Senin, 16 Juli 2018

Berkunjung ke Kantor MNC Vision


Hari ini adalah hari pertama Abhirama sekolah. Gak seperti biasanya, dia excited banget mau belajar di sekolah. Waktu ditanya, kenapa kok mau belajar disekolah. Eh dia jawab " aku mau pintar biar bisa keliling lihat Bumi" oalah, pasti gara gara tayangan Nat Geo yang ada di tv kemarin nih.

Seminggu sebelum sekolah dimulai, saya memang membiarkan Abhirama nonton tv, biasanya saya batasin sore aja. Eh kebetulan juga di rumah oma nya pakai tv berlangganan Indovision jadi dia bisa nonton channel luar kayak Nat Geo ini.

Manfaat Nonton TV Berlangganan


Yah, udah pada tahu kan ya gimana buruknya pertelevisian kita. Sinetron percintaan dan kekerasan merajalela di tiap channel televisi. Salah satu cara mendapatkan manfaat ya dengan menyetel channel luar yang mana kita bisa dapatkan dengan berlangganan layanan TV premium seperti salah satunya Indovision ini. Ups, hampir saya lupa, sejak 12 Desember 2017 Indovision telah bergabung dengan TopTv dan OKTv menjadi MNC Vision

Manfaat lain dari berlangganan channel TV premium ini, anak anak bisa mendapatkan apa itu yang namanya jendela dunia. Menatap layar tv membuat mereka mengenal banyak kota, negara dan yang lainnya. Bahkan Abhirama juga bisa belajar bahasa asing melalui TV. Lumayan irit ongkos les kan ? *Medit*

Dari TV ke Backstage


Istilah backstage kayaknya kurang cocok nih menggambarkan apa yang bakal saya sharing-in tapi intinya kemaren itu saya sempet main ke kantor MNC Vision trus liat bagaimana proses penarikan channel hingga sampai ke pelanggan.

Area ground

Kalo mau tau, ribet banget loh ternyata untuk menyuguhkan sebuah tayangan televisi hingga sampai ke pelanggan. Soalnya yang dimainin ini satelit. Waduh, bukan main.

Jadi sebelum sampai di pelanggan, channel dari seluruh dunia yang sudah bekerjasama dengan MNC Vision ini di tarik melalui parabola yang ada di area ground. Kemudian di bawa ke tempat pengeditan yang diantaranya adalah memperjernih kualitas gambar atau suara, menyuling suara (dubbing), dan memotong bagian dari tayangan yang tidak boleh tayang di Indonesia.

Swafoto di depan pajangan penghargaan MNC Vision

Setelah siap, tayangan di sesuaikan dengan permintaan pelanggan lalu dikirim melalui parabola jumbo yang ada di ground dan diterima satelit untuk kemudian disebarkan pada pelanggan. Perjalanan panjang ini bisa dibilang mulus tanpa kendala karena frekeuensi tang dipilih yakni S Band yang diklaim paling aman untuk cuaca di Indonesia/ tahan cuaca.

Dengan 137 saluran dan 32 channel ekslusif, MNC Vision menjadi operator DHT terbesar di Indonesia dengan cakupan pelanggan sampai 70%. Mantab banget yaa... Ya dong, MNC Vision, Bukan yang Lain.

Banyaknya fasilitas yang ditawarkan MNC Vision ini memang bikin orang betah berlangganan, yang terbaru adalah adanya teknologi Dolby yang mana menambah kenyamanan dalam menonton. Kalau yang suka nonton di bioskop, kata dolby kayaknya udah gak asing ya ? Suara jernih yang menghentak telinga ini di katakan adalah yang terbaik di bidang persuaraan. Hihi. Jadi dengan adanya dolby dalam tayangan yang dihadirkan MNC Vision, diharapkan pelanggan mendapatkan suasana menonton yang menyenangkan seperti di bioskop.

Nah, jadi udah pada berlangganan MNC Vision belom nih ? Daripada nonton yang gak mendidik, tuk beralih ke tayangan yang menghibur plus mengedukasi melalui saluran terbaik di MNC Vision.

Read More

Rabu, 04 Juli 2018

Stop Drama Lahiran Normal Vs Sesar


Lahiran sesar itu berat, kamu gak akan sanggup. Biar aku saja!

