Senin, 26 September 2016

Philips Avent New Parents Class, Banyak Ilmu buat Orangtua Baru

Akhir akhir ini saya suka ngilu sendiri kalo lihat ibu hamil yang perutnya udah gede gede banget, semacam takut meledak gitu. huhuhu. Eh ternyata kemarin waktu ke RSU Bunda Menteng saya malah ketemu banyak ibu hamil yang perutnya udah buncit banget ditemenin suami suami mereka. Errr, jadi merinding sendiri liatnya. Lagian emang pada tempatnya sih ibu hamil bersliweran dirumah sakit, apalagi kalo ada program pembekalan untuk mendukung para orang tua baru, pasti penuh dengan ibu hamil yang siap melahirkan ya ?

suasana philips avent parent class

Itulah yang terjadi di Sabtu, 24 September 2016 kemarin di RSU Bunda Menteng dimana ada Philips Avent New Parents Class Program yang mana acara ini diadakan untuk membekali para orang tua baru dengan pengetahuan dan praktik lengkap seputar perawatan bayi seperti manajemen laktasi, memandikan bayi, hingga pemberian makanan pendamping ASI. Saya yang merupakan salah satu orang tua “lumayan” baru ini mendapat banyak sekali ilmu yang sayang banget kalo saya simpen sendiri. Jadi sebaiknya saya share disini aja. Setuju gak ?

All About Breastfeeding


Breastfeeding atau menyusui menjadi keasikan tersendiri bagi para ibu baru. Ada sejuta manfaat serta polemik yang dihadapi oleh para ibu baru, makanya bahasan soal asI ini gak pernah basi untuk dibahas lagi dan lagi. Tau gak sih moms, ternyata hampir 60 persen ibu menyusui berhenti menyusui lebih awal dari yang mereka inginkan karena adanya masalah masalah seputar menyusui yang tidak berhasil mereka pecahkan.

Pada saat ibu siap hamil, dokter akan menjelaskan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan bayi yang dimulai dari saat mereka ada didalam perut kita. Nutrisi yang kita sediakan didalam perut akan membuat janin tumbuh hingga siap lahir. Ketika mereka sudah lahir ke dunia, nutrisi yang didapat di dalam perut itu tidak lagi cukup baginya, sehingga dia membutuhkan makanan pertamanya yang disebut ASI. Air Susu Ibu ini adalah yang terbaik baginya karena beberapa alasan berikut,

  1. ASI dapat mempertebal imun atau antibodi bayi kita
  2. ASI memiliki gizi yang tepat dan lengkap serta mudah dicerna oleh lambung bayi
  3. ASI membantu ibu menyesuaikan diri dengan bayi dan menciptakan bounding diantara keduanya
  4. Ibu yang memberi bayinya ASI akan lebih cepat menemukan berat badan idealnya, hal ini karena menyusui dapat membakar kalori yang setara dengan olahraga lari atau berenang.
  5. Menyusui juga membantu rahim kembali ke ukuran normal usai melahirkan, hal ini juga membantu menghentikan pendarahan pasca melahirkan
  6. Anak ASI memiliki IQ yang lebih tinggi ketimbang anak yang tidak diberi ASI.


Nah, meski manfaatnya banyak, masalah persusuan ini pun beragam. Beberapa diantaranya ini saya rangkum berdasarkan penjelasan Dokter Melanie Yudiana Iskandar, SpA

ASI SERET


Ketahui lah moms, sebagian dari ibu didunia pernah mengalami masalah ini. Asi seret, asi kering, asi sedikit adalah segelintir alasan mengapa para ibu kemudian tidak mampu dan tidak mau menyusui anaknya. Padahal nih, gak ada lho yang namanya ASI seret, Cius!!

Lambung bayi baru lahir adalah sebesar kelereng, kalau dikonversikan ke ukuran mili liter itu hanya sekitar 5-7 ml. Tapi kadang ibu yang baru aja melahirkan bayinya sudah panik kalau kalau gak berhasil menyusui anaknya dengan dalih asinya gak keluar. Dulu waktu lahiran Abhirama saya juga sempet panik karna asi gak mengalir lancar, sampe stress karna keluarga udah nakut nakutin anak kita kuning karena gak disusuin, endingnya malah kena sufor.

