Sabtu, 24 Oktober 2020

Membersihkan wajah bayi dengan MOOIMOM Wet Wipes



Punya 3 anak dimana yang dua masih bayi dan batita itu bikin pening banget gais. Terlebih kalo mereka mulai aktif kesana kemari bikin mamak darah tinggi. Huft. Lelaaah banget. 

Lebih lelah lagi karena anak usia segitu tuh belom paham kalo gak boleh masukin apapun kemulut. Padahal mereka demen banget. Dibilang jangan? Malah di masukin dengan senang hati. Padahal lagi pandemi gini malahan harus waspada banget kan sama apa yang disentuh sama dipakai anak anak kita. Apalagi yang masuk ke mulut. 

Masukin tangan ke mulut adalah jalan ninjaku


Ran misalnya, anak kedua saya ini demen banget masukin tangan ke mulut. Entah berapa kali bilangin jangan makan tangan, makin dibilangin makin jadi. Huhuhu. Jadilah saya selalu prepare tisu basah di tas. Cuma karena ukurannya yang gede, sementara tas saya cuma selebar telapak tangan, maka tisu basah tersebut lebih sering ditinggal di mobil. Pe er banget kalo pas butuh dan kelupaan dibawa, jadi harus beli baru lagi.


Untung ada MOOIMOM Baby Wet Wipes


Baby wet wipes MOOIMOM


Nah setelah lama mengembara... 

Sun go kong kali ah, hehe. Pokoknya setelah nyobain berbagai merk tisu basah, akhirnya saya menetapkan pilihan pada MOOIMOM Baby Wet Wipes yang ternyata ukurannya pas di tas saya, gak makan tempat dan tentunya punya banyak keunggulan yang bikin saya yakin mau pake merk wet Wipes yang ini aja. 


Selain ukurannya yang compact, MOOIMOM Baby Wet Wipes ini 99.9% water. Artinya murni kandungan air murni saja. Tanpa alkohol, tanpa pewarna artificial. 



Tau dong yha jaman sekarang semua tisu kalo gak pake alkohol, pasti pake pewangi. Parfumnya enak sih bikin bayi wangi, tapi buat bayi dan anak anak yang kulitnya sensitif adalah bencana. Kena alkohol atau parfum dikit aja bisa menimbulkan ruam. Bikin pipinya merah bruntusan. Esaka banget tuh yang kalo kena parfum baik dari detergen, ataupun tisu basah langsung ruam di badan. 


Maka dari itu aku bersyukur banget bisa kenal Baby Wet Wipes dari MOOIMOM ini. Padahal dari dulu akutu langganan produk MOOIMOM, dari sabuk kehamilan, baju, bra menyusui sampe pompa asi MOOIMOM aku pake, kudet banget baru tau sekarang kalo MOOIMOM punya tisu basah yang pure water begini.

Bahannya tebal berongga, dan tidak terlalu becek


Kalau secara fisik, tisu basah MOOIMOM ini lembut dan tebal. Pas di bentang gitu pori pori jya keliatan jadi lebih efektif buat narik kotoran berpindah ke tisu basahnya. Kadar basahnya juga pas, gak terlalu becek, tapi gak kering banget juga. Buat bersihin area wajah gitu gak bikin keliatan becek, beda banget kalo pake tisu lain. 


Wet Wipes untuk Membersihkan Mulut Bayi



Nah yang paling aku suka lagi, karena murni air dan gak mengandung alkohol, paraben, klorin dan fenol, tisu basah ini bisa dipake buat bersihin dalem mulut bayi kayak lidah, gusi dan bibir. Aman banget jadi aku gak khawatir ada zat berbahaya yang tertelan saat membersihkan dalem mulut bayi. Tau sendiri kan kalo bayi tuh suka muncul putih putih di lidah nya, nah sebelum kenal Baby Wet Wipes nya MOOIMOM ini aku pake kassa yang di lilit di jari, itu tuh suka bikin anak gak nyaman karena tekstur kassa yang kasar meski dalam keadaan basah. Semenjak pake tidur basah ini aku udah gak worry lagi, set set gitu bersihin lidah dan gusinya. Gigi pun suka aku gosok sama tisu ini kalo esaka pas rewel gak mau gosok gigi.

Multifungsi buat lap tangan, mulut dan wajah


So far anaknya nyaman, dan mamak juga riang. Gak perlu pake kassa yang suka ngeri serabut nya ketelen gitu. Hihihi. Aslik punya tisu basah ini tuh membantu banget. Dan selain buat bersihin mulut, wajah dan tangan, bisa juga digunakan untuk bersihin alat makan atau mainan jika ingin di gunakan.

Jadi kayak akutuh suka bawa alat makan di mobil, nah biasanya aku cuci air mengalir tuh kalo mau dipake. Ribet kan nyuci di mobil. Nah sekarang aku cuma lap aja pake tisu ini, udah bisa langsung dipake. Karena gak ada alkohol dan parfumnya, jadi aman digunakan tanpa harus takut bahan kimia nya ikut ke angkut.

Packing nya ringkes banget


Se multifungsi itu khaaan sebuah tisu doang. Iya banget. Bermanfaat buat ku terutama saat pandemi gini. Kau bersihin wajah ke area mata juga oles aja tanpa khawatir bakal nimbulin ruam karena bahannya yang pure water 99.9%. Dan meski gak pake parfum, gak berbau, tetep tisu nya natural kok aroma nya, gak bikin anak nolak pas di oles ke wajah. Bener bener kayak ngusap air aja, bedanya ini gak pake becek dan tentu langsung bersih. Uwuwuwu. 