Waktu lahiran Abhirama dulu, saya gak pernah ambil pusing sama omongan orang tentang cara lahir yang Allah kehendaki yakni SECTIO. harus banget ya di capslock *ketawa jahat*. Itu sih dulu ya, karena saya mikirnya itu anak pertama, saya gak banyak referensi dan gak ada yang ngasih tau saya soal ini boleh dan ini gak boleh jadi saya pikir, so what lahiran sesar?

Trus lahiran anak ke dua dengan jalan sesar juga kemudian ada orang terdekat yang bilang "di keluarga **** gak ada tuh yang sesar. Stretchmarks juga gak ada. Karena kita rajin merawat diri. Wtf, perih banget hatiku. Yah, saya akui, saya gak rajin merawat diri, karena saya lebih memprioritaskan masa depan anak anak saya. Saya gak mau anak anak punya masa depan yang suram kayak emak bapaknya. Mereka harus enak, rumah ada, mobil punya, dan yang paling penting gak menanggung malu karena hutang orang tua dimana mana.

Dan pas lahiran anak ke dua ini baru berasa kalo lahiran sesar itu berat. Why?

1. Stigma malas


Hello, sist, bro. Bersyukurlah kalian atau istri dan anak kalian bisa lahiran normal. Tapi bukan berarti yang lahiran sesar itu malas. Malas mengejan? Malas ini itu. Hell yah, saya sendiri sebetulnya pengeeeeeeeen banget lahiran normal. Iri sama yang lahiran normal. Tapi siapa yang bisa lawan vonis dokter? Pas lahiran pertama dokter bilang dia gak mau ambil resiko kalau sampai ketuban keruh. Oke! Sc! Anak ke dua sc karena dokter bilang air ketuban habis. Oke! Sc! Pun kalau saya malas, seenggaknya saya gak akan memilih sc, saya buang aja tuh anak saat masih dikandungan. *amit amit Gusti Pangeran* lah iya, kan ngurus anak pake tenaga, mana mau saya capek hamil-melahirkan-ngurusin mereka. Think before you talk!

2. Biaya Mahal


Woiii, saya termasuk orang yang kikir, termasuk pada diri sendiri. *pengakuan dosa* tentu saya gak rela kalau harus merogoh kocek dalam untuk melahirkan secara sesar. Kalo harus milih antara normal atau sesar, saya pilih normal lah. Normal dibidan cuma 2jt beres. Lah sesar, 9jt belom apa apa. Masih ada salep A, B, C. Boros cyyn!
Biaya lahiran di hermina


Meski pun di cover BPJS, tapi yang namanya obat, salep dan lain lain juga ada yang beli sendiri. Obat China untuk sembuhin luka dalam misalnya, harganya cukup buat beli breastpump yang bagus loh. Padahal cuma 3 biji. 3 BIJI!

Makan makanan juga harus uang bergizi, tinggi protein biar luka cepet kering. Eneg loh tiap hari disuruh makan 3 biji telor, 3biji*30hari=90biji. Sekilo telor isi 18 biji berarti butuh 5kg an lah. Harga telor saat saya lahiran 23rb. Artinya 5*23 = 115rb. Duit segitu bisa buat jajan di spesial sambal buat 3 orang. Huft. Itu baru telornya, belum ikan gabus yang juga tinggi protein. Sekilo harganya 40rban.

3. Sakit seumur hidup


Tetangga yang baru lahiran pernah cerita, begitu abis lahir dia bisa jajan di alfa yang letaknya sebelahan sama klinik tempatnya lahiran. Gak sakit? Enggak. Sakitnya cuma saat kontraksi aja.

Suntik epidural

Dibandingkan dengan mereka yang lahiran normal, sakitnya orang sesar itu 24 jam setelah lahiran. Sakit operasi yang belom kering udah di suruh belajar jalan, belajar duduk dan tidur miring. Belom lagi kalo udah pulang kerumah harus nahan nyeri kalo bersin dan batuk. Orang sesar kalo bersin, sakitnya kayak di putusin pacar karena cewek lain tau gak.

