Kamis, 21 Mei 2020

Jangan Stress Saat Pandemi! Lakukan ini Yuk!


Dua bulan dirumah saja sudah menghasilkan apa gais? Eh apa sudah tiga bulan ya? Sungguh pandemi ini menjadi salah satu alasan kita buat gegoleran dirumah. Tapi sampai kapan ya? Hiks. Ya, awalnya memang happy liat suami dirumah terus selama pandemi. Pekerjaan rumah dapat di handle dengan baik karena bekerjasama. Tapi setelah sebulan berlalu, benih benih emosi mulai terbentuk. Yang tadinya enjoy karena dibantuin mulai masuk ke tahap nyebelin karena dia juga bosan ngerjain pekerjaan yang itu itu aja. Menurut ngana daku dirumah selama ini ngapain aja? *keluar taring*

Stress, kesel, bete, semua emosi negatif mulai nongol menghadirkan benih pertengkaran. Endingnya ngumpet didalem kamar sambil kesel kesel. Gak bisa begini, emosi ku tuh jadi gak stabil kalo terus terusan membiarkan suami WFH sampe akhir tahun. Plis Corona segera berakhir plissss.

Saking stress nya sampe udah gatau mau ngapain  dirumah. Belom lagi teman teman banyak yang terancam di PHK suaminya, bahkan ada beberapa yang sudah kena PHK. Keuangan morat marit. Sungguh aku gak ngerti harus menahan diri berapa lama lagi. Oh pandemi, mau kah kau berdamai dengan kami? Huhuhu. 

Bahaya Stress dan Depresi saat Pandemi


Karena merasa sangat sangat stress, akhirnya aku curhat di grup yang isi nya emak emak yang senasib. Curhat ngalor ngidul sampe aku pikir, akutuh gak sendirian. Banyak juga orang yang mulai merasa kesehatan mental nya terganggu saat pandemi. Wah, baya gak sih?

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia yang di wakilkan oleh dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ mengatakan bahwa Masyarakat harus bisa mengontrol kesehatan jiwa terutama yang terlihat kecil seperti kecemasan dan stress berlebih akibat informasi yang hilir mudik tentang pandemi. Sebab dengan cemas dan stress, imunitas tubuh menjadi menurun dan membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Padahal dalam kondisi begini, penting untuk kita menjaga diri agar tidak sakit. 

Pada saat pandemi, kita sakit bisa meningkatkan paparan virus Corona atau covid-19 karena saat sakit kita akan pergi kerumah sakit. Kita tidak tahu bagaimana virus itu akan mampir di tubuh kita yang lemah. Bisa dalam perjalanan  menuju rumah sakit, atau bahkan saat kita dirumah sakit. Makanya penting untuk kita tetap sehat. Salah satu cara sehat adalah tidak menumpuk pikiran dan kecemasan yang dapat mengurangi imunitas. 

Trus gimana dong caranya meredakan stress saat pandemi begini? Nah ini, saya punya tips jitu yang udah saya lakukan sendiri dirumah. 

1. Relaksasi

Agar terhindar dari stress, cobalah bangun lebih pagi. Lalu berolahraga di teras rumah dengan angin sejuk pagi hari. Mulai hari dengan bersyukur dan berfikir positif bahwa badai ini segera berlalu. 

2. Lakukan aktifitas yang kita sukai

Berkebun, memasak, bercanda tawa, banyak sekali yang bisa kita lakukan dirumah dengan segala jenis kebahagiaan nya. Jika dilakukan sepenuh hati, hal hal yang mudah menjadi menyenangkan. 

3. Menghabiskan waktu dengan yang tersayang

Bagi yang jomblo, mungkin kamu bisa melakukan video call dengan sanak saudara, buat yang pacaran bisa videocall sama pacar, buat yang sudah berkeluarga kruntelan bareng yang tersayang bisa jadi solusi menghabiskan waktu bersama. 

Jika kita sudah mulai merasa stress, membutuhkan bantuan medis, jangan sungkan untuk menghubungi tenaga medis yaa. Tenang, gak harus ke dokter kok, sekarang sudah banyak cara agar tetap bisa berkonsultasi kesehatan tanpa harus ke rumah sakit. Kini, ada banyak aplikasi yang mensupport kegiatan konsultasi dokter secara online seperti hal nya konsultasi langsung di dokter. 

Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Halodoc. Awalnya saya menggunakan aplikasi ini karena status whatsapp salah satu teman yang merasakan kemudahan membeli obat melalui Halodoc, lalu saya tanyakan ke beliau, apa aman beli obat tanpa resep? Eh ternyata Halodoc juga tersedia konsultasi dengan dokter kompeten yang juga bisa merekomendasikan obat yang bisa kita beli melalui aplikasi. 


Sangat mudah menggunakan Halodoc membuat saya gak kesulitan menggunakan aplikasinya. Sedikit ngobrol lalu menemukan solusi dari masalah saya. Dokter nya bisa kita pilih sendiri dan obat yang kita beli bisa diantar menggunakan ojek online. Waaah, simple dan nyaman banget deh pake aplikasi ini. Nah buat kalian yang ingin menggunakan aplikasinya bisa download di play store atau app store yaaa. 

Dan mari berdoa semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.