Jumat, 22 Maret 2019

Tips Mengatasi GTM Pada Anak + Resep Cemilan


Apa yang bikin seorang ibu jungkir balik? Pertama,  anak sakit.  Kedua,  biaya sekolah mahal.  Ketiga,  anak GTM. Betul?? 

Permasalahan dunia per-anak-an ini memang tak ada habisnya.  Belom punya anak,  ditanyain kapan punya anak.  Udah punya anak,  ditanyain kapan nambah anak. Giliran anaknya banyak,  di bilang doyan! Terus gitu sampe gunung Fuji pindah ke Korea. Padahal permasalahan  anak selain nyinyiran orang lain tuh udah banyak banget dan cukup pelik. Salah satunya aja Gerakan Tutup Mulut alias GTM.

Anak yang GTM,  gak cuma ogah makan, tapi juga uring uringan. Jadi pusing deh liat mereka makin lama makin kurus.  Kayak kasus Ranendra misalnya,  beratnya turun 1.5 kilo gara gara GTM selama seminggu.  Pusiiing. Bayiku yang gemol,  montok dan ginak ginuk tiba tiba jadi kurus. Hati ibu mana yang tak terpotek?? 

Solusi anak GTM


Lalu aku sharing di grup yang isinya ibu ibu dengan anak sepantaran Ranendra dan ku mendapati semua juga senasib. Aku jadi punya temen deh *pelukkk. Dan alhamdulillah aku dapat beberapa solusi dalam mengatasi anak GTM,  apa aja itu?  Cekidot! 

1. Cari Penyebab nya


Anak GTM umumnya menolak makan seperti dilepeh,  dimuntahkan atau yang ekstrim, dia akan menampol piring makannya. Hal ini wajar dilakukan oleh anak pada usia berapapun.  Ranendra misalnya,  mulai GTM dari usia 13 bulan,  sementara kakaknya dulu GTM dari 10 bulan.

Meski hal yang wajar,  tapi GTM gak bisa dibiarkan berlarut larut. Jangan ngamuk ngamuk atau malah menyalahkan si anak,  karena mereka juga gak tahu apa apa. Yang harus di cari tahu adalah penyebab dari tindakannya ogah makan. apakah karena gusi bengkak, tumbuh gigi,  sariawan,  sedang sakit atau sedang flu atau jangan jangan mereka mogok makan karena ada janji mommies yang gak ditepati? Hayooo. 

Dari sebab ini baru kita bisa merumuskan makanan apa yang cocok untuk kondisinya saat itu. Apakah bisa segera diatasi sendiri atau membutuhkan bantuan medis. 

2. Benahi Jadwal Makan


Dalam kasus anak GTM,  banyak ditemukan kenyataan sebetulnya dia bukan gak mau makan.  Tapi gak tau konsep lapar dan kenyang. 

Coba amati lagi,  apakah jadwal makannya sudah benar dan dijalankan sesuai dengan waktunya? Anak dibawah 5 tahun biasanya memiliki kesulitan untuk mendefinisikan rasa lapar. Karena jadwal makan yang tidak teratur,  mereka tidak tahu apakah harus makan sekarang,  atau menunggu instruksi makan dari orang yang lebih tua. Anak yang terbiasa makan dengan teratur akan lebih mudah makan ketimbang yang jadwal makannya berantakan. 

Anak yang makan dengan tidak teratur juga akan lebih mudah kembung dan begah.  Itu mengapa mereka sering menolak makan. Memberikan jadwal makan juga bisa mendorong anak anak untuk mengerti kapan harus lapar dan mencari makanan. Disinilah tugas orang tua untuk menyuruh mereka the real food.  Jadi pas laper,  dia gak cari cemilan,  tapi makan. 

3. Beri variasi makanan


Orang dewasa aja,  kalo makan tempeeeee terus setiap hari pasti akan timbul rasa eneg dan bosen kan?  Apalagi anak anak yang sedang belajar mengenal rasa.  Mereka juga akan defensif untuk tidak makan makanan yang sama.

Maka dari itu mulai rajinlah mengkoleksi resep masakan.  Jaman sekarang banyak kok resep yang bisa diunduh di google.  Bahkan ada beberapa produk makanan yang mencantumkan resep di balik bungkusnya.  Kayak masako gitu.

Makanan yang bervariasi gak cuma bikin nafsu anak nambah,  tapi juga bikin nutrisi yang masuk kedalam tubuh lebih baik lagi.

4. Suasana Makan yang menyenangkan


Menciptakan suasana makan yang menyenangkan adalah habit yang harus dipelihara,  karena pada kenyataannya anak anak menolak makan karena sebel diomelin mulu ketika makan.

"Lelet banget sih makan nya? "
"Makan yang bener dong,  berantakan amat"

Pernah bilang begini sama anak? Toss,  berarti kita sama sama pernah melakukan kesalahan dan ternyata yang kayak gini tuh gak boleeeh.  Karena anak akan trauma dan menganggap kegiatan makan itu sangat menyakitkan atau tidak menyenangkan.

Lalu gimana menciptakan suasana makan yang menyenangkan? Ya makan dengan riang,  kalo perlu kita juga makan bersama mereka. Berikan makanan yang mereka sukai atau kemungkinan akan mereka sukai.

Oh ya,  saya punya satu resep yang bisa di coba di rumah,  resepnya simple,  ngandelin duo bawang aja dan tinggal cemplang cemplung aja.  Dan yang pasti resep ini bikin anak anak lahap makan. Apalagi saya pakai Masako yang sekarang hadir dengan resep baru, menghasilkan kaldu yang lebih lezat dengan gurih yang pas. 