Padahal ternyata, bayi baru lahir aman kok kalo masih kuning, karena bayi baru lahir itu perlu proses memecah sel darah putihnya. Ini nih salah satu pentingnya para calon orang tua ikut parenting class biar gak kaget sama masalah seperti ini. Dan kalo ASI belum keluar maksimal, jangan panik. Kalo panik dan stress, hormon prolaktinnya berkurang, padahal hormon ini berfungsi memicu aktifnya pabrik ASI.
Cara lain membuat ASI deras adalah dengan rajin menyusui atau memerah minimal 2 jam sekali. ASI itu memiliki prinsip supply by demand. Jadi semakin banyak asi yang keluar akan semakin banyak asi yang di produksi.

PUTING LECET/PUTING DATAR


Jujur saya pernah ngalamin yang beginian, apalagi pas abhi tumbuh gigi. Duh, ngilu rasanya! Tapi nyatanya rasa sakit yang saya dapatkan itu akibat salahnya perlekatan saat menyusui. Perlekatan yang benar adalah dagu sejajar dengan payudara ibu, perut bayi menempel dengan perut ibu dan aerola masuk ke dalam mulut bayi. Fyi, aerola ini lingkaran hitam yang menyelimuti puting ya moms.

Kalu aerola kita besar atau lebar, gak usah dipaksain masuk semua ke mulut bayi, yang penting bagian bawah dari aerola itu masuk sempurna, karena berdasarkan anatomi payudara kita, bagian bawah aerola itu merupakan gudang penyimpanan ASI.

Kalo perlekatan salah, maka lidah bayi yang seharusnya mendorong aerola akhirnya malah mendorong atau menghisap puting. Inilah yang kemudian membuat puting kita lecet dan sakit ketika menyusui.

Oh iya, seperti yang saya sebutkan tadi soal perlekatan, kan bayi menghisap aerola jadi ga ada hubungannya sama puting. Jadi kalau putingnya masuk atau datar ga perlu khawatir gak bisa menyusui ya, selama payudaranya ada bolongan buat keluar ASInya insyaallah bisa kok nyusuin. Hehehe. Lagipula sekarang banyak kok alat dokter untuk membantu agar putingnya bisa timbul, seperti dengan spluit, dan lainnya.

IBU BEKERJA VS ASI

peralatan tempur ibu bekerja
Kata ibu saya, wanita itu urusannya Cuma macak, manak dan masak. Jadi gak ada dalam kamus wanita itu bekerja diluar rumah, eitsss, itu dulu loh DULU!! Sekarang sih wanita sudah mendapat hak yang sama dengan para pria, salah satunya dalam hal mencari nafkah. Tapi masalahnya, karena bekerja dluar rumah para ibu baru jadi kelimpungan masalah menyusui. Pilihan terbaiknya adalah memerah ASI.

Waktu terbaik untuk memerah asi bagi ibu bekerja adalah sebulan sebelum ibu bekerja kembali ke kantor. Ibu bisa memerah dengan tangan (mermet) atau dengan menggunakan alat pompa ASI, buat yang waktu banyak sih gak maslah buat mermet, tapi kalo yang waktunya terbatas bahkan gak punya waktu pilihannya ya pompa ASI.


Dipasaran, ada banyak sekali merk pompa ASI, dari yang low grade hingga premium. Seperti kata pepatah, harga gak mungkin bohong, kenyamanan menggunakan pompa ASI terletak pada desain dari bantalan corongnya serta grip atau tarikan dari pompa itu sendiri. Pompa ASI yang didesain sesuai dengan anatomi payudara mampu memerah asi lebih baik dibanding dengan yang tidak. Selain itu, pompa asi yang salah sering melukai payudara karna tarikannya tidak sesuai dengan kenyamanan kita. Ada avent natural breastpump, salah satu produk dari Philips Avent yang dipercaya oleh para ibu sebagai pompa ASI kesayangan mereka. Selain memenuhi kedua syarat tadi, pompa asi dari avent ini BPA free dan non paraben sehingga aman digunakan.

Selain pompa ASI, masih banyak lagi peralatan tempur bagi para ibu untuk menunjang aktifitasnya merawat bayi, seperti botol ASI, Blender and steamer, Sterilizer bottle, dan lainnya. Philips Avent selalu berkomitmen untuk mendukung dan membantu para orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Salah satu bentuk dari komitmen tersebut adalah dengan diadakannya Avent New Parents Class ini. Seperti yang dituturkan oleh Erik van Houten selaku Marketing Director Philips Personal Health Indonesia.