Tiap hari cek jantung bayi. Degdegan. Sambil ngerasain mules

Kamu tau suntik epidural? Itu suntik bius di punggung. Sakitnya akan selalu ada sampe kamu anak ke 3 atau bahkan sampe mati juga gak akan hilang. Sakitnya gimana? Rasanya kayak pinggang mau patah. Nyeri banget. Mungkin saat hilang kamu setrong, tapi kalo dah nyeri, cara terbaiknya cuma tiduran di kasur sambil meregang badan. Nyeriiiii.

Apa lagi coba? Tambahin sendiri deh apalagi, ku lelah mengais penderitaan ini. Yang jelas, lahiran sesar itu berat, kamu gak akan kuat. Biar aku aja!

Dan saya ngiri sama yang lahiran normal. Super ngiri banget! Saya berharap bisa normal, tapi Allah beri kehendak yang berbeda. Saya bisa apa?

Buat kamu yang punya teman, istri, anak, menantu, siapapun itu, plis berhentilah mempertanyakan apalagi menyalahkan mereka yang menjalani proses lahiran secara sectio/sesar. Jangan mendiskreditkan mereka yang terpilih menjadi ibu dengan jalur belek weteng itu. Apalagi kamu sampe sombong dengan bilang "untung aku normal", "keluargaku gak ada tuh yang sesar"

Jangan. Ojok. Ula. Dont.

Mereka berhak mendapat kebahagiaan, bukan cemoohan. Dan belum tentu kamu gak kesandung sama hal yang sama. Mbok menowo, kamu bilang gitu ke menantu mu, eh ternyata malah anakmu sesar juga, kan kamu malu! Atau kamu bilang gitu ternyata anak kedua mu malah lahir sesar, diketawain.

Jangan sombong, dunia ini berputar, yang kamu ketawain bisa jadi menimpa mu juga dilain hari.

Dua anak yang lahir melalui perut

Kok jadi curhat mamah dedeh gini. Huft. Ya intinya, yang lahiran normal, itu anugerah, yang lahiran sesar, itu juga anugerah. Saat kamu mati, yang ditanya adalah siapa Tuhanmu dan apa yang kamu lakukan di dunia. Bukan lewat mana kamu lahir! Sekian!

Curhat ini disponsori oleh keinginan beli laptop asus yang gak di acc sama paksuami. Maaf kalo kemudian ada yang ikut baper. Eaaa
Read More

Sabtu, 30 Juni 2018

Ini Dia Beberapa Jersey Bola Piala Dunia yang Akan Digelar di Rusia

Source : bola.kompas.com

Dengan sembilan bulan dengan hasil yang memuaskan dan bagus untuk dapat pergi sampai Piala Dunia dimulai di Rusia, para tim, pun juga telah mempersiapkan tampilan kaos jersey yang nantinya akan dikenakan saat piala dunia nantinya. Sedangkan untuk tampilan jersey bola piala dunia masing-masing tim tentunya juga tidaklah sama, akan tetapi memiliki banyak perbedaan yang dapat Anda lihat sendiri. Hal ini dikarenakan masing-masing tim memiliki makna tersendiri dalam mengartikan jersey yang dimilikinya tersebut.

Meskipun tidak setiap tim di turnamen akan memiliki jersey baru yang dirilis sebelum mereka naik ke pesawat, sebagian besar negara yang lebih besar ingin memperkenalkan peralatan dekat turnamen untuk mendapatkan uang tunai yang akan tumbuh lebih besar dan lebih besar saat kita semakin dekat dengan kick-off. Adidas telah melihat lima kaus baru mencapai internet sebelum penyingkapan yang dimaksudkan, seperti Jerman, Kolombia, Mexico, Argentina, dan tuan rumah Rusia telah bocor dikonfirmasi oleh FootyHeadlines.com.

Karena adanya kecintaan dari Kolombia dan Argentina khususnya, yang mana mereka harus mundur di seluruh rencana Adidas. Dari sekian banyaknya tim yang akan ikut serta dalam acara piala dunia 2018 nantinya, maka hal ini pun juga menjadikan banyak para pecinta bola mendukung tim masing-masing yang menjadikan hal ini banyak para masyarakat berkeinginan untuk melakukan pembelian jersey sesuai dengan tim kebanggaannya. Sedangkan untuk melakukan pembelian jersey sesuai dengan tim kebanggaan Anda, maka Anda bisa melakukan pembeliannya di beberapa toko online maupun di toko offline secara langsung.