Cerita sedikit soal Masako,  tadinya saya worry kasih makanan anak pakai penyedap,  karena katanya kan penyedap gak baik untuk kesehatan.  Eh trus ketemu seorang dokter yang bilang "kenapa anak GTM?  Karena makanan yang dimakan gak sesuai sama makanan yang dia rasain di dalam perut mama dan saat dia menyusu. Makanannya hambar,  gak ada rasa."

"Penyedap rasa gak akan jadi masalah kok buat anak,  emang kamu pake nya satu ton?  Enggak kan?  Paling juga sejumput aja."

Dari situ saya biasa aja menggunakan Masako,  apalagi Masako dibuat dengan daging dan bahan alami pilihan.  Jadi saya gak perlu khawatir deh. Kenapa sih aku memilih Masako ketimbang yang lain? Nah ini aku jelasin deh. 

Masako, bumbu penyedap masak  terdiri dari dua varian yakni Ayam dan Sapi.  Keduanya menggunakan daging asli pilihan dan diproduksi di pabrik sendiri. Untuk varian Ayam,  dagingnya dipilih dari ayam jenis pedaging yang usia nya 40-45 hari dengan berat 1.8 - 2 kg pernah ekor. Setiap hari ayamnya dipasok ke pabrik dari supplier RPH yang memiliki sertifikat Halal.

Gak jauh beda sama varian Sapi, yang dipilih dari sapi lokal dan impor Australia ( sapi Brahman). Menggunakan paha depan yang lebih banyak dagingnya dan tidak mengandung banyak lemak supaya rasa kalinya tidak berminyak. Rempah yang ditambahkan juga dipilih langsung oleh petugas produksi lho,  jadi hanya bahan yang berkualitas yang digunakan.

Bukan cuma soal bahan dan rasa yang 28x lebih banyak serta enak.  Akan tetapi pengemasan Masako juga dengan teknologi tinggi dimana bungkusnya menggunakan plastik berlapis alumunium foil yang bertujuan untuk melindungi isi dari sinar matahari dan udara yang dapat merusak kualitasnya.

So,  karena kalian sudah kenal sama Masako,  cobain dong dirumah.  Pssst,  harga yang 10g cuma 500 lho,  bisa dipakai masak 2x juga. Okeh,  buat yang gak sabar sama resep makanan favorit anak anak saya,  ini nih resepnya

Makaroni Bahagia




Bahan


  • 300gr Makaroni,  rebus dan tiriskan
  • 100gr daging,  bisa pakai daging asap atau daging sapi biasa yang di iris tipis.
  • 1/2 balok keju,  parut lalu bagi 2.
  • 4 siung bawang putih,  cincang halus
  • 3 siung bawang merah,  cincang halus
  • 250ml susu plain
  • 1 bungkus Masako varian sapi
  • Garam dan minyak secukupnya


Cara Masak


  • Panaskan wajan yang diberi sedikit minyak,  tumis duo bawang hingga harum. 
  • Setelah itu masukkan daging sapi,  aduk hingga daging sapi berubah warna. 
  • Masukkan susu,  dan juga 1/2 bagian keju parut.  Aduh hingga agak mengental.
  • Terakhir masukkan makaroni,  aduk hingga rata dan beri Masako Daging Sapi dan garam.
  • Dinginkan,  sajikan bersama parutan keju di atasnya.

Resep ini bisa buat 5 orang, bahan bisa di tambahkan dengan sosis,  bakso dan juga sayuran seperti brokoli dan kentang sesuai dengan selera.

Read More

Rabu, 13 Maret 2019

3 Cara Punya Rumah Sebelum 25 Tahun


Bagi banyak orang,  memiliki rumah sendiri adalah impian yang patut diperjuangkan.  Terlebih lagi buat yang baru menikah. Kalau pasangannya tajir melintir sih gak masalah,  kita tinggal duduk manis menikmati fasilitas.  Tapi kalau masih merangkak? Ya harus berjuang setetes demi tetes peluh deh. Hihihi.

Usia 25 tahun idealnya adalah usia yang matang untuk menikah dan berumah tangga.  Sayangnya beberapa orang enggan menikah dengan alasan belom punya rumah. Memiliki rumah di Usia 25 tahun tentu jadi impian,  atau malah kalo bisa sebelum itu sudah punya rumah. Tapi yang jadi masalah, usia seperempat abad biasanya belum ada kemapanan finansial karena usia segitu baru saja 2 sampai 3 tahun bekerja, jangankan punya rumah, cicilan motor aja sering nunggak. Huft, lalu gimana caranya bisa punya rumah ? Tenang,  banyak jalan menuju Eropa. Man Jada Wa Jadda. Siapa yang bersungguh sungguh dia yang akan berhasil.  Banyak cara yang bisa di tempuh,  mulai dari nekat,  hingga kredit tanpa agunan.  Maksudnya gimana ya?  Cekidot Saya jelaskan

1. Modal Nekat


Kata orang,  kamu gak akan berhasil kalau gak Bonek (bondo nekat).  Memang ada resiko yang harus diperhitungkan,  tapi kalau memang mau berjuang,  ya jalani saja. Memiliki hunian juga begitu. Ada dua tips modal nekat yang bisa kamu lakukan.

Modal nekat yang pertama adalah dengan Nekat makan paket hemat tiap hari agar uangnya bisa di tabung untuk membeli rumah. Biasakan diri makan nasi pakai kerupuk dan sambal, ganti alat transportasi yang kamu gunakan untuk bekerja dengan yang lebih irit biaya. Setop kebiasaan jajan dan menghamburkan uang. Nekat sebelat nekat nya nabung untuk target masa depan.

