Jumat, 30 Desember 2022

Tips Liburan Cara Aku dengan Anak

 Pernah gak sih, pas lagi ngerjain sesuatu sambil melamun, memikirkan sesuatu yang entah penting atau gak penting gitu ? Akutuh sering banget nih tiba tiba random aja mikir, enak kali ya kalo besok makan di resto ini, atau ah akhir tahun nanti mau traveling ke kota xxx ah.


Hasil melamun itu kadang akhirnya jadi ide perjalanan, atau tertabung jadi wacana doang. Seperti road trip kami di bulan februari 2022 dimana kami pergi ke beberapa kota hasil dari melamun. Kala itu kami road trip dari Bogor, ke Semarang, Solo, Malang, Prigen dan kembali ke Bogor mampir Cirebon.


Banyak ya kota nya ? Yepss, kita Bonek alias bondo nekat dengan kendaraan LCGC, ber 6 dengan 4 anak didalamnya. Hebohnya kebayang dong yaa. Yang paling penting adalah biayanya itu lhoo. Hahaha.


Hasil melamun itu langsung saya eksekusi dengan membeli voucher hotel di Traveloka. Kala itu lagi ada promo di Traveloka dimana harga hotelnya saya dapat dengan harga sangat miring. Misalnya, hotel Whiz Pemuda malang yang harusnya 700rban jadi cuma 180rb sekian saat saya beli di Traveloka kala itu. Belum lagi hotel lain lainnya yang tak kalah murah. Jika di bandingkan dengan harga normal, selisihnya jauh bangetttt. So, bisa memangkas biaya banget.


Menjelang tahun 2023, tentu saya punya banyak planning yang semoga saja bisa diwujudkan. Salah satunya adalah roadtrip ke Bali, Lampung dan Kalimantan, semoga tahun 2023 nanti bisa ke salah satu kota tersebut sama anak anak nanti. Untuk keluarga yang hendak berlibur dengan budget terbatas, saya punya tips berdasarkan pengalaman sayang saya punya nih. Apalagi kalo kondisi kamu sama kayak saya dengan 4 anak kecil dan budget terbatas.


1. Untuk akomodasi liburan, kamu harus sering sering cek ke aplikasi perjalanan salah satunya Traveloka. Dengan pengalaman yang sudah saya rasakan, Traveloka banyak sekali membantu meminimalisir biaya yang timbul saat menyewa hotel. Banyak sekali event yang ada di Traveloka seperti Grand Bazaar, Duar Duar kembar, dan kupon kupon yang gak kalah bagusnya.


2. Buatlah itinerary perjalanan jauh sebelum bepergian, ini penting banget loh sobatque! Dengan anak anak yang banyak kayak saya, itinerary membantu kami ontrack. Gak perlu muluk muluk dalam membuat itinerary, semisal mengatur posisi tiap jam nya kemana dan dimana. Gausaaaah. Cukup atur aja hari ini, mau kemana dan jam berpaa, naik apa, trus tambahin keterangan keterangan seperti jam buka/ tutup tempat wisata. Misalnya nih itinerary saya kemarin saat ke Malang, saya merincikan sebagai berikut


Malang

10.00 keluar hotel kontena, estimasi perjalanan ke Jatim Park 10 menit

10.30- 16.00 di jatimpark ( makan siang area di jatimpark).

16.00 pulang ke hotel senyum untuk beristirahat


Itinerary yang cukup simple kan ? Ini saya lakukan karena keterbatasan gerak karena membawa anak anak. Alhamdulillah nya bisa dilakukan tepat waktu. Malah makan siang nya kami lakukan di restoran pohon inn yang mana gak kami rencanakan sama sekali. Kami bisa makan sambil liat hewan seperti macan, dan singa dari jendela nya. Keren bukan ?


3. Jika membawa anak anak, pastikan anda berlapang dada dan tidak membuat banyak kegiatan. Fokus saja pada 1-2 kegiatan yang mungkin disenangi anak anak. Pada kasus kami, dengan 4 anak yang masih kecil kecil ini banyak sekali buang waktu, untuk menenangkan mereka saat cranky, untuk mengganti popok, bahkan untuk sekedar makan camilan. Pokoknya jangan berharap banyak, karena bakal ada banyak hal yang meleset dari rencana. Dalam sehari, pergilah ke 1-2 tempat saja, jangan terlalu banyak karena anak anak mudah lelah.