Mr. Erik

Pria yang baru saja mendapatkan seorang bayi perempuan ini sangat senang bisa berbagi informasi dengan para orang tua serta menghadirkan pakar dibidangnya guna mengatasi kegelisahan para orang tua baru. Program ini tidak hanya digelar di rumah sakit Bunda menteng saja, tetapi juga bekerjasama dengan rumah sakit Ibu dan Anak diantaranya RS Siloam, RS National, RS Dua-dua, RS Flores, RS Husada, RS Aaliyah, RS Tamba, RS Hermina Jatinegara, RS Hermina Bekasi, RS Hermina Depok, RS Hermina Bogor


Read More

Minggu, 25 September 2016

Cerelac, Pilihan MPASI Lengkap yang Berusia 150 Tahun


Inget susu cjap nona ga ? anak 80’an dan 90’an pasti inget dong ya, susu ini salah satu yang hitz dijaman tersebut. Susu kental manis dengan logo wanita membawa ember susu di kepalanya ini merupakan salah satu produk Nestle loh gaes.

Pada kamis, 22 September 2016 lalu saya dan rekan rekan blogger perwakilan dari Kumpulan Emak Blogger diundang mengunjungi pabrik Nestle yang berada di Karawang. Nestle telah memproduksi lebih dari 70 ribu produk salah satunya adalah Susu Cjap Nona ini.

Sebetulnya saya sih gak mau bahas susu Cjap Nona ini, sebab sekarang sudah banyak banget produk yang dimiliki Nestle yang ada di Indonesia, apalagi saat ini produk yang menjadi cikal bakal dari Nestle yakni Cerelac telah berulangtahun yang ke 150 tahun. Walah udah tua banget ya, kira kira 6 kalinya usia saya ya. Hihihi.

pabrik Nestle yang bersih banget

Kedatangan kami ke pabrik Nestle di Karawang ini berhubungan erat dengan ulang tahun Cerelac yang ke 150 tahun dimana kami diajak flashback tentang Nestle yang diawali dengan produk Cerelac ini dengan harapan kami bisa lebih mengenal produk produk dari Henri Nestle.

Sejarah  Cerelac


Berat yak judulnya, tapi beneran deh, sejarah yang mau saya jabarin gak setebel yang dihalaman buku sejarah jaman kita SMA. Hehehe.  Jadi pada tahun 1860 ada seorang imigran jerman tinggal di Swiss tepatnya di kota Vevey, namanya Henri Nestle. Pak Henri ini prihatin terhadap tingginya kematian bayi yang diakibatkan oleh malnutrisi, maka kemudian beliau melakukan penelitian untuk menciptakan sereal untuk bayi agar cukup gizi serta praktis bagi para orang tua pada masa itu. Penelitiannya dilakukan selama tujuh tahun hingga akhirnya di tahun 1867 pak Henri meluncurkan sebuah produk sereal makanan bayi yang diberi nama Farine Lactee.

penampilan cikal bakal cerelac, ferine lactee

Penelitian tidak berhenti disitu saja loh, Pak Henri terus mengembangkan bahan bahan terbaik dari swiss ini sehingga pada tahun 1949 meluncurlah produk Cerelac yang kini sudah berusia 150 tahun ini. Oh iya, pada saat bernama Farine Lactee itu bapak henri menggunakan logo sangkar burung berisi 3 anak burung sesuai dengan namanya Nestle yang berarti sangkar burung. Namun seiring perkembangan jaman kini anak burungnya hanya tersisa dua saja, ini sejalan dengan masyarakat modern yang memiliki dua anak.

pendiri Nestle, Henri Nestle

Seiring waktu berjalan, Nestle banyak mengakuisisi berbagai perusahaan sehingga banyak produk yang diproduksi, namun perusahaan ini tetap memegang teguh kualitas bahan dari produknya.

bagian lain pabrik Nestle

Di Indonesia sendiri, Nestle masuk di tahun 1973, pabrik pertamanya berada di Jawa Timur, lalu seiring waktu pabrik pabrik lainnya hadir sehingga kini ada total 4 pabrik yang dimiliki di Indonesia, selain karawang, ada pabrik di Pasuruan, di Lampung dan di Cikupa.

Kenapa Cerelac ?


Hayo buat emak emak nih, kenapa coba pilih cerelac ? Karna murah, praktis, dan bergizi lengkap! Iya gak ?