Modal nekat yang kedua lebih gampang. Kamu bisa pasang tampang tembok untuk mengemis ke orang tua atau mertua agar dipinjami uang untuk membeli rumah.  Syukur syukur malah kalau dikasih gratis.  Hehehe. Tapi ini mungkin gak berhasil 100 persen,  tergantung apakah orang tua mu termasuk yang berada untuk memberikan pinjaman padamu.

Banyak teman saya yang meminjam uang dari orang tuanya untuk membeli hunian idaman mereka,  resikonya ya kemungkinan akan jadi bahan ungkitan baik dari orang tua maupun saudara. Resiko lainnya biasanya kita jadi memiliki ketergantungan pada orangtua dan perasaan sungkan karena telah dibantu.

2. Ambil KPR


Yang sudah sudah,  nomor dua ini adalah yang paling simple.  Kumpulkan sejumlah uang untuk Down Payment lalu datangi marketing perumahan yang kamu mau.  Tapi kenyataannya tidak semulus itu.  Beberapa pekerja dengan gaji ngepas UMR gak bisa beli rumah karena lilitan hutang perbankan seperti cicilan mobil,  cicilan motor,  kartu kredit dan yang lainnya.  Saya sendiri merasakan ini. Di tahun ke 2 menikah mencari informasi soal rumah subsidi.  Ketika akan mengajukan ternyata nama suami ada masalah di BI Checking karena pernah nunggak bayar motor.  Untuk membersihkannya ya mau gak mau akhirnya melunasi tunggakan,  denda dan administrasi lainnya.  Baru deh di hapus lagi track record bermasalahnya.

Tapi perjalanan mengajukan rumah KPR gak semulus paha aura kasih lho.  Karena rumah subsidi biasanya disediakan di pinggiran kota,  dengan fasilitas yang apa kadarnya.  Rumah saya saja contohnya,  masuk cicilan ke lima tahun,  temboknya mulai rontok. Kerannya pecah dan toiletnya mampet.  Hal ini selain merogoh kocek yang cukup dalam,  juga membuat batin bergejolak. Namanya rumah subsidi,  ya kondisinya apa adanya begitulah.

Beda lagi jika KPR yang diajukan adalah perumahan non subsidi,  biasanya kekuatan rumahnya lebih bagus karena harganya jauh lebih mahal.  Gak enaknya,  KPR non subsidi mengharuskan kita membayar uang muka alias Down Payment yang cukup besar sekitar 10% hingga 30% dari harga jual rumah.

3. Membeli Secara Tunai


Nah ini paling okey nih.  Jadi gak usah pusing mikirin gimana harus punya rumah sebelum 25 tahun,  karena kamu tinggal bayar secara tunai di muka. Langsung terima kunci tanpa ribet ribet.  Ya kaaan...
Tapi masalahnya itu tadi,  usia 25 tahun rata rata anak muda belum memiliki kemapanan finansial.  Lalu gimana mau beli rumah dengan cara cash? Eitz,  bukan Windah namanya kalo gak punya solusi.  Eheheh,  gampang aja,  kamu tinggal buka www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk mendapatkan pinjaman sampai 500 juta secara mudah dan ter update.

Melalui link yang diatas tadi,  kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa perlu mengagunkan barang apapun.  Cukup isi data,  lalu ajukan kredit bank yang tersedia. Sesimpel itu.  Kamu gak perlu nyamperin kantor bank tempat kamu ngajuin kredit,  gak perlu menjaminkan barang atau surat apapun dan bebas biaya. Bunganya juga reliable,  serta sesuai dengan anjuran OJK.  KTA ini gak cuma buat beli rumah,  tapi juga buat kebutuhan lain seperti sekolah anak,  nambah kendaraan,  atau sekedar buat nyenengin ortu.  Kalau kamu penasaran,  coba aja sendiri.  Siapa tau bisa membantu saat kamu butuh dana segar dengan waktu singkat.

Read More

Minggu, 03 Maret 2019

Merawat NKRI dengan Kenduri


Gara gara politik,  kami yang lahir bersama,  tumbuh bersama dan besar bersama akhirnya terpisah.  Tercerai berai dan tak bisa kembali bersatu.

Teman temanku yang ku sayangi,  mulai melengos ketika kami bertemu di dunia nyata,  semua karena perbedaan pendapat kami di dunia maya. Apa yang salah?  Siapa yang patut disalahkan?  Akhirnya aku hanya bisa merenungkan diri terhadap ini semua.

Indonesia ku,  kini bersedih karena anak bangsanya,  yang kata bung Karno "beri aku 10 pemuda,  akan ku guncangan dunia" ini kemudian mulai memandang sinis pada kawannya. Oh Indonesia,  pemilu yang tinggal hitungan hari ini membuat kami yang berbeda pendapat saling memaki, saling mencaci.


Mungkin yang saya pikirkan ini juga dipikirkan oleh yang lainnya.  Maka dari itu beberapa orang kemudian mengadakan kegiatan guna mempersatukan NKRI sehingga bisa tertawa bersama seperti semula.

Adalah Kenduri Nusantara Doa Anak Negeri yang diselenggarakan oleh masyarakat Solo untuk umbul donga, memanjatkan doa bersama demi keselamatan negeri.


kenduri ini merupakan sebuah mekanisme sosial untuk merawat keutuhan, memulihkan keretakan, dan meneguhkan kembali cita-cita bersama, sekaligus melakukan kontrol sosial atas penyimpangan dari cita-cita tersebut. 


KENDURI NUSANTARA akan diadakan pada hari Minggu, 3 Maret 2019. Pukul 07.00 - 10.00 WIB di Benteng Vastenburg Surakarta.



