Jumat, 03 Maret 2017

Wisata Belanja : Dari Belajar Batik, Hingga Belanja Asyik


"Mau batik Jogja gak ? Katanya yang biasa dipake sama raja" bisik tetangga sembari mengeluarkan kresek hitam dari jok motornya. Saya bergeming sejenak, mengamati tetangga saya tersebut mengeluarkan setumpuk kain dari kresek tersebut. Dahi saya mengernyit bingung.

" Ini mah bukan batik jogja bu, ini batik Solo. Lagi pula yang dipakai raja batik yang dibuat oleh tangan, bukan yang di print." ujar saya sembari membolak balik salah satu kain batik yang dia claim dari Jogja tersebut sementara tetangga saya melongo bingung.

"Tapi kata pedagang tempat saya kulakan ini asli loh mbak, bukan print" wajah tetangga saya sudah pucat pasi, sepertinya dia ditipu oleh penjualnya.

Huffft, saya cuma bisa mesem antara kasian dan sedih. Sedih ternyata masih banyak yang belum kenal sama warisan budayanya, dan sedih sama penjual yang bisa bisanya nipu begini. Sebetulnya saya sendiri gak paham paham banget soal batik, ini semua karena minggu 26 Februari kemarin saya menghadiri acara Wisata Belanja yang kebetulan salah satu agendanya adalah berkeliling museum tekstil untuk mengenal lebih dekat dengan kain nusantara yakni batik dan tenun.

Seperti yang kita tahu, sejak tahun 2009 UNESCO telah menetapkan bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan. Sejak saat itu semua daerah berusaha menciptakan batik batik baru dari daerahnya sebagai kecintaannya terhadap batik.

Meski kian banyak corak dan motif batik yang ada namun motif utama dari batik digolongkan menjadi 2 yakni batik Pesisir dan batik Klasik. Batik pesisir biasanya dijumpai didaerah pesisir jawa dan luar jawa dengan corak serta warna kain yang mengimitasi alam laut seperti tumbuhan, ikan dan pasir. Uniknya dengan batik pesisir ini, meskipun banyak wilayah luar jawa yang membuat batik namun sejatinya pengrajin pengrajin ini berasal dari pulau jawa yang biasanya merantau atau dibawa oleh peminat batik didaerahnya.

Perbedaan warna mencolok antara jogja dan solo

Berbeda dengan batik pesisir, batik klasik lebih sering kita jumpai di kota Jogja dan Solo dimana sejarah batik ini berasal. Lucunya, masyarakat Indonesia sering sekali tertukar mengenali batik asli Solo dengan batik asli Jogja seperti kasus saya tadi. Cara membedakannya cukup mudah yakni warna sogan-nya, apa itu sogan ? Sogan adalah warna coklat pada kain batik. Sogan yang ada pada batik Solo berwarna lebih gelap ketimbang yang ada pada batik Jogja. Pun warna dasar pada kain batik solo yakni warna gelap seperti coklat, hitam, sementara pada batik Jogja menggunakan kain warna putih.

Ki-ka : Fany (volunteer), ibu Ari (Musem Tekstil), Ibu Astri (Kriya Indonesia)

Kalau masih bingung, ada baiknya langsung mengunjungi museum tekstil yang berada di jalan K.S Tubun ini. Lokasi museum sangat dekat dengan pusat jual beli tekstil di Jakarta Pusat yakni tanah abang. Bangunan yang pernah menjadi rumah warga negara perancis pada abad 19 ini merupakan cagar budaya yang dikelola oleh Pemda DKI dan memiliki koleksi kain baik batik, tenun, serta kain yang tidak dibatik dan ditenun lebih dari 2700 buah. Selain bisa mempelajari kain kain dari berbagai kota yang ada di Indonesia, kita juga bisa langsung praktek membatik yang mana bisa dilakukan secara gratis di pendopo disamping bangunan utama museum.