Berikut ini ada beberapa jersey bola piala dunia yang akan digelar di Rusia nantinya, yaitu sebagai berikut ini:

Jerman.

Hal yang sangat disayangkan saat Jerman harus mengundurkan jersey ikon pada Piala Dunia 1990 dalam pola di dada, namun hal ini pun dapat menjadikannya sebagai hit dikalangan para masyarakat.

Mexico.

Ini adalah template kita akan melihat banyak dari Adidas selama satu atau dua tahun ke depan, dan sementara itu terlihat baik untuk Mexico Anda akan melihat nanti bahwa ada versi yang lebih baik di sekitar.

Rusia.

Yang ini adalah anggukan untuk jersey yang dikenakan Rusia di Euro 88, tetapi tanpa 'CCCP' di bagian depan itu tampak sedikit membosankan.

Kolumbia.

Tampilan menarik dan keren dari jersey Piala Dunia 1990 yang dengan bangga dikenakan oleh Carlos Valderamma dan yang lainnya, ini pasti akan ada di sana ketika kita secara tak terhindarkan akan mengurutkan semua jersey Piala Dunia.

Argentina.

Untuk tim dari Argentina ini, meskipun tidak akan ada tim kemunduran yang jelas, namun tampilan pola di garis biru adalah sentuhan yang bagus dan yang satu ini harus sangat populer, paling tidak karena kemungkinan akan menjadi piala dunia terakhir Messi.

Sebagai pecinta dunia bola, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak memiliki jersey sesuai dengan tim kebanggaan, sehingga hal inilah yang menjadikan diri Anda sebagai pecinta bola haruslah lebih cerdas dalam melakukan pembelian pada jenis jersey yang sesuai dengan selera dan sesuai dengan tim kebanggaan Anda.

Tidak hanya itu saja, dengan memiliki jersey bola piala dunia dan nonton piala dunia dengan paket streaming piala dunia ini pun secara tidak langsung juga akan memberikan dorongan kepada para pemain dari tim yang Anda banggakan, sehingga untuk Anda yang saat ini berencana ingin melakukan pembeliannya, maka pastikan bahwa Anda memilih jenis jersey yang nyaman dan terbuat dari bahan yang tidak panas agar Anda tetap merasakan kenyamanan selama mengenakannya.
Read More

Kamis, 28 Juni 2018

Imunisasi BCG: Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan, Efek Samping, Serta Cara Penggunaannya Yang Tepat


Mom, pernah dengarkah anda mengenai imunisasi BCG? Imunisasi ini merupakan salah satu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi yang memiliki fungsi untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC (Tuberkulosis) atau TB yang mana merupakan penyakit berbahaya yang menyerang organ pernafasan, paru-paru. BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin. Imunisasi ini pada umumnya diberikan pada bayi yang baru lahir dan disarankan paling lambat diberikan pada usianya 3 bulan. Bila setelah berusia 3 bulan akan diberikan imunisasi ini, maka sang bayi harus menjalani tes tuberculin terlebih dahulu. Tes ini dilakukan dengan cara menyuntik protein kuman TB (antigen) pada lapisan kulit lengan atas. Biasanya, kulit akan bereaksi terhadap antigen bila sudah pernah terpapar kuman TB yang menyebabkan benjolan merah pada kulit di area penyuntikan. Informasi lebih lanjut mengenai imunisasi ini dapat Mom simak di bawah ini.

Efek Samping Dari Imunisasi BCG 


Imunisasi ini sangat jarang menimbulkan efek samping, namun sebaiknya hindarkan dari bayi yang rentan memiliki alergi. Dalam beberapa kasus pernah ada setelah mendapatkan imuisasi ini muncul luka melepuh di area suntikan yang terasa sakit dan lebam selama beberapa hari. Namun, tak perlu khawatir sebab akan sembuh setelah beberapa minggu. Oleh sebab itu, untuk mewaspadai adanya efek smamping yang berbahaya, vaksinasi dengan menggunakan imunisasi ini harus dilakukan oleh dokter atau petugas medis yang berpengalaman dan mengetahui penanganan alergi dengan tepat.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Imunisasi BCG 