Kegiatannya adalah memanjatkan doa bersama secara lintas iman untuk keselamatan negeri dilakukan oleh warga Solo bersama dengan ulama rakyat, salah satunya Gus Muwafiq.


Perhelatan ini merupakan inisiatif dari warga masyarakat Solo, sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi bangsa yang semakin jauh dari rasa solidaritas.


“Kami warga Solo tidak rela bangsa ini terbelah dan tidak tenang dalam melanjutkan membangun negeri demi kesejahteraan rakyat.” Kenduri dengan sajian tumpengan merah putih adalah simbol semangat, simbol kecintaan pada NKRI.



Masyarakat Solo berharap warga di wilayah lain seantero negeri bisa melakukan hal yang sama dengan cara dan bentuk sesuai dengan tradisi dan kepercayaan/keyakinan masing-masing. Inilah saatnya kita menata kembali ruang sosial kita, membuka kembali sekat-sekat, membersihkan kembali saluran-saluran yang kotor, dan menyiraminya dengan air kesejukan.


Kita rawat dan jaga bersama agar Ibu Pertiwi tidak bersusah hati. Mari bersimpuh dan memanjatkan doa. Demi kita semua, bangsa Indonesia. 


MasyaAllah,  semoga kita bisa merawat NKRI dengan lebih baik lagi.  Dan acara seperti ini bisa diadakan juga di tempat tempat lainnya sebagai bentuk kebhinekaan kita.

Read More

Rabu, 20 Februari 2019

Serunya Hijab Celebration Day by HijUp


Selama 19 tahun saya berhijab,  jarang sekali dengar ada kegiatan modern untuk wanita wanita berhijab selain pengajian. Tapi kemarin,  akhirnya saya datang ke acara yang tidak hanya berisi kegiatan rohani,  tapi juga lengkap dengan kegiatan jasmani. Bertempat di BXChange Mall Bintaro,  saya bersama puluhan wanita lainnya menjadi bahagia merayakan Hijab World Day.

World Hijab Day merupakan gelaran tahunan yang dirayakan oleh seluruh wanita berhijab yang ada di dunia. Nah untuk merayakannya, HIJUP,  sebuah e-commerce muslimah yang menyediakan busana muslim kemudian menggelar Hijab Celebrations Day pada tanggal 17 Februari 2019. Pada HCD 2019, HIJUP menggandeng Islamic Nexgen Fest milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) dengan mengangkat tema #EmpowerChange


Kegiatan seru dalam perayaan HCD ini tidak hanya berisi hiburan semata lho.  Pagi pagi kami diajak olahraga,  lari sejauh 5km  bareng temen temen gank,  atau sama keluarga kecil kita.  Ada yang sekedar lari cantik,  ada yang sampe niat banget karena memang hobi lari. Ngomongin lari,  aku jadi inget tentang beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum kamu berolahraga,  diantaranya ;

Makan setengah kenyang + suplay protein

Olahraga emang bikin badan sehat,  tapi kamu harus pastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selain menghitung kalori.  Yang paling dibutuhkan saat berolahraga adalah protein,  yang dibakar guna pembentukan otot. 2 butir telur sebagai pengganjal perut adalah yang ideal.

Bare face,  bare skin

Malu olahraga gak pake make up?  Jangan dong!  Make up yang menempel di kulit kamu cuma akan menjadi campuran dari keringat yang kalo gak segera dibersihkan akan mengundang kuman dan bakteri untuk datang dan mengiritasi kulit. Pemakaian lotion juga sebaiknya di hindari,  kalo kamu olahraga di luar ruangan,  sebaiknya gunakan sunblock,  bukan lotion.

Pemanasan sebelum olahraga


Olahraga itu esensinya membakar kalori yang tertimbun dalam tubuh.  Emang baik kalau kamu bersemangat untuk berolahraga,  tapi jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga.  Ibarat mesin,  kalo gak dipanaskan langsung di bawa jalan,  umurnya gak akan panjang.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Namanya hijabers,  pasti berolahraga dengan menggunakan hijab dong ya.  Tapi itu bukan masalah,  saat ini banyak kok baju olahraga wanita untuk hijabers.  Bahannya ringan,  menyerap keringat dan tidak 'nyeplak' di badan.

Semoga tips ini bermanfaat ya buat kamu.  Hihihi. Oh iya,  cerita soal HCD nya belom selesai nih.  Jadi selain berlari,  ada juga senam bersama.  Kegiatan lainnya adalah talkshow inspiratif,  dongeng untuk anak oleh Nussa,  dan hadirnya artis ibu kota seperti ALLEYAH,  RAN dan masih banyak lagi.

Alleyah

Gak cuma dapat edukasi dan hiburan,  kami para hijabers juga dapet kesempatan untuk mengunjungi booth booth berisi halal food dan beberapa pernik pendukung gaya hidup halal seperti Bank syariah dan gerai pakaian ternama.  Meski mengikuti jalannya acara sampai matahari mentereng menyilaukan mata,  namun tidak menyurutkan hati untuk menimba ilmu lebih dalam  Apalagi ada sharing session bersama orang orang yang aku kagumi seperti Suhay Salim dan Arief Muhammad. MasyaAllah,  gak rugi deh dateng ke sini.




Buat yang bawa keluarga,  terutama anak anak,  juga gak khawatir anak rewel karena ada arena bermain yang luas dan tentunya juga ada acara edukasi seperti dongeng dan activity bersama Nussa,  itu loh,  karakter kartun anak islami. Seru deh pokoknya. Area FnB juga beragam,  gak khawatir kelaparan selama di acara ini.