Batik dan Pengaruh Negara Lain


Kebayang gak sih gimana rasanya mempelajari 2000 kain batik ? Sangat sulit pastinya! Namun dengan datang ke museum ini setidaknya kita jadi tau seperti apa corak batik dari berbagai daerah dan dari mana pengaruh itu datang. Misalnya saja kain batik dari Pekalongan yang terpengaruh oleh Bangsa Belanda dimana motifnya jadi kuat oleh bunga bunga, baik itu bunga lokal ataupun bunga yang berasal dari luar negeri. Selain motif, batik pekalongan juga memiliki warna warna terang serta cerah seperti warna bebungaan pada umumnya. Hal ini berbeda dengan Batik Lasem yang dipengaruhi oleh China dimana warna batiknya mengadopsi warna keramik yakni merah, putih dan biru. Motif batik lasem juga kental unsur china yakni corak naga.

Batik Cirebon Paksi Naga Liman

Selain Lasem, batik cirebon juga mendapat pengaruh dari China, hal ini bisa dilihat dari motif batiknya yang bercorak naga. Yang unik dari batik cirebon adalah tidak hanya mengadopsi motif China saja, namun juga memasukkan unsur agama didalamnya. Batik cirebon yang sangat terkenal akan unsur perpaduan agama adalah Paksi Naga liman, dimana batik ini menggambarkan hewan yang merupakan hewan hewan yang berkaitan dengan 5 agama seperti buraq, gajah, naga dan yang lainnya.

Batik dan kegunaannya


Kita patut bersyukur karna sebagai rakyat Indonesia kita dianugrahi satu kebudayaan yang beragam jenisnya, meski namanya sama sama batik, namun kain batik tak melulu dijadikan sebagai sandang. Misalnya saja Slogrok, kain batik ini digunakan sebagai penutup jenasah di daerah cirebon sana. Sama seperti Slogrok, KawungFwa yang merupakan batik dengan motif tertua di Indonesia juga digunakan sebagai penutup jenasah bagi masyarakat Jogja.

Motif batik kawung

Ada batik pagi sore, dimana batik ini menyimpan cerita sejarah jaman penjajahan Jepang. Kala itu, bahan kain untuk pembuatan batik dinegara kita disupply dari luar Negeri dan tiba tiba saja Belanda membatasi impor kain tersebut ke Indonesia. Pabrik kain banyak yang gulung tikar sehingga banyak masyarakay yang kesulitan kain batik hingga akhirnya pemerintah jepang memberikan ide bahwa kain batik dibuat dengan dua motif berbeda dimana salah satunya bisa digunakan bergantian di pagi dan sore hari. Tak akan ada yang tahu bahwa kain tersebut merupakan satu kain yang sama yang digunakan seharian karna motif dan warnanya yang berbeda.

Batik dan pembuatannya.


Seperti yang kita tahu bahwa batik pernah di klaim oleh negara tetangga, hal ini tentu tak lepas dari keunikan yang dimiliki oleh kain kita ini. Batik tak mudah untuk ditiru terlebih jika itu adalah batik Gentong atau Gentongan. Batik Gentongan adalah Batik khas pulau keluarga besar ayah saya yakni Madura.

Batik madura koleksi museum tekstil

Uniknya dari batik ini terletak pada pewarnaan batiknya yang dilakukan dengan memasukkan kain kedalam gentong dan ditimbun didalam tanah. Para pengrajin batik ini tak akan memberi tahu apa ramuan yang digunakan dalam pewarnaan ini meskipun kamu ngaku orang madura asli. Karena hanya keturunan pengrajinlah yang akan diberi ilmu tentang batik gentong ini. Belum lagi proses pewarnaan ini akan berlangsung selama 3 bulan setelah itu warna batik akan muncul. Sulitnya proses serta terbatasnya pengrajin membuat batik gentongan menjadi salah satu batik yang bernilai fantastis.

Bukan hanya Madura, Tuban juga memiliki Batik yang unik. Bedanya dengan gentongan, batik tuban bernama batik Gedog. Yang unik dari batik Gedog adalah batik ini dilukis diatas kain tenun, bukan kain mori seperti batik pada umumnya.

Batik Gedog khas Tuban

Di Tuban, terdapat satu desa bernama desa kerek dimana desa tersebut dibagi menjadi beberapa wilayah yang tiap wilayahnya memiliki tugas masing masing. Satu wilayah ditugaskan menanam kapas sementara wilayah lain bertugas memintal benang, ada juga wilayah dari desa ini yang ditugaskan membuat pewarna kain dari bahan bahan alami seperti akar mengkudu, akar manggis dan dedaunan lainnya.