Meskipun imunisasi ini tergolong imunisasi wajib, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan pemberian imunisasi ini perlu ditunda, yaitu: bayi yang sedang demam tinggi, terkena infeksi kulit, diketahui mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG, HIV positif yang ditularkan oleh orang tuanya, memiliki anggota keluarga yang menderita tuberkulosis, ataupun sedang dalam pengobatan kanker atau kondisi lain yang memperlemah sistem imunitas. Penyuntikannya dilakukan pada lengan bagian atas yang tidak boleh diberikan imunisasi lain, minimal selama tiga bulan. Vaksin ini hanya perlu dijalani sebanyak satu kali melalui suntikan oleh dokter atau petugas medis. Selain itu, meskipun imunisasi ini merupakan tindakan penting untuk melindungi kesehatan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kondisi bayi sebelum melakukan imunisasi, yaitu kondisi-kondis yang disebutkan diatas dan hasil tes kesehatannya baik secara fisik maupun psikisnya.

Cara Menggunakan Imunisasi BCG Dengan Benar 


Imunisasi harus diberikan dengan dosis tepat sesuai yang dibutuhkan sehingga pemberiannya hanya bisa dilakukan oleh dokter dan petugas medis. Dosis yang biasanya diberikan pada imunisasi ini sebanyak 0,05 ml untuk bayi di bawah usia satu tahun. Biasanya, dosis disesuaikan lagi bila penerima vaksin berusia di atas 1 tahun. Sebelum digunakan, perhatikan pula isi kemasannya, sebab cairan ini saat akan digunakan haruslah bening dan tanpa partikel. Sebaiknya jangan digunakan jika cairannya telah berubah warna, berisi partikel, atau kemasannya bocor. 

Peringatan Pada Pemberian Imunisasi BCG


Imunisasi BCG ini tidak dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sedang hamil dan yang menyusui. Perlu diperhatikan pula mengenai kondisi dari yang akan menerima imunisasinya. Bagi yang memiliki sistem imunitas yang lemah dan pernah mengalami infeksi, sebaiknya berhati-hati bila akan menerima imunisasi ini. akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima imunisasi ini. 

Itulah informasi yang dapat diberikan pada kali ini, Mom seputar imunisasi BCG. Semoda informasi ini dapat memberikan manfaat. Jangan lewatkan informasi kami yang lainnya ya, Mom.
Read More

Rabu, 27 Juni 2018

Kenali Tanda Tanda Kehamilan pada Diri Anda dan Jangan Lewatkan Hal hal Berikut!


Wanita mana sih yang tidak bahagia begitu ia mengetahui dirinya sedang hamil? Apalagi bagi sebuah keluarga baru, hamil anak pertama rasanya bagaikan mendapatkan anugerah terbesar dalam hidup. Bagi orang yang sudah pernah hamil sebelumnya mungkin sudah biasa dengan kehamilan. Namun bagi pasutri yang baru akan punya anak pertama, wajib untuk mengenali tanda  tanda kehamilan itu seperti apa dan bagaimana harus menyikapinya. 

Bagaimana tanda  tanda kehamilan ?


Kehamilan merupakan bagian dari proses perkembang biakan yang terjadi setelah adanya proses pembuahan antara sel sperma dengan sel telur atau ovum. Tanda  tanda kehamilan biasanya bisa dirasakan setelah hitungan minggu usai adanya proses pembuahan. Kehamilan bisa dikenali tanda  tandanya seperti perut terasa mual  mual, tidak terjadi menstruasi, dan perut terlihat semakin membesar. Jika tanda  tanda kehamilan muda ini mulai dirasakan oleh seorang wanita, maka sebaiknya sang suami segera membawa isteri untuk menemui dokter guna memastikan kondisinya. 

Apa yang perlu dilakukan seorang wanita ketika sedang hamil?


Begitu tanda  tanda kehamilan dini di atas tadi sudah terasa dan dokter juga sudah memastikan adanya janin dalam perut, maka seorang wanita yang tengah berbadan dua tersebut harus mulai memperhatikan betul kondisi kesehatannya. Mengapa demikian? Karena kondisi kesehatan si janin yang ada dalam kandungan juga sangat bergantung pada kondisi kesehatan si calon ibu. Itulah mengapa wanita yang tengah mengandung tidak boleh sembarangan dalam menjalani aktifitasnya. Mulai dari hal kecil semua harus diperhatikan dan mulai diperbaiki. Pola hidup yang awalnya mungkin belum cukup teratur kini harus mulai ditata sebaik mungkin. Selain itu, aktifitas berlebihan bagi wanita yang sedang hamil juga tidak dibenarkan karena dikhawatirkan sang ibu akan terlalu kelelahan sehingga bisa saja mengganggu janin yang ada dalam kandungan. Wanita hamil juga wajib menghindari stres dan berusaha semaksimal mungkin untuk terus ceria demi kesehatan kandungan dan si jabang bayi dalam kandungan.

Makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan


Salah satu cara sehat yang bisa dilakukan oleh seorang wanita yang tengah hamil ialah dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi. Banyak mengkonsumi sayuran dan buah  buahan sangat berpengaruh untuk mengoptimalkan kondisi si jabang bayi. Seorang ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang hijau, buah kurma, dan tambahan asupan nutrisi dari susu supaya kebutuhan kalsium dan mineral lainnya bisa terpenuhi. Selain itu, suami juga tidak boleh hanya diam saja melainkan juga wajib turut memperhatikan kondisi kesehatan isterinya. 

Hal  hal yang wajib dipersiapkan menjelang prosesi kelahiran


Memasuki usia kehamilan 7 bulan ke atas, tanda  tanda kehamilan pasti semakin terlihat jelas yakni perut semakin terlihat berisi dan jabang bayi dalam kandungan pun juga semakin menunjukkan perkembangannya. Dalam usia ini biasanya seorang calon ibu yang tengah berbadan dua akan merasa semakin berat untuk banyak bergerak karena memang kondisi kehamilan yang semakin besar. Dalam masa  masa penantian kelahiran ini seorang ibu harus lebih ekstra lagi dalam menjaga tubuhnya dan juga kesehatan janin dalam kandungan. Jika terjadi apa  apa pada sang ibu maka segera saja menemui dokter. Selain itu, persiapan kelahiran juga harus mulai diperhatikan seperti membeli perlengkapn bayi dan sebagainya. 

Kesimpulannya, begitu tanda  tanda kehamilan mulai bisa dikenali sebaiknya seorang calon ibu benar  benar memperhatikan hal  hal yang sudah diuraikan di atas tadi. Seorang suami juga tidak boleh sedikit pun lengah dalam memperhatikan isteri karena pada intinya seorang isteri yang tengah hamil juga sangat membutuhkan perhatian lebih dari suami. 


Read More

Selasa, 26 Juni 2018

Menjaga Imunitas Dengan Probiotik dari Interlac


Sejak Ranendra berusia 3 bulan, buang air besarnya mulai tidak lancar. Sering kembung, gumoh dan kentutnya berbau menyengat. Setelah tanya sama bidan langganan, katanya sih hal itu wajar aja selama bayi hanya mengkonsumsi ASI, tapi buat saya, kok ganggu banget yaa.

Akhirnya saya kemudian mencari informasi mengenai permasalahan ini. Ternyata bukan cuma Ran aja yang mengalami hal demikian, 3 dari 7 anak ASI juga mengalami sembelit. Wah, pantes aja dianggap wajar, ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama. Tapi jangan salah, memang banyak yang mengalami hal demikian, tapi ada baiknya kita lihat penyebabnya.

Ran sering sembelit

Bayi memiliki saluran cerna yang belum maksimal fungsinya. Hal ini juga berkaitan erat dengan kehadiran bakteri baik (friendly) dan patogen (unfriendly) yang ada di dalamnya. Bakteri baik membantu fungsi pencernaan seperti menguraikan makanan di usus, menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya. Sementara bakteri patogen memiliki fungsi yang buruk bagi pencernaan seperti menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toxin, dan menyebabkan gangguan cerna.

Bakteri Baik Bagi Bayi Baru Lahir


Katanya bayi yang lahir secara sectio alias sesar punya pencernaan yang kurang baik dibandingkan bayi yang lahir secara normal. Awalnya sih saya gak percaya, maklum lah saya melahirkan dua anak dengan metode sectio. Namun ternyata pernyataan ini dibenarkan oleh dokter Maria Magdalena. Secara ilmiah dijelaskan, bayi yang lahir secara normal akan mendapatkan bakteri baik yang ada pada jalan lahirnya, sementara yang melalui sectio tidak mendapatkan hal itu.