Besar harapanku kalo tahun depan acara kayak gini bakal lebih meriah lagi,  lebih banyak lagi kegiatan nya dan lebih panjang lagi waktunya. Karena temen temen aku pada protes karena acaranya cuma sehari. Mudah mudahan  tahun depan jadi tiga hari gitu yaaa *berbinar binar*

Read More

Minggu, 17 Februari 2019

Stasiun Cisauk Kini, Dari SkyWalk hingga Kursi Roda


Naik kereta api,  tutt... Tuuutt.. Tuuuttt..  Siapa hendak turut.

Ahey ahey,  naik kereta api bagi warga DKI dan sekitarnya bukan lagi sebuah wisata seperti yang ada dalam bait lagu.  Namun bukan berarti kami gak butuh fasilitas. Setelah mumet terhimpit dalam gerbong yang kadang gak beda sama ikan di keranjang. Belum lagi bau bauan yang tersiar hingga menusuk hidung. Kalo pagi,  baunya masih segar segar,  tapi kalau sore,  aduh. Aroma syedap asoy berhamburan.


Bukan main senangnya kalo melihat PT.  KAI mulai membenahi fasilitasnya,  bukan hanya menambah gerbong kereta atau jadwalnya saja. Tetapi juga melengkapi fasilitas stasiun dengan lebih modern sehingga pengguna KRL lebih nyaman.


Saya sudah mencoba semua stasiun kereta,  tapi cuma stasiun Cisauk yang berkesan di hati saya.  Lho kok?  Iya,  soalnya ibu mertua saya di Cisauk,  dan tiap minggu saya kesana.  Sebulan bisa 2x naik kereta dengan bala tentara dikanan dan kiri yang harus di tuntun turun kereta. Siapa lagi kalau bukan Abhi dan Ranendra. Hihihi.

Dulu,  stasiun Cisauk itu kotor,  parkirannya gak teratur,  jalanan menuju stasiunnya pun masih berupa tanah berbatu yang tajam menusuk kaki. Sepatu heels saya pernah somplak karena injek batu.  Kalo inget bikin kesal saja. Huft.

Pintu menuju intermoda

Untuk masuk ke dalam stasiun,  jaraknya cukup dekat ke parkiran,  tapi persis depan parkiran suka di block sama abang ojek. Trus tangganya gak landai jadi harus berpijak sama batu yang di tumpuk. Ah pokoknya kalo di ceritain mah sedih dah. Biar itu jadi cerita lalu karena sekarang,  bagaikan power rangers,  Stasiun Cisauk BERUBAH!!

Stasiun Cisauk kini memiliki tampilan yang futuristik,  bersih dan lega. Untuk beralih peron kita gak perlu lagi menggadaikan diri dengan menyebrang melintasi rel kereta api,  karena kini kita bisa menikmati jembatan antar peron.

Bersih,  Nyaman,  Aman


Itulah tiga kata yang menggambarkan Stasiun Cisauk hari ini.  Setelah diresmikan dan beroperasi pada 1 Februari,  stasiun Cisauk memberikan kenyamanan prima,  tidak hanya bagi pengguna KRL yang transit tetapi juga masyarakat sekitar. Oh iya,  kamu harus tahu kalau sekarang,  Stasiun Cisauk ini terintegrasi dengan Intermoda BSD City.  Jadi,  Intermoda BSD City ini terletak tidak jauh dari stasiun Cisauk,  dari sana,  akses menuju ke BSD dan sekitarnya jadi jauh lebih mudah.  Selain KRL,  pilihan lainnya adalah shuttle Bus. Intermoda juga dilengkapi dengan area perdagangan bernama Pasar Modern Intermoda BSD City.

Eskalator menuju jembatan

Stasiun Kereta Api seluas 11.440 m2 ini dibangun dengan kerjasama antara pemerintah dengan Sinar Mas Land demi memaksimalkan penggunaan Transportasi massal atau Transit Oriented Development (TOD).  Selain itu,  diharapkan adanya penyerapan tenaga kerja yang besar,  khususnya dibidang UMKM dimana Pasar Modern Intermoda BSD City menyediakan pusat kuliner Tangerang. Wah,  wajib di coba nih kulineran di sini.

Menurut  Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land,  Terminal bus dan Pasar Modern yang terintegrasi dengan Stasiun Cisauk ini merupakan awal dari rencana pengembangan kawasan Intermoda BSD City yang sedang dijalankan. Abis ini makin banyak nih fasilitas yang dilengkapi untuk mewujudkan One Stop Living Town yang nyaman.

Bisa pilih loket manual
Atau mesin

Selain nyaman,  Stasiun Cisauk juga memberikan beberapa fasilitas yang tidak ada sebelumnya,  seperti tangga berjalan di setiap peron,  lift, mushalla yang nyaman,  dan kamar mandi yang bersih. Gate keluar dan masuk stasiun juga di perbanyak. Disetiap sisi disediakan APAR,  juga dilengkapi dengan simbol yang mencolok. Sign di setiap sudut tertulis dengan jelas untuk memudahkan arah para pengguna jasa KRL. Dan yang menjadi perhatian saya adalah, disediakannya kursi roda.  Selama ini saya gak terlalu perhatian sama disabilitas yang menggunakan fasilitas umum,  tapi Stasiun Cisauk ternyata memikirkan hal ini juga. MasyaAllah.

papan informasi upto date

Skywalk nya juga didesain lega dan nyaman di lalui baik untuk muda mudi,  lanjut usia maupun kursi roda. Over All,  stasiun Cisauk bagaikan Cinderella,  berubah drastis dalam beberapa bulan saja. Sungguh membahagiakan buat saya yang sering wira wiri ke Cisauk ini.