Sebetulnya, saya ingin sekali meyakinkan para ibu agar terus memberikan Cerelac sebagai M-PASI anak anak kita. Tapi kayaknya berkesan nge’dagang’in banget ya, makanya saya Cuma mau sharing aja deh kenapa Cerelac merupakan produk MPASI yang terbaik.

ini dia manfaat yang didapat dari cerelac

Makanan terbaik dari bayi yang baru lahir adalah ASI. 0 hingga 6 bulan pertamanya ASI lah yang mencukupi semua kebutuhannya, namun ketika 6 bulan sudah berlalu, maka bayi kita membutuhkan gizi tambahan yang bisa ia dapatkan melalui makanan tambahan atau MPASI.

ini dia kebutuhan harian bayi kita

Fakta yang ada ternyata kebutuhan bayi lebih besar dari jumlah makanan yang bisa diterima lambungnya, karna lambung mereka hanya sebesar kepalan tangan saja. Nah lho, bingung kan ? padahal setiap harinya mereka membutuhkan zat besi dari dua potong kecil daging sapi, zink dari 60 gr labu kuning, vitamin A dari 2.5 sendok bayam, kalsium dari 5/4 gelas susu sapi, dan vitamin c dari ½ buah mangga. Hayo kalo semua itu diramu bisa gak tuh diabisin sama bayi kita ?

setelah 6 bulan, asi tak lagi cukup memenuhi kebutuhan bayi

Solusinya adalah mencari makanan pendamping asi yang gizinya sudah lengkap dan mudah dicerna oleh lambung bayi kita tentunya. Maka dari itu, Cerelac yang dibuat tanpa tambahan bahan pengawet ini melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil yang terdiri dari makronutisi dan mikronutrisi diantaranya Karbohidrat, protein, lemak, vitamin A,B,C,E,D, dan K, zat besi, kalsium, zink dan yodium.

Oh iya, pada tahun 1981 WHO mengadopsi Kode WHO yang mana mereka mengatur tentang standart MPASI dan Nestle menjadi perusahaan yang pertama yang menerapkannya pada perusahaan mereka di seluruh dunia.

Sebagai satu cikal bakal dari Nestle, Cerelac tidak pernah bermain main dengan kualitas produknya, hanya bahan bahan berkualitas dari petani petani lokal yang mengedepankan ABC ( Asli, Bersih, Cepat) yang mereka pilih sebagai pemasok bahan baku, pun mereka tidak memiliki peternakan maupun pertanian sendiri sebab Nestle ingin bahan bakunya tidak asal salan dan dberikan oleh petani petani terbaik yang ada di lingkungan mereka.

Buat yang masih penasaran dengan perkembangan cerelac dari masa ke masa bisa cek disini yaa.


Read More

Rabu, 14 September 2016

Perhatikan Tips Berikut Saat Membangun Rumah


Bagi saya yang seorang pengangguran, rumah adalah istana yang tak terhingga. Bisa gegoleran nyaman di lantai dengan mainan Abhirama yang berhamburan aja rasanya udah superb! Makanya dulu awal nikah cita cita saya adalah punya rumah, yang kedua liburan yang ketiga adala mobil.*hedonis detected*

Sekarang alhamdulillah udah berhasil mencicil dan membangun rumah sendiri, meski lokasinya jauh dari peradaban agak jauh dari jakarta. Hehehe. Maka dari itu saya ingin membuatnya nyaman senyaman nyamannya.

Selama ini, banyak banget kesalahan yang saya lakukan terutama saat mendesain rumah ini, tak mau hal tersebut terjadi maka saya memberi sedikit tips ala saya buat para pembaca yang mungkin membutuhkannya.

  1. 1.     Gunakan tenaga yang berpengalaman



Tau peribahasa keledai tidak jatuh dilubang yang sama ga ? kayaknya sih saya lebih dungu dari keledai deh, abisan saya udah 3x salah pilih tukang buat bangun rumah. Iya serius, jadi tuh saya pikir pakai tukang yang dikenal secara pribadi itu menguntungkan karna murah, namun yang terjadi malah saya rugi total! Beneran rugi banget akibat tukang yang saya kenal ini bekerja asal asalan dengan alasan “saudara ini”. Dan kejadian itu terjadi 2x dengan tersangka yang berbeda. Gemezzzzz! Akhirnya suami saya yang ambil alih, dan karna kami sama sama sibuk cari duit, ujung ujungnya malah ga ke kontrol dan tukangnya nipu kita. Alamakkk!!!