Menenun dan membatik pun dilakukan oleh anggota desa ini sendiri. Tidak jeran jika batik gedog ini harganya juga terbilang mahal sekali.

Cara merawat kain batik


Setelah kita tahu bahwa batik sangatlah berharga dan bernilai bagi kita maka ada baiknya kita mulai merawat kain batik yang kita miliki di rumah. Kain batik biasanya mudah lapuk, terlebih jika kain itu sudah uzur. Penting untuk kita meletakkan kain batik di ruangan yang suhunya seimbang, tidak terlalu kering dan tidak juga terlalu lembab. Selain itu kita perlu mengalasi kain dengan kertas anti asam yang mencegah terjadinya pelapukan.

Diangin anginkan tanpa sinar matahari

Untuk mencuci sebuah kain batik kita membutuhkan bahan alami bernama buah lerak atau orang jawa timur bilang buah klerek. Di Indonesia sendiri buah lerak masih banyak dijumpai, namun banyak juga yang belum tahu manfaat dari tanaman ini. Jika tidak memiliki buah klerek, kita bisa menguapi atau meratus kain untuk menghilangkan bau dan hewan yang bisa merusak serat kain. Jangan lupa juga untuk meletakkan lada pada lemari untuk menghalau serangga.

Buah Lerak, detergen alami

Oh iya, batik tidak hanya ada di kain loh. Batik juga mempengaruhi ukiran pada keramik dijaman dahulu. Kalau penasaran sepwrti apa bentuknya bisa datang di museum keramik yang ada di wilayah sejarah Jakarta Kota.

Seru ya kalo ngomongin batik, rasa bangga terhadap warisan budaya ini membuat kita betah mengaguminya. Saya aja saking asyiknya bahas batik sampai lupa kalo beras udah abis, huft! Mana diluar lagi ujan, nunggu besok ya kelamaan. Huhuhu.

Yang kayak gini gak kejadian sekali dua kali sih sama saya, tapi namanya juga ibu baru, masih suka teledor *pembelaan diri* hihihi. Saking seringnya saya sampe cari cara agar bisa belanja tanpa keluar rumah. Karna itu akhirnya kenal sama Honestbee.


Belanja Dari Rumah


Perkenalan saya dengan Honestbee baru beberapa bulan belakangan ini sih, ya karna kejadian kayak gini juga, lupa belanja bulanan sekaligus males keluar rumah. Abisnya kalau belanja bulanan di mall gitu malah lebih boros karna saya harus ngeluarin ongkos angkot, uang makan buat ganjel perut karna capek keliling mall, belum lagi kalau ngajak abhi. Duhhhh.... Abis deh uang kas buat jajanin dia ini itu, kalo gak diturutin bisa bisa tantrum guling gulingan dilantai. Heww, mimpi buruk yang selalu berulang.

Aplikasi Honestbee

Tapi sekarang alhamdulillah kenal sama Honestbee, layanan belanja dan pengiriman untuk kebutuhan sehari hari berbasis online asal Singapura. Jadi kita tinggal duduk santai nonton drama india sambil pilih pilih belanjaan lewat handphone, pengirimannya bisa dijadwalin dan bayarnya langsung di tempat. Piye ? Asyik kan ?

Bagi pengguna android bisa mengunduh layanan ini di playstore, atau bagi pengguna apple bisa mengunduh di appstore dan bisa juga lewat webnya langsung di www.honestbee.co.id.

Saya memilih Honestbee tentunya karna beberapa pertimbangan diantaranya
  • Harga yang tercantum dan harga yang ada di toko adalah sama. Jadi kita gak perlu merasa khawatir kemahalan timbang beli di toko kan ?
  • Memiliki asisten yang terlatih sehingga dapat memilihkan produk yang kita butuhkan dengan baik. Asisten ini berguna sekali saat barang yang kita butuhkan tidak tersedia di toko, mereka bisa menyarankan produk substitusi yang sekiranya fungsi dan kegunaannya sejenis dengan yang kita inginkan dengan cara menelpon atau sms kita. Asisten juga berguna saat kita memilih makanan segar karna mereka akan dengan teliti memilihkan yang terbaik layaknya kita.
  • Pesanan kita dapat dikirim di hari yang sama, bahkan jika kita buru buru kita bisa memilih pengiriman tercepat yakni 1 jam kedepan dari waktu berbelanja yang tersedia.