4. Untuk tempat wisata yang bisa dibeli secara online, kalian juga harus memanfaatkan kemudahan ini. Biasanya tiket online juga jauh lebih murah dan mudah dibanding mengantri di loket. Selain ke web yang tersedia,  cek juga di Traveloka apakah tiket ini bisa di beli disitu. Seperti misalnya tiket jatimpark saya, lebih murah beberapa puluh ribu daripada ots. Karena di kalikan dengan 6 orang, tentu terasa sekali diskonnya. Hehehe.


5. Jangan lupa untuk selalu memastikan anak anak menikmati liburan nya. Diskusikan dengan mereka sebelum ke tempat wisata agar mereka bisa excited dan menanti nanti hari liburan kalian. Saya sendiri sering menunjukkan foto foto tempat wisata yang akan kami datangi agar mereka bersemangat bangun pagi dan gak cranky selama perjalanan


2023 Semoga Lebih bersinar


Di tahun depan, saya memiliki beberapa harapan diantaranya bisa lebih banyak mengunjungi tempat tempat wisata. Bahkan kalo bisa sebulan sekali lah minimal bisa mengunjungi tempat wisata terdekat.


Karena tinggal di Bogor, saya sudah memiliki beberapa hotel yang ingin saya kunjungi untuk staycation. Diantaranya


1. Hotel Safari Resort


Karena memiliki banyak anak kecil, hotel ini cocok buat kami. Konsepnya menurut saya sama dengan Baobab Safari Resort di Prigen yang pernah kami singgahi. Bedanya tentu areanya lebih luas lagi. Ada area feeding animal dimana kita bisa ngasih makan hewan. Disini juga punya feeding girrafe seperti di Baobab. Sayangnya tidak ada Breakfast with girrafe, untung nya kami sudah melakukan di Baobab jadi tidak penasaran lagi meski merogoh kocek sangat dalam yakni satu juta rupiah. Wehehehehe.


Selain itu, kami mengincar promo tiket masuk Taman Safari yang ditawarkan oleh hotel ini jika menginap disini.


2. Silacur Glamping


Karena saya anak nya suka pemandangan gunung yang menenangkan, maka ke silancur Glamping adalah salah satu yang ingin sekali saya lakukan. Ini adalah resolusi yang ingin sekali di wujudkan karena mimpinya dari pertengahan tahun ini tapi gak jadi jadi.


Silancur ini bagus banget menurut saya, dan agak sedih karena harganya baru aja naik untuk tahun depan. Huhuhu. Yawislah semoga nanti bisa di book di Traveloka pake diskon jadi kan lumayan murah cuan diskon nya ­čą▓.


3. Paralayang Tandem


Melihat sesuatu dari atas itu menyenangkan, kita bisa melihat bahwa diri kita cuma sebutir debu yang gak ada apa apanya. Dan saya ingin sekali melihat lebih tinggi lagi dengan paralayang. Pengennya sih ke Bali ya, disana naik paralayang bisa dapet pemandangan hijau + laut juga. Tapi gak muluk muluk sih, bisa paralayang di Puncak aja udah happy banget. Huhuhu


Then dari semua resolusi itu yang pasti ada Traveloka yang mendukung dengan diskon bombastis dan fantastis. Semoga tahun depan diskonnya gak kalah cetar dari yang saya dapet tahun ini.


Kalo kalian ada resolusi apa nih tahun depan ? Jangan cuma jadi wacana, yuk wujudkan liburan seru dengan caramu. Gak harus jauh jauh kok, yang penting kamu sudah memberi reward buat diri kamu sendiri yang sudah menjalani sepanjang 2022 dengan sekuat tenaga.


Semangat Yaa, semoga 2023 kita cerah ceria setelah tempaan badai yang kita hadapi di 2022 ini. Jangan lupa bahagia dan #LifeYourWay ya bestiee!


0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.