Minggu, 11 Juni 2017

Mudik Yuk, Mampirnya Ke TEMAN SGM bunda dan SGM Eksplor


Malam ini saat hendak tidur saya mengadu pada suami, udah masuk minggu ke dua ramadan, kok belom ada wacana mudik. Saya kan kangen pulang ke kampung saya di Jember, udah 5 tahun nih gak pulang pulang. Tapi suami kayaknya lebih pusing lagi karna sudah snewen liat berita kemacetan di tol saat lebaran tahun lalu. Atuh pak, piye nasibku ini.

Yah berhubung gak bisa pulang kampung jadinya saya cuma ikut share informasi aja deh, terutama yang berhubungan dengan mulih dilik alias mudik. Pada 5 Juni 2017 lalu saya dan beberapa rekan blogger mendapat undangan dari SGM Eksplor untuk sharing sebuah program yang berkaitan dengan event mudik masyarakat Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek yakni adanya TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor.


TEMAN adalah sebuah kepanjangan dari Tempat Mudik Nyaman yakni sebuah tempat untuk singgah bagi para pemudik yang tersebar di 6 titik rest area sejak tanggal 19 Juni hingga 2 Juni. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan bahwa TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor ini dihadirkan demi memberikan kenyamanan pada ibu hamil dan anak anak yang ikut para orang tua mereka mudik. Fasilitas yang disediakan juga berhubungan dengan anak dan ibu hamil diantaranya taman bermain edukatif dan interaktif, tempat beristirahat dan bersantai untuk orang tua dan ibu hamil, tempat mengganti popok atau membuat susu dan area promo yang menjual produk SGM dengan promo menarik seperti pembelian berhadiah dan lainnya.


Berhubung ngomongin mudik dengan anak-anak, kayaknya kurang afdol kalo gak membahas ini dengan pakarnya. Maka SGM sebagai pelopor susu pertumbuhan anak yang mendukung generasi anak maju yang ditandai dengan anak supel, kreatif dan mandiri ini kemudian menghadirkan seorang psikolog anak yang tak asing yakni Ibu Anna Surti Ariani a.k.a Ibu Nina.

Menurut Bu Nina, mudik adalah salah satu momen penting memperkenalkan anak pada dunia yang lebih luas. Selain itu mudik juga menjadi satu moment pembelajaran sosialisasi yang membangun dan mengembangkan keterampilan sosial anak sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan orang banyak baik yang sudah lama dikenal maupun wajah wajah baru.


Saat pertama kali melakukan perjalanan mudik orang tua akan mengalami masalah yang berasal dari ketidak biasaan anak anak. Jadi selain mempersiapkan kendaraan dengan baik, kita juga harus memastikan si kecil mendapatkan kenyamanan yang diinginkan. Kita bis amulai mengajarinya untuk mengetahui situasi saat mudik nanti. Misalnya dengan menceritakan bagaimana jalanan nanti, serta apa saja yang mungkin akan mereka temui. Kita juga perlu mempersiapkan cemilan dan makanan yang disukai anak selama diperjalanan. Menurut dokter spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, bahwa saat mudik kemungkinan besar akan ada perubahan jadwal makan serta batasan jenis makanan yang dapat diikonsumsi oleh sikecil. Maka dari itu ada baiknya sebelum berangkat simpanlah makanan dan minuman di mobil. Khusus untuk cemilan, pilihlah cemilan yang menyehatkan seperti roti lapis atau sandwich tuna, sediakan juga biskuit yang menyehatkan. Hindari memberi snack yang gurih dan mengandung terlalu banyak perasa, itu akan menggangu tenggorokannya.

Selain makanan, perhatikan juga kesehatan si kecil. Pastikan kesehatan mereka prima saat hendak mudik, jika perlu periksakan dulu kesehatan si kecil. Oh ya, ini juga berlaku untuk ibu hamil. Kata Ibu Nina, kita harus pastikan anak anak mendapatkan apa yang dibutuhkan dalam perjalanan seperti mainan kesukaannya atau makanan favoritnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko mereka bosan selama perjalanan. Buat juga permainan sederhana seperti menebak nama buah atau hewan atau main kartu dalam perjalanan.

Buat yang mau mampir ke TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor, inilah lokasi yang bisa dikunjungi

  • Arus mudik (19 juni – 25 juni 2017)
  1. Rest area Tol Cipali KM 102 A
  2. Rest area Tol Cipali KM 166 A
  3. Rest area RM Jatilawang
  4. Rest area Sumber Alam
  • Arus Balik ( 28 Juni – 2 Juli 2017)
  1. Rest area Tol Cipali KM 101 B
  2. Rest area Tol Cipali KM 164 B

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.