Milih tukang itu sama kaya milih jodoh deh kayaknya, harus JELAS bibit bebet bobotnya, harus liat sendiri hasil pengerjaannya, dan jangan Cuma denger kata si A,B, atau C.

  1. 2.     Persiapkan Dana Tak terduga

Nah jadi kemarin itu saya dikejar sama keinginan untuk membuktikan kalo saya mampu punya rumah setelah di cela Cuma bisa numpang sama salah seorang saudara manusia yang rese banget! Akibatnya rencana yang disusun belum matang, begitu ada kejadian tak terduga seperti pergantian tukang ( yang bikin biayanya jadi lebih mahal), dan itu bener bener ga kepikiran. Ujung ujungnya diselesaikan dengan bahan low grade yang bikin ngenes liat hasilnya.

  1. 3.     Persiapkan furniture serta penataannya

Nah ini juga penting loh. Kalo dananya terbatas minimal ada bayangan furniture apa yang mau dibeli, jadi ruangannya bisa disesuaikan. Gak malah entar jadi bongkar ruangan lagi karna furniture yang udah kita beli gak sesuai sama ukurannya. Kejadian sama saya kemarin, mesin cuci saya kegedean, akhirnya terpaksa beli mesin cuci yang kecilan biar muat, daripada kamar mandinya di jebol lagi. Huuhuhuhu

Selain furniture yang besar, saya juga sangat memikirkan soal pajangan, baik itu pajangan berupa mini figure, maupun yang berupa foto dan gambar. Saya selalu ingin setiap saya masuk keruangan dirumah saya bakal menemukan sesuatu, baik berupa kenangan, motivasi atau apapun itu.


Kalau pajangan di dinding, sekarang saya suka menempelkan wallsticker atau quote yang ditulis dengan cantik. Syukurnya saya punya kenalan bernama Winda Krisnadefa. Dese ini sebenernya seorang penulis dan juga blogger, beberapa waktu belakangan saya suka melihat tulisan tangannya atau yang sering kita sebut lettering bersliweran di timeline Facebook. Beliau dan juga rekannya Tanti Amalia suka sekali bikin tulisan dan gambar yang membuat saya pengen mengoleksinya.

emak gaaoel aka winda krisnadefa

Eh pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya saya memberanikan diri bernegosiasi untuk membeli satu buah karyanya setelah melihat salah satu postingan foto letteringnya. Emak bekasi yang gaoel ini cukup sabar nanggepin saya yang telmi soal pake pigura dan engga pake pigura, belom lagi soal milih quote yang pas dan sreg dihati. Setelah proses yang alot akhirnya pesanan saya dikerjakan. Bah! Menyenangkan banget bisa pesen lettering ke doi, secara saya itu orangnya gk gampang puas banget, tapi pas liat hasilnya langsung mingkem. Sukaaakkk!

mau pesen tinggal chat aja!

Pas nyampe aku malah bingung mau dipajang dimana, berharap bisa difotocopy trus diletakkan disetiap ruangan biar semua orang bisa liat. Hahahaha. Buat kalian yang butuh lettering, bisa langsung pesen ke Mak Winda, custom segala bentuk dan macamnya, recokin aja, orangnya asik kok. Di Facebooknya juga ada album berisi macam macam lettering yang dia buat. Pssst! Gambar di dinding atau kaca juga bisa loh doi, aku pengen tapi takut gak sanggup bayar feenya. Ahhahah.

lettering karya Beliau

Rumahnya juga sering jadi tempat workshop lettering buat anak anak, jadi buat orang tua yang anaknya punya bakat lettering dan mau dikembangkan bisa juga langsung kontak Beliau

ini pesenanku. bagus kaan !!

Aku cantumin sosmednya yaa, yang berminat bisa langsung kesana. Okehh!!

twitter / instagram : emakgaoel
fb : Winda Krisnadefa
email : windafitriani48@gmail.com
Read More

Rabu, 07 September 2016

10 Adab dan Sunnah di Hari raya Idul Adha


Sebentar lagi hari raya Idul Adha akan dirayakan oleh umat islam di seluruh belahan dunia. Idul Adha juga dikenal sebagai hari raya qurban karena pada hari raya tersebut umat muslim yang mampu diharuskan menyembelih hewan qurban. Hewan Qurban yang disembelih bias berupa domba, kambing, sapi dan unta.

