Senin, 18 Januari 2016

Menikmati Manfaat Kelapa Pada Tomyam Kelapa

tomyam kelapa

Beberapa hari belakangan ini cuaca lagi ga bersahabat ya, jam 9 siang matahari udah panas banget, eh giliran jam 12 malah hujan. Cucian gak kering, mau pergi cari duit juga ga bisa alhasil stress karna rekening tabungan jadi makin menyusut. *Curhat banget* hihihi


Biasanya kalo stress itu saya jadi lemes, males makan, males minum, dan males mandi juga. Huhu. Kalo udah gitu biasanya suami saya tuh yang langsung cuss beli kelapa ijo, isinya dikerok campur airnya trus dikasih madu. setelah itu badan yang tadinya lesu langsung bergairah, makin semangat lagi kalo abis minum kelapa ijo terus diajak belanja sama suami. Hehehe

Tapi udah pada tau kan ya kalo kelapa ijo punya segudang manfaat bagi tubuh ? Apa aja hayo ?


  • 1.   Mengembalikan energi tubuh

a.   Air kelapa ijo kaya akan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit yang sama dengan elektolit tubuh sehingga dengan begitu mengembalikan energi tubuh pasca dehidrasi

  • 2.   Menetralisir racun dalam tubuh

a.   Air kelapa mampu melancarkan air seni serta membersihkan saluran kemih karena memiliki fungsi sebagai diuretik natural yang steril. Ini sebabnya racun dalam tubuh dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan baik

  • 3.   Mendukung fungi sistem imun

a.   Air kelapa mengandung asam lauric sama dengan yang terkandung pada air susu ibu, dan memiliki karakteristik anti jamur, anti bakteri, dan anti virus yang sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebetulnya masih banyak khasiat lainnya, tapi saya belum pernah menerapkannya di kehidupan sehari hari, jadi kalo kamu tau manfaat lainnya bisa banget ditambahin yaa!

Oh iya, saya yakin pas bahas kelapa ijo pasti imajinasinya udah bergerilya pada segelas es degan kan yaa ? Ada gak yang ngebayangin makanan ? Iya MAKANAN ? Ga ada ya ?

Ih padahal ada lho makanan yang mengkombinasikan kelapa ijo beserta airnya.  Makanan unik ini ada di tangerang sist, tepatnya di Tangerang Selatan namanya TOMYAM KELAPA SAUNG IBU.
 
masih anget nih tomyamnya


Pertama kali denger sih saya agak bingung, tomyam itu kan makanan Thailand yang rasanya agak asam segar, sementara kelapa kan manis dan cenderung sepat. Apa enak kalo dikolaborasikan ?

Daripada penasaran akhirnya saya pesen aja deh via Go Food, salah satu fitur yang disediakan oleh Go Jek.  Then 1 jam kemudian sebongkah kelapa yang di wraping rapih sudah nangkring manis di atas meja. Ulala... Mari kita cicipin *acungkan sendok*



Pertama kali membuka batok kelapanya, mata saya langsung tertuju pada kuah tomyam yang kental dan penuh rempah. Aha! Baru kali ini saya menemukan tomyam yang begitu Indonesia, selama ini kalo makan tomyam tuh pasti kuahnya agak bening dan kekurangan rempah. Tapi entahlah bagaimana rasa tomyam di negeri asalnya, semoga saya dapet kesempatan nyicipin di Thailand suatu saat nanti, aamiin *teriak pake toa*
         


Pas diubek ubek saya menemukan udang, baso sapi, baso ikan, jamur shintake, ayam, cumi, dan beberapa bahan lain yang tidak sempat di deskripsikan. *abis enak sih* oh iya, saya juga menemukan sereh dan daun jeruk, kedua bahan ini berhasil mengalihkan bau amis seafood.

tomyam kelapa saung ibu
isi tomyam spesial
Bisa dibilang ini tomyam terenak yang pernah saya makan, terlepas dari dukungan dari suasana gerimis dan perut yang lapar. Hehe. Oh iya, tau gak kamu kalau ternyata kelapa ijo ini memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan HDL karena tidak memiliki lemak.
dia merampas segalanya :(
Saya sampai harus rebutan dengan suami karna satu porsi ternyata kurang buat kami. Insyaallah bulan depan mau langsung datengin tempatnya ahh, katanya sih selain menu yang saya pesan ini masih banyak menu lain seperti kwetiaw kungpao, bandeng tanpa duri berbagai rasa, dan nasi goreng.
 
go food
pilih menu


Oh iya, buat kamu yang penasaran bisa langsung datang ketempatnya atau pesan via Go Food. Untuk harganya sendiri berkisar antara 4 ribu hingga 40 ribu, jadi cukup terjangkau buat kamu yang kantongnya suka bolong di pertengahan bulan macem saya. hehehe

TOMYAM KELAPA SAUNG IBU

Jl. Sulawesi Raya Rt 08/11
Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan
Banten 15414

17 komentar:

  1. baru tahu saya apa itu tomyam....dilihat sepintas kayaknya horror ya..bentuknya itu :D

    BalasHapus
  2. Wah nambah pengetahuan manfaat kelapa muda nih...

    BalasHapus
  3. Hihihi enak nih( liat foto ayah yang merampas segalanya).Jadi ngiler saiya

    BalasHapus
  4. Hihihi enak nih( liat foto ayah yang merampas segalanya).Jadi ngiler saiya

    BalasHapus
  5. Hanya ada di Banten ni mbak Windah? Wee nggak jadi pengin kalo gitu :)

    BalasHapus
  6. Tom Yam nya aja sih sering icip icip HIheiiehe.

    BalasHapus
  7. Jadi pengen nyobain nih mbk hehe

    BalasHapus
  8. waaaahh andaikan ada di Surabaya... suka banget ama Tomyam :)

    BalasHapus
  9. aiiih, foto2 sama narasinya bikin ngiler siang2 begini :)
    secara, seumur2 saya belom pernah makan tomyam kepala...

    *kapan2 deh siap wisata kuliner

    BalasHapus
  10. Idenya kreatif ya, Tomyamnya dimasukin ke dalam kelapa.

    BalasHapus
  11. huahhhh mau atuh tomyam kelapanya, maknyus banget inih pastinya

    BalasHapus
  12. Go food mau nganterin sampe jogja nggak yaa?
    Hahahaha :v
    *lalu ditabok helm*

    BalasHapus
  13. Ke Saung Ibu lah,biar gak rebutan...hahaaa, enak ya.

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.