya Soothing Cream yang mengandung pelembab 3x lebih kaya dari yang lain.  Saya tau banget gimana tersiksa nya ketika ruam datang karena kulit sensitif tapi perih kalo digaruk karena kulitnya kering.  Huhuhu. 

Makanya saya gak mau anak saya mengalaminya,  so,  Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream inilah yang menjadi jawaban. Derma-Soft Complex nya akan melembabkan kulit bayi serta memberikan lapisan perlindungan pada kulit.


Setelah mencoba kurang lebih seminggu,  saya akhirnya memutuskan untuk repurchase produk ini dengan segera.  Sebetulnya sih untuk penggunaan lebih sering saya yang pakai,  terutama untuk lotion nya.  Biasanya Ran pake di pagi dan sore hari setelah mandi,  tapi saya pakai bisa 5x sehari.  Tiap abis shalat,  pakai lagi,  pakai lagi.  Ya gimana dong,  saya merasa ini produk emang dibuat khusus buat kulit bayi.  Jadi pas kulit dewasa pakai,  rasanya jadi bayi lagi.  Hihihi.  Dan Alhamdulillah ruam di tubuh Ran udah jauh berkurang dari sebelumnya,  semoga aja kejadian begini gak menimpa bayi bayiku lagi.  Aamiin. 

The last one,  kalo kalian pengen tahu lebih lanjut tentang produk ini,  bisa banget ke Facebook atau Instagram dari Cussons Baby SensiCare ini. Kunjungi juga langsung websitenya di sini.

Semoga anak anak kita sehat selalu ya,  kalo ada yang pake produk ini juga,  boleh lho sharing di kolom komen *love*

6 komentar:

  1. Masya Allah, sangat bermanfaat informasinya. Terima kasih banyak Bunda.

    BalasHapus
  2. Kebetulan sekali keponakanku kulitnya sensitif sekali. Alhamdulillah sekarang sudah tahu solusinya dari Mbak. Terima kasih Mbak.

    BalasHapus
  3. Masya Allah. Semoga anaknya gak mengalami Ruam lagi ya Bun. Semoga orangtua dan anaknya sehat terus.

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu ternyata itu obatnya.

    BalasHapus
  5. Semoga keluarganya sehat terus Mbak.

    BalasHapus
  6. Kebetulan nih, dirumah keponakanku lagi ruam. Kemarin sempat coba beberapa tapi gak ada yang berhasil. Mau aku suruh coba Cussons Sensicare ah.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.