Daging hewan qurban yang sudah di sembelih kemudian diberikan kepada orang yang membutuhkan. Perayaan Hari Raya Idul Fitri ini memiliki banyak ibadah Sunnah yang bias dikerjakan. Jadi, sebelum memasuki hari raya Idul Adha ada baiknya untuk mengetahui Sunnah Hari Raya Idul Adha agar Idul Adha ditahun 2016 ini, Anda bisa mengerjakan ibadah Sunnah tersebut. Simak ibadah Sunnah di Hari Raya Idul Adha berikut ini:

  • Takbiran

Sama seperti hari raya Idul Fitri, pada perayaan Idul Adha umat islam juga menyerukan nama-nama kebesaran Allah dengan cara bertakbir. Saat Idul Adha nanti, disunnahkan untuk bertakbir setelah subuh tanggal 9 Dzulhijjah hingga Ashar tanggal 13 Dzulhijjah.  Anda bias bertakbir dimana saja dan kapan saja.

  • Mandi sebelum sholat Ied

Sebelum berangkat sholat Ied disunnahkan untuk membersihkan diri dengan mandi. Umat Islam disunnahkan mandi besar sebelum sholat Ied dengan cara membaca niat mandi Sunnah Idul Adha.

  • Memakai pakaian terbaik

Umat Islam disunnahkan untuk memakai pakaian terbaiknya saat shalat Ied, yakni dengan memakai pakaian yang paling cocok dan bagus untuk sholat. Hal ini diperkuat dengan Ali bin Abu Thalib yang berkata ‘ Rasulullah memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik kami pada dua hari raya.'

  • Memakai wewangian atau minyak wangi 

Tak hanya disunnahkan untuk memakai pakaian terbaik, umat Islam juga disunnahkan untuk memakai minyak wangi saat menghadiri sholat Idul Adha.

  • Makan setelah sholat Ied

Berbeda dengan hari raya Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum sholat Ied, pada sholat Idul Fitri disunnahkan untuk makan setelah menunaikan sholat Ied.

  • Berangkat Sholat Ied Lebih Awal 

Umat muslim disunnahkan untuk berangkat sholat Ied lebih awal pada Idul Adha. Anda bisa berangkat setelah menunaikan solat subuh atau beberapa waktu setelah itu.

  • Menempuh jalan yang berbeda saat pergi dan pulang sholat Ied

Saat Anda melalui suatu jalan saat akan berangkat kelapangan untuk sholat Ied, ada baiknya Anda menjalankan salah satu Sunnah Idul Adha dengan pulang menggunakan jalan lain.

  • Jalan kaki menuju solat Idul Adha 

Jika memungkinkan, Anda bias bejalan kaki ketempat sholat karena berjalan kaki ketempat solat Idul Adha adalah Sunnah Idul Adha.

  • Mengajak serta para wanita dan anak-anak

Idul Adha dilaksanakan satu tahun sekali dan merupakan hari kebesaran bagi umat Islam. Jadi tak ada salahnya untuk mengajak keluarga, istri dan anak ketempat sholat Ied. Bagi wanita yang menstruasi, bias dating ketempat sholat Ied, tetapi tidak melakukan sholat Ied melainkan hanya mendengarkan khutbah yang diberikan.

  • Menyembelih hewan Qurban

Sunnah ini khusus pada Idul Adha dan tidak ada di waktu lain. Umat Islam yang dianggap mampu wajib menyembelih hewan qurban pada Idul Adha (tanggal 10 Dzulhijjah) dan pada hari tasyriq (11-13 Dzulhijjah).
Beli Hewan Qurban di Bukalapak

Mau beli hewan Qurban secara aman dan praktis? Beli di Bukalapak aja! Bukalapak menjual hewan qurban murah seperti kambing, domba, sapi dan unta. Hewan Qurban 2016 yang dijual di Bukalapak adalah hewan qurban murah dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Bukalapak berkolaborasi dengan ACT dan Global Qurban akan mendistribusikan hewan qurban Anda ketempat-tempat yang membutuhkan seperti, Papua, Palestina, Libanon dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang berqurban dengan membeli hewan qurban di Bukalapak, Anda akan mendapatkan sertifikat PengQurban 2016 dan laporan hewan qurban Anda sebelum dan sesudah disembelih. Jadi tunggu apalagi? Mau beli hewan qurban murah dengan praktis dana mana? Beli hewan qurban sekarang juga di Bukalapak!
Read More
Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.