Read More

Rabu, 13 Februari 2019

Merawat Kulit Sensitif Bayi Agar Bebas Ruam

Selain jadi blogger,  kegiatan saya baru baru ini adalah jadi suster ngurusin kedua orang tua yang sedang sakit.  Ya,  meski cuma masak,  bantuin ke kamar mandi dan nyiapin obat sih.  Tapi karena kesibukan baru ini saya sampe lupa sama Ranendra.  Saking sibuknya ngurusin orang tua,  tiap hari saya pakaikan diapers sama Ranendra,  dan kadang kelupaan diganti. 

Iya,  iya,  saya akui saya lalai banget.  Apalagi kulit Ranendra sensitif sekali karena terlahir sebagai bayi prematur.  Tapi namanya manusia,  tempatnya salah dan dosa.  Huhuhu. Masalah tidak berhenti sampai disitu,  karena kulitnya sensitif,  kehilafan saya menyebabkan bokong Ranendra di penuhi oleh Rash.  Bintik merah penuh di bagian bokong,  selangkangan dan sedikit bintik yang lebih besar di area penisnya. 

Awalnya gak terlalu khawatir,  karena saya pikir ini wajar buat dia yang kulitnya sensitif.  Jadi kebiasaan 'melupakan' ganti popok ini berlangsung sampai kedua orang tua saya masuk rumah sakit untuk operasi. Sedihnya saya baru tahu kalau ruamnya makin parah keesokan harinya.  Bukan cuma bokong,  tapi menjalar ke punggung juga. *langsung mewek dan peluk Ran*

Penanganan Ruam Pada Kulit Sensitif


Ini adalah ruam terparah yang dialami Ran selama 11 bulan di dunia.  Salah saya sih sampe ini terjadi,  padahal biasanya saya ekstra hati-hati.  Gak cuma dalam urusan kebersihan dan pemakaian diapers,  tetapi juga saya pakai sabun bayi khusus sampai belajar cara merawat kulit sensitif nya.  Tapi karena bolak balik rumah sakit,  kadang saya mandiin Ran pake sabun dewasa,  atau sabun kakaknya,  apa aja yang penting disabunin deh. Dan hasilnya adalah,  wajah Ran kini penuh bintil bintil merah.  Hiks. 


Setelah berkonsultasi ke dokter,  saya merasa agak lega.  Ranendra ternyata cuma perlu penanganan khusus aja.  Karena kulitnya sensitif,  jadi saya diharuskan menggunakan produk untuk kulit sensitif. Alhamdulillah nya juga,  Ranendra gak terlalu cranky karena ruam nya. 

Untuk perawatan kulit sensitif nya,  beberapa hal yang harus saya lakukan berdasarkan saran dokter,  diantaranya:

1. Gunakan diapers hanya jika diperlukan.

Biarkan kulit bayi bebas tanpa diapers jika berada di rumah.  Gunakan diapers pada saat di luar rumah atau tidur malam. Pemilihan diapers yang sesuai dengan kenyamanan kulit mungkin diperlukan. 

2. Sering ganti diapers

Untuk bayi 2 bulan ke atas,  normalnya pipis lebih sering dengan volume lebih banyak dibanding newborn,  jadi usahakan mengganti diapers nya 3 hingga 4 jam sekali. Gunakan size yang sesuai dengan lingkar paha dan pinggangnya.  Tidak perlu terpaku dengan size yang mengacu pada berat badan,  karena jarang akurat untuk beberapa bayi.  Diapers yang terlalu kecil akan menyebabkan paha dan perut bayi iritasi. Belum lagi paparan urine yang terlalu lekat pada area sensitif nya. 

3. Gunakan produk  yang tepat.


Seperti dengan kulit dewasa,  kulit bayi juga membutuhkan aneka treatment untuk menjaga nya tetap sehat. Biasanya,  ibu akan memilih menggunakan produk  yang sesuai dengan jenis kulit.  Nah khusus untuk Ranendra,  saya harus ekstra teliti nih,  kulit sensitif nya membuat Rash atau ruam di tubuh lebih beringas.  Kalo saya salah pakai produk,  bukannya sembuh malah penuh deh ruam nya sebadan. 


Nah untuk penggunaan produk kulit ini saya mendapat saran di grup para mommies untuk mencoba Cussons Baby SensiCare. Karena dapet dari sumber yang terpercaya,  akhirnya saya cobain lah produk ini untuk Ran.

Cussons Baby SensiCare

Kesan pertama dari produk bayi ini adalah LUCU!  Sumpah aku baru liat ada produk bayi berwarna ungu gini. Yang mana ungu adalah warna favorit aku. Hihihi.  Trus aku baca baca kan review dari temen temen yang udah pake produk ini. Mereka saranin untuk pakai sepaket,  yakni 


Gentle Hair & Body Wash , 24 hr Daily Moisturizing Lotion,  dan Intensive Soothing Cream.

Yang bikin aku tertarik untuk mencoba adalah produk ini telah disetujui oleh Ahli Dermatologi dan Dokter Anak. Jadi mau aplikasiin ke anak juga tenang dong ya. Biar gak penasaran,  aku review satu persatu yaaaa.

Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash


Pertama kali cari produk perawatan bayi, pasti yang akan kita beli adalah shampo dan sabun kan?  Iya kan?  Eh apa cuma aku doang yang begitu?  Hihihi. Semoga enggak ya,  karena se pengalaman aku,  sabun dan shampo yang di pakai sama bayi kita itu ngaruh banget ke kulitnya.