Kurangnya bakteri baik dalam tubuh bayi baru lahir menyebabkan masalah pencernaan salah satunya adalah kolik infantil. Menurut dr Magdalena, kolik infantil adalah keadaan dimana bayi rewel dan menangis berkepanjangan sampai 3 jam atau lebih sehari, bayi terlihat kesakitan, rewel, menarik kedua tungkainya, muka menjadi merah, mengerutkan keningnya dan bising usus meningkat.

Kolik infantil disebabkan salah satunya oleh alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Padahal masalah ini dapat diatasi dengan menjaga imunitas tubuh bayi salah satunya dengan pemberian probiotik.

Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalan jumlah akurat untuk memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna. Di dalam tubuh kita, ada berbagai jenis probiotik, namun yang ada di setiap bagian cerna adalah L reuteri. Tidak banyak produk yang memiliki kandungan probiotik Lactobacillus Reuteri, malah hanya Interlac yang satu satunya produk di Indonesia yang mengandung bakteri ini.

Interlac dan Saluran Cerna


Mungkin masih ada yang belum kenal dengan interlac, saya sendiri bahkan baru kenal dengan interlac saat pergi ke pameran produk bayi di JCC pada awal bulan juni yang lalu. Produk ini ternyata punya manfaat yang baik sekali yakni meningkatkan imunitas melalui saluran cerna dan bisa dikonsumsi oleh berbagai usia.


Interlac dikategorikan sebagai suplemen makanan oleh BPOM, sehingga tidak memiliki efek samping seperti yang dimiliki oleh obat meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang. Dengan berbagai macam bentuk dan rasa, interlac bisa dikonsumsi dari bayi baru lahir hingga lanjut usia.

Jenis dari interlac


  • Drops


interlac bentuk ini cocok untuk bayi 0 hingga 3 tahun. Yang terpenting, interlac oral drops ini tidak mengandung lactosa sehingga aman untuk bayi.

  • Sachet

Bentuk ini merupakan variasi dari drop yang bisa dikonsumsi anak 1 tahun hingga 5 tahun. Tidak memiliki rasa, alias plain sehingga bisa dicampur pada makanan atau di konsumsi langsung

  • Tablet Kunyah

Tablet kunyah dari interlac memiliki dua rasa yakni strawberry dan lemon yang disesuaikan untuk dikonsumsi dewasa dan anak usia 6 hingga 12 tahun. 

Saya mencoba memberi Ran selama 3 hari, pada yari kedua pup nya sudah lancar, sehari satu kali pup, gak pake ngeden atau nangis. Jadi memang terbukti Interlac cocok digunakan untuk menjaga saluran cerna anak. Abhirama, anak kedua saya juga suka yang rasa strawberry.


Read More

Rabu, 13 Juni 2018

Sentuhan Cinta Selamatkan Bayi Bunda


Sedikit flashback ke 4 tahun lalu. Ketika baru saja menjadi ibu, its mean baru lahiran Abhirama Danendra Saputro. Ah, kalo inget mau mewek aja bawaannya. Karena dulu tuh perjuangan banget merawat bocah lanang yang sekarang udah gak mau dibilang lucu ini. Dulu Abhirama sempat mix ASI dan Sufor, tapi ternyata dia alergi sufor sampai mengalami pup darah. Karena gak tega, akhirnya saya mengunjungi beberapa klinik laktasi untuk bisa menyusui dengan full tanpa perlu di campur sufor lagi.

Perjuangan saya berhasil setelah mengunjungi 3 klinik laktasi. Nah bagusnya, saya gak cuma dapet ilmu soal menyusui yang baik dan benar tapi saya juga dapat ilmu soal pijat bayi. Well said, ilmu ini berguna bahkan sampai sekarang. Waw.