  • Biaya kirim yang terjangkau. Cukup membayar 10 ribu rupiah saja, jauh dekat ongkosnya sama. Enak kan ?

  • Ada promo menarik bagi pengguna pertama dengan kode HaloJakarta, potongan belanja sebesar 75 ribu buat kita yang berbelanja dengan minimal spend 300 ribu. Uwoow! Masih ada lagi, untuk pengguna kartu kredit tertentu juga ada potongan 100 ribu.

  • Ada juga program refferal dimana kamu akan mendapatkan 50 ribu jika temanmu mendaftarkan diri melalui link refferalmu. Dan temanmu juga akan mendapat 50 ribu yang dapat digunakan sampai dengan satu bulan setelah mendaftar.


Kode promo untuk belanja di honestbee

Cara menggunakan aplikasi honestbee


Honestbee yang sudah hadir di berbagai Negara sejak 2015 cukup mudah digunakan karna ada pengelompokan barang berdasarkan jenisnya sehingga kita tidak kesulitan berbelanja. Ini seperti berada di mall dengan rak rak yang berjajar rapih sehingga kita mudah memilih barang.

Dalam aplikasi Honestbee kita sebaiknya mendaftarkan diri dahulu guna mempermudah proses berbelanja. Untuk mendapatkan akun honestbee kita bisa mendaftarkan diri menggunakan nama dan email yang valid.


Setelah login, kita beralih ke halaman depan dari aplikasi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan lokasi kita. Pada halaman utama dibawah banner promo akan ditemukan tulisan kecil yang saat kita klik akan mengarahkan kita pada maps. Di bagian atas terdapat kotak pencarian sementara disebelahnya adalah lambang negara dimana kita berasal. Pastikan negara yang terpampang disitu adalah bendera merah putih ya.

Didalam kotak pencarian kita bisa memilih kota - kelurahan / kodepos . Pilih hanya kota dimana kita akan mengantarkan paket tersebut dan kelurahan/ kodepos yang terdekat. Jika setelah menekan 'Gunakan Alamat' kita langsung diarahkan ke halaman utama, berarti alamat yang kita tuju sudah sesuai. Namun jika setelah di klik dia tidak mau bergerak artinya alamat kita tidak tersedia layanan ini.


Setelah setting alamat selesai, kita bisa pilih perusahaan retail yang tersedia di layar. Supermarket yang tersedia tidaklah sama pada setiap wilayah bergantung ada atau tidaknya supermarket tersebut di wilayah yang dimaksud.

Berbelanja melalui Honestbee gak perlu khawatir kehabisan barang, karna jika barang tidak tersedia maka personal shopper akan menelpon atau sms untuk memberi tahukan barang yang cocok menggantikan barang tersebut. Atau kita juga bisa memilih barang pengganti buat jaga jaga kalau barang yang kita pesan habis.

Kurir Honestbee

Selesai memilih barang, kita bisa cek item belanjaan pada keranjang belanja, pastikan jumlahnya sudah sesuai. Jika kita ingin menggunakan voucher promosi, maka tinggal ketik kodenya di kolom voucher dan klik apply.

Saat check out kita akan dikenakan 2 jenis biaya yakni ongkos kirim sebesar 10 ribu dan concierge fee sebesar 10 ribu. Apa itu Concierge fee ? Seperti yang kita tahu bahwa belanjaan kita dihandle oleh asisten shopper kan ya, nah concierge fee ini adalah fee yang diberikan untuk jasa mereka. Cukup fair bukan ?

Saat check out kita bisa memilih 2 jenis pembayaran yakni cash yang nantinya dibayarkan pada kurir saat pesanan kita datang atau menggunakan kartu kredit yang akan didebet otomatis saat kita selesai berbelanja. Gak perlu khawatir menggunakan kartu kredit pada honestbee karna perusahaan jasa ini telah terpercaya di 7 Negara.