Pertama kali pakai Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash ini aku merasa jatuh cinta banget sama wanginya.  Aku pernah nyium aroma ini di botol parfum orang deh,  tapi aku lupa namanya apa. Yang jelas pas dicium,  wanginya bikin rileks banget. Bukan cuma ibunya,  bayinya juga kayaknya.  Abisan kalo disabunin,  Ran anteng banget. Trus lembut juga dikulit. Enakeun deh make nya.

Gentle Hair & Body Wash ini diperkaya oleh Derma-soft Complex yang merupakan gabungan dari  organic oat, organic olive oil,  dan Ceramide. Jadi terbukti secara klinis membantu melindungi kulit dari kekeringan,  menjaga keseimbangan kelembapan kulit dan menjaga agar rambut tetap sehat,  terlihat bercahaya,  lembut dan mudah diatur.

Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion


Kalau dulu,  sebelum pakai baju biasanya saya pakaikan minyak telon buat Ranendra. Tapi semenjak kulitnya ruam parah,  Ran sering nangis kalo dipakaikan telon.  Atas saran dokter,  saya akhirnya menghentikan penggunaan telon dan beralih menggunakan lotion.  Pas milih lotion ini,  moment ter-menyebalkan hadir.

Gimana gak menyebalkan coba,  kalo ternyata lotion yang disaranin temen saya gak bagus. Ruam nya makin parah dan Ran nangis kalo kulitnya ke gesek.  Huhuhu.  Tapi syukurnya,  kemudian saya ketemu sama Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion ini. Dia tuh punya tekstur kayak tepung kanji gitu. Tau kan kalo tepung kanji dipegang gimana,  ngerenyet adem gitu.  Nah,  ini juga gitu,  pas saya pegang di jari,  rasanya adem,  trus perlahan hilang dan meresap. Yang tersisa hanya kulit yang lembut. Literally lembut. 


Masih soal aroma,  sama kayak sabunnya.  Tapi yang saya suka adalah,  dia gak berubah jadi tengik meski udah nempel di kulit. Beberapa lotion yang saya gunakan,  awalnya wangi bukan main,  tapi begitu di oles,  baunya tengik gitu.  Tapi ini enggak.  Bahkan sampe beberapa jam kedepan,  wanginya masih awet tercium. Bahan yang terkandung dalam Cussons Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion ini hampir sama dengan Hair & Body Wash nya,  bedanya cuma ada tambahan Natural Shea Butter disini. Jadi bisa dibayangin kan bakal selembut apa kulit bayi kita menggunakan produk yang kaya akan pelembab ini.  Bahkan aku aja sampe pakai buat diriku sendiri.  Hahaha.  Saking lope lopenya sama produk ini.

Kandungan nya yang kaya akan pelembab membuat produk ini terbukti secara klinis membantu melindungi kelembaban kulit selama 24 jam,  memberi lapisan pelindung pada kulit dan memberikan rasa nyaman pada kulit kering dan rentan eksim. Pas banget kan sama Ranendra. 

Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream. 


Punya bayi dengan kulit kering plus sensitif?  Selamat,  anda dapat jackpot.  Hihihi.  Ran juga begitu,  kulitnya kering sekali,  kadang saya bisa garuk dan berbekas putih gitu kulitnya karena kering banget.  Makanya selain lotion,  saya juga memberikannya Soothing Cream yang mengandung pelembab 3x lebih kaya dari yang lain.  Saya tau banget gimana tersiksa nya ketika ruam datang karena kulit sensitif tapi perih kalo digaruk karena kulitnya kering.  Huhuhu. 

Makanya saya gak mau anak saya mengalaminya,  so,  Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream inilah yang menjadi jawaban. Derma-Soft Complex nya akan melembabkan kulit bayi serta memberikan lapisan perlindungan pada kulit.


Setelah mencoba kurang lebih seminggu,  saya akhirnya memutuskan untuk repurchase produk ini dengan segera.  Sebetulnya sih untuk penggunaan lebih sering saya yang pakai,  terutama untuk lotion nya.  Biasanya Ran pake di pagi dan sore hari setelah mandi,  tapi saya pakai bisa 5x sehari.  Tiap abis shalat,  pakai lagi,  pakai lagi.  Ya gimana dong,  saya merasa ini produk emang dibuat khusus buat kulit bayi.  Jadi pas kulit dewasa pakai,  rasanya jadi bayi lagi.  Hihihi.  Dan Alhamdulillah ruam di tubuh Ran udah jauh berkurang dari sebelumnya,  semoga aja kejadian begini gak menimpa bayi bayiku lagi.  Aamiin. 

The last one,  kalo kalian pengen tahu lebih lanjut tentang produk ini,  bisa banget ke Facebook atau Instagram dari Cussons Baby SensiCare ini. Kunjungi juga langsung websitenya di sini.

Semoga anak anak kita sehat selalu ya,  kalo ada yang pake produk ini juga,  boleh lho sharing di kolom komen *love*
Read More

Minggu, 10 Februari 2019

Dukung Anak untuk Menjadi Generasi Unggul dengan #IyaBoleh


Terlahir sebagai bayi prematur,  membuat saya sangat ketat menjaga Ranendra.  Dari segi makanan,  kebersihan dan mainan,  saya selalu pastikan dia dapat yang terbaik. Saya gak mau dia sakit,  karena pesan dokter sebelum pulang dari rumah sakit adalah saya harus pastikan Ran terjaga kesehatannya.  Bayi prematur bisa sakit berat kapan saja,  termasuk jika dia terpapar kuman dan bakteri.