Manfaat Pijat Bayi oleh Ibu



Awalnya, saya lebih suka memijat anak saya ke baby spa seperti M*m n J* atau semacamnya. Namun setelah dapat ilmu soal pijat bayi, saya langsung praktekin sendiri. Kenapa ? Karena manfaatnya banyak lho, diantaranya ;

  • Merekatkan bonding antara ibu dan si kecil yang membuat ASI jadi deras. Hal ini dikaitkan dengan hormon oksitosin atau hormon bahagia yang diproduksi saat ibu berinteraksi dengan bayinya dan merasa bahagia.
  • Menguatkan otot dan menstimulus kemampuan motorik bayi

  • Menjaga bayi dari masalah kesalahan pijat yang dilakukan oleh orang lain sebab ibu tahu berapa tekanan yang bisa ia berikan pada anaknya.
  • Merangsang organ tubuhnya seperti paru paru dan pencernaan untuk bekerja lebih baik.
  • Mencegah kolik pada bayi


Banyaknya manfaat ini membuat saya rajin memijat bayi hingga akhirnya hadir Ranendra Bravmana Saputro. Tapi masalahnya, saya udah gak terlalu hafal sama gerakan pijat yang sudah saya pelajari 4 tahun lalu. Huhuhu.


Eh tapi ternyata emang rejeki saya sih, pada 5 Juni 2018 saya diundang menjadi salah satu peserta Johnson's Sentuhan Cinta - Temu Komunitas bersama The Urban Mama yang mana salah satu bahasan utamanya adalah Memijat Bayi. Bertempat di Gudang Gudang Yoga, Kemang, acara ini diselenggarakan dengan banyak ilmu salah satunya ilmu dari dr. Mentari Harumdini SpA. yang membahas secara mendalam manfaat dari memijat bayi dirumah.


Menurut dokter cantik ini, para bayi punya beberapa indra seperti penciuman, pendengaran, pengelihatan, perabaan dan keseimbangan yang perlu distimulasi setiap harinya. Stimulasi nya gak butuh teknik khusus, gak pake keluar duit beli alat khusus. Cukup dengan menciptakan kegiatan mandi yang menyenangkan dan juga memijat bayi. Pada saat mandi, indra penciuman akan mengendus aroma dari sabun yang ia pakai, pengelihatannya akan melihat wajah bunda nya yang cantik, pendengarannya akan setia mendengarkan suara lembut ibu nya. Kegiatan ini akan menjadi menyenangkan bagi para bayi. Ditambah lagi dengan kegiatan memijat dimana indra perabaan juga ikut dilibatkan, semakin membuat bayi terstimulasi dengan baik.

Cara Memijat Bayi



Pada dasarnya, pijat pada bayi terbagi menjadi 6 sesi yakni sesi wajah, tangan, kaki, dada, perut, dan punggung. Dari tiap sesi terdiri dari 3 hingga 4 gerakan yang diulang selama 6 hitungan atau lebih.


Tips memijat bayi yang benar ada beberapa yakni


1. Untuk mengetahui tingkat tekanan pada bayi, pencet kelopak mata dengan jari. Selama itu tidak terasa sakit, berarti segitu lah tekanan yang harus kita berikan.

2. Tidak semua bayi suka di pijat bagian wajahnya, jika dia tidak nyaman maka letakkan pijat wajah diakhir sesi.
3. Jangan memijat bayi saat mereka mengantuk, menangis, atau sehabis makan.

Untuk teknik memijat bisa lihat di video ini yaa



Sentuhan Cinta Johnson's



Mungkin buat sebagian orang, sudah gak asing lagi dengan kata kata tersebut. Apalagi buat yang aktif mengikuti sosial media dari Johnson's Indonesia yang berulangkali membahas kampanye tersebut. Namun bagi yang belum tahu, mari saya jelaskan.


Setiap tahunnya, ada lebih dari 70 ribu bayi yang tidak mampu bertahan hingga 28 hari pertamanya. Namun ternyata pijat bayi mampu menolong mereka karena tiap sentuhan bunda, ada keajaiban cinta disana. Sayangnya gak semua bisa menikmati apa yang bayi lain rasakan. Maka dari itu Johnson's bersama Save the children berkerja sama untuk memberikan edukasi bagi para ibu agar bayi nusantara mendapatkan pijatan dari ibu mereka. Saat inj, program ini telah berjalan dengan mengunjungi kota kota yang memiliki angka kematian yang tinggi seperti Maluku, Ambon, Sumba dan Sumatra Utara.

Kita juga bisa mendukung gerakan ini dengan cara melakukan pembelian produk Johnson's Baby jenis apapun senilai 25 ribu di Alfamart atau di Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini, kita akan menyumbang sebesar 500 rupiah untuk save the children dan membanru mereka mendidik ibu ibu lainnya agar bayi mereka tumbuh sehat dan kuat.




Read More
Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.