Kalau sudah belanja tinggal duduk manis menunggu pesanan dikirim, kita gak perlu kehilangan waktu buat kumpul sama keluarga atau ngerjain pekerjaan rumah seperti masak misalnya.

Memasak Bersama Chef Jun a.k.a @Resepdapurayah


Karna belanja sudah dihandle sama honestbee maka kerjaan rumah tangga bisa lebih ringan, meski begitu saya gak terlalu suka berpangku tangan dirumah. Disela waktu iseng saya sering nyobain resep resep masakan baru, asyiknya kemarin diacara yang diadakan Kriya Indonesia ini ada acara demo masak oleh chef Jun. Yoih, chef cowok ini pemilik instagram @resepdapurayah yang sering berbagi foto makanan hasil racikannya. Kali ini Chef Jun gak cuma pamer foto aja tapi sekalian pamer cara bikinnya. Hihihi

Chef Jun in Action

Beliau membawakan 2 menu yang terdiri dari menu utama dan juga dessert yakni Ayam Rica-Rica dan Puding Srikaya Gula Merah.

Bahan segar diantar langsung olwh kurir honestbee

Menggunakan bahan bahan segar yang dibeli melalui Honestbee Chef Jun menuturkan bahwa masakan akan terasa nikmat apabila menggunakan bahan segar dan jika memungkinkan pilihlah yang sehat. Misalnya lebih memilih ayam penjantan ketimbang ayam broiler karna meski ayam penjantan terbilang tidak terlalu berdaging tetapi ayam ini lebih sehat.

Chef Jun juga membagi tips memasak buat para ibu yakni jangan pelit menggunakan bumbu masak karena Indonesia kaya akan rempah dan rempah tersebut memberi citarasa tersendiri bagi masakan.

Diakhir acara Chef berambut gondrong ini mengijinkan kami mencicipi hasil masakannya. Waah, saya sih jatuh cinta sama Puding Srikaya Gula Merahnya yang lembut dan pecah saat masuk mulut. Penasaran kayak apa rasanya ? Tenang, ibu ibu bisa mencobanya sendiri dirumah karna saya akan share resepnya.

Resep Puding Srikaya Gula Merah




Bahan :

3 butir  telur
100gr    gula merah
350ml   santan kara
1/2 sdt   garam

Cara membuat :


  • Kocok lepas telur, diamkan
  • Rebus gula merah bersama santan hingga tercampur rata dan gula larut, dinginkan
  • Setelah dingin campurkan larutan gula dan santan kedalam telur yang telah dikocok. Masukkan kedalam wadah atau cup yang tahan panas
  • Kukus kurang lebih 30 menit
  • Angkat dan sajikan

Gimana ? Tertarik mencoba ? Yuk bikin sekarang buat cemilan dikala sore. Happy cooking ya ibu ibu






15 komentar:

  1. WAHHHHH seruuuuuhh. Jd pengen main ke Museum Tekstil. Nyesel gak ikutan kemarin, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ris, seru banget acaranya. Sayang banget gak bisa ikutan mah. Banyak ilmunya

      Hapus
  2. Reportasenya lengkap bin detail banget mak :) Jadi malu sama si bule yg lebih paham sama batik hehe.
    Seru ya acaranya, belajar, belanja dan memasak...perpaduan yang pas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh, bulenya fasih banget soal batik. Makanya kita jangan kalah

      Hapus
  3. Info yang bermanfaat sekali ttg corak batik dari berbagai daerah dan belanja gak pake ribetdi honestbee, asik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, aku ketagihan juga belanja di honestbee

      Hapus
  4. Udah nyobain juga belanja pakai Honestbee.

    BalasHapus
  5. Wahhhhh jadi ada refferal juga ya? Jadi pengen coba honestbee ������

    BalasHapus
  6. Batik jogja keren2.. jadi pengen

    BalasHapus
  7. Aku sekarang juga jadi belanja pakai honestbee, suami juga mendukung soale kata dia nggak usah capek-capek ke supermarket buat belanja bulanan. Kelebihan honestbee buat suamiku jadi menghindarkan istrinya dari laper mata di mall kalau mau belanja bulanan, hihihi.

    BalasHapus
  8. Noted, reportasenya kompliiit

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.