Ran 12 mo

Akibat pesan dokter tersebut,  saya jadi parno sendiri.  Tiap pergi selalu sedia hand sanitizer,  tisu basah ber-antiseptik,  dan Ran gak boleh main keluar. Lelah sih sebetulnya,  karena meski prematur,  Ran tumbuh sebagaimana bayi pada umumnya,  dan bisa dibilang aktif banget.  Jadi saya harus kayak elang yang melototin tiap gerak geriknya.

Satu dua bulan pertama berhasil,  tapi bulan bulan selanjutnya saya gak mampu melakukannya lagi.  Terlebih lagi pas suami bilang,  jangan dilarang,  nanti terkekang. Duh,  rasanya jadi serba salah. Tapi apa mau dikata,  emang bener juga,  gak semua hal harus gak boleh dia lakukan.  Bisa bisa tumbuh kembangnya malah terhambat.

Pentingnya Menyiapkan Nutrisi Pembentuk Anak Cerdas



Pernah saya baca sebuah buku juga mendengarkan langsung dari ibu Elly Rusman bahwa anak anak tidak perlu terlalu di kekang apalagi selalu mendengar kata "jangan". Pasti udah pada baca juga kan?  Nah satu itu masih bingung sih,  lah kenapa gak boleh bilang jangan?  Kan emang gak boleh. Apa coba yang sering kita ucapkan sama anak?  " Jangan Lari Lari" "Jangan main air" "Jangan ujan ujanan". Dan hasilnya mereka semakin melesat tak terkendali.

Mengatakan #Iyaboleh sebetulnya bukan hal yang baru.  Orang tua millenial rupanya sudah paham bahwa membatasi anak anak dengan kata " Jangan " Hanya membuat kreatifitas mereka mandek. Padahal selama ini anak anak belum tahu gimana rasanya melakukan hal hal baru,  mereka akan penasaran,  dan ketika dilarang,  penasaran itu tak terpuaskan.


Mengatakan #IyaBoleh gak ada rugi nya kok bagi moms,  malah bermanfaat banget bagi si kecil.  Menurut Dr.  dr.  Ray W. Basrowi,  MKK bahwa ada 3 aspek penunjang masa depan cemerlang si kecil yakni Nutrisi,  Stimulasi dan Cinta orang tua. Anak anak membutuhkan ke tiga nya untuk menjadi generasi emas 2045 nanti.  Di Indonesia,  permasalahan gizi masih belum mengalami perbaikan yang massive. Hal ini dilihat dari masih tingginya angka anak stunting yang mencapai 30,8%. Selain itu,  defisiensi besi pada anak juga masih 28,1% serta anak dengan berat badan kurang masih 17.7%.

Untuk mendukung tumbuh kembang si kecil,  setidaknya ada beberapa nutrisi yang harus diperhatikan yakni

Kalsium, berfungsi untuk membangun dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi

Protein,  sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

DHA,  Omega 3 dan 6, untuk mendukung kinerja dan perkembangan otak si kecil

Vitamin C, B komplek,  Zink dan Zat Besi untuk mendukung fungsi normal dari sistem syaraf  dan berkontribusi untuk perkembangan kognitif anak. 

Lactobacillus Rhamnosus dan Inulin,  sebagai nutrisi perlindungan pencernaan yang merupakan jalur utama bagi segala jenis nutrisi lainnya.  Pentingnya melindungi pencernaan sebab anak anak dengan sistem cerna yang baik akan terjaga dari masalah seperti paparan virus dan bakteri,  penyakit pernafasan dan penyerapan nutrisi lebih optimal.

Pentingnya menjaga asupan Nutrisi si kecil guna melindunginya dari infeksi.  Sebab,  infeksi berulang bisa menghambat tumbuh kembang si kecil.

#IyaBoleh untuk mencerdaskan Anak


Selain nutrisi,  unsur kedua yang harus di penuhi adalah Stimulasi dan Cinta. Stimulasi paling mudah adalah dengan membiarkan mereka bereksplorasi dengan lingkungannya.  Pegang pasir,  main becekan, menanam pohon, dan lain lainnya. Stimulasi gak akan berjalan dengan baik apabila orang tua tidak melengkapi nya dengan Cinta.  Menurut Dra. Ratih Ibrahim,  M.M Psikolog,  mempercayai anak adalah salah satu bentuk cinta yang paling utama. Anak yang diberikan kepercayaan untuk boleh mengeksplorasi lingkungan nya akan tumbuh menjadi anak anak yang percaya diri dan mandiri.

Mengatakan Iya Boleh,  membuka peluang anak untuk mencoba apapun yang bisa ia lakukan.  Asal orang tua harus pastikan bahwa anak sudah siap dengan hal tersebut serta ada keterlibatan orang tua di dalamnya.  Seperti Ussy Sulistiawaty misalnya,  yang memperbolehkan anaknya bermain dengan tanah,  namun mendampingi dan menstimulasi lebih lanjut dengan mengajarinya berkebun. Jadi gak sekedar main tanah.

Ada 5 potensi yang bisa dimiliki anak generasi emas Indonesia,  diantaranya
1. Berani
2. Cerdas
3. Kreatif
4. Peduli
5. Pemimpin


Ke lima potensi ini bisa di lihat dari stimulasi yang kita berikan. Jadi,  berikan stimulasi yang tepat yuk moms. Bagaimana cara menstimulasi nya?  Moms gak perlu bingung,  saat ini bisa langsung ke iyaboleh.com lalu jadilah bagian dari satu juta #iyaboleh yang nantinya akan mendapat sertifikat serta diberikan juga tips serta cara menstimulasi anak sesuai dengan potensi kecerdasannya.

Read More
Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.