Nah, buat mommies yang mau beli, bisa banget tengok tengok website mereka di www.mooimom.id , mereka juga suka ngasih promo promo gitu. Kayak kemarin aku beli korset 150rb buy 1 get 1 dong. Mursidah khaaan. Hahaha, emang windah ratjun banget sih.

Read More

Rabu, 07 Oktober 2020

Jangan Kendor Pakai Masker! Ayo Lawan Virus Ini


Gais, udah berapa lama kalian dirumah aja? Huft. Dari hastag dirumah aja rame di twitland, sampe sekarang udah banyak hastag bertebaran kayaknya udah 8 atau 9 bulan deh ya? Bener gak sih? 

Selama itu bepergian bisa di itung jari banget. Dan saat gw bepergian, gw bisa liat orang orang yang lenggang kangkung tanpa masker, tanpa mikirin kesehatan, tanpa pusingin corona coroni ini. 

Miris banget sih, tingkat kesadaran masyarakat kita masih minim. Di bogor tempat tinggal ku sekarang, hampir tiap minggu ada aja tuh orang bertenda kawinan. Dipasar juga gak pernah sepi, mall apalagi. Buka teruss. Cuma minimarket aja kayaknya yang masih in rules dimana buka cuma sampe jam 7 malam. Selain itu. Nothing. 

Padahal bogor, terutama kabupaten bogor ini merupakan zona merah penyebaran covid. It means penularan covid disini lagi gila gilaan dong ya? 

Tapi kenapa kok orang orang gak pada pake masker? Gak sosial distancing, gak jaga kebersihan. Why? Ini nih pertanyaannya. 

Rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat. 


Emang udah lama sih kita berkutat sama virus ini. Meski begitu jangan sampe mengendurkan kesaradaran kita terhadap protokol kesehatan yang sudah diterapkan kementrian kesehatan. Virus ini makin dekat sama kita dan kian hari mampu menumbangkan ribuan orang tanpa permisi.

Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang covid ini memang menjadi salah satu alasan mengapa protokol kesehatan sering di abaikan. Mereka yang berada di wilayah yang lebih terpencil biasanya minim akses. Apalagi kalo lingkungan yang masyarakat nya notabene pekerja harian lepas. Seperti pedagang, petani, nelayan, yang kemungkinan gak bisa makan kalo gak kerja tiap hari nya. Keabaian mereka lebih karena mereka gak mau ambil pusing dengan penyakit ini.

Apasih protokol kesehatan yang harus dipatuhi saat pandemi? 



Dikatakan ada 4M, sebuah protokol kesehatan selama pandemi virus covid yang harus di taati diantaranya


  1. Memakai masker. Penggunaan masker yang benar adalah masker 2 lapis dengan bahan kain. Digunakan sekali dan di cuci menggunakan detergen setelahnya. Digunakan menutupi sebagian wajah dari batang hidung hingga dagu bawah menuju leher. Yang harus diperhatikan saat menggunakan masker adalah tidak menurunkannya ke dagu saat berbicara, atau saat makan. Jika ingin makan, lepaskan masker dan letakkan diantara kertas yang bersih. Untuk masker medis, penggunaannya adalah 4jam. Bisa lebih pendek jika masker lebih cepat lembab atau basah. Setelah digunakan, masker di sobek lalu dimasukkan ke dalam plastik. 
  2. Mencuci tangan pakai sabun/ menggunakan hand sanitizer. Ini dilakukan setelah memegang sesuatu, entah itu barang atau uang. Oh ya, uang itu salah satu barang yang wajib banget dihindari karena disana virus covid bisa bersemayam selama beberapa waktu.
  3. Menjaga jarak. Penyebaran covid adalah melalui droplet atau percikan air yang keluar dari liur penderita. Saat batuk atau bersin, droplet akan keluar dan menempel kemana mana. Dari pada itulah kita wajib berjaga jarak agar droplet tidak menempel pada diri kita. 
  4. Menjaga kesehatan, dengan makan makanan seimbang serta berolahraga teratur agar imunitas meningkat. Tingkatkan kadar vitamin D dalam tubuh dengan berjemur dan konsumsi multivitamin. 


Menurut direktur promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Kemenkes RI bahwa perempuan memiliki kesadaran yang lebih tinggi tentang penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Maka dari itu perempuan terutama ibu/istri memiliki kekuatan untuk mempengaruhi suami/anak agar dapat mematuhi protokol kesehatan.

Covid adalah virus yang mematikan, tapi juga ada peluang sembuh jika ditangani dengan tepat. Maka dari itu, jika mengalami ciri covid dalam diri kita, jangan sungkan untuk segera menghubungi tenaga kesehatan. 

Ayo lawan covid bersama sama, protokol kesehatan nya dipatuhi jangan kendor! Semangattt! 

Read More

Senin, 28 September 2020

Kehamilan di Tengah Pandemi


Pandemi ini adalah cobaan bagi semua umat manusia.. 

Aku, kamu, kita... 


Sedih banget saat tiba tiba tersadar ini sudah berada akhir penghujung bulan 2020. Artinya hampir satu tahun sejak covid 19 dinyatakan ada di Indonesia. Sedih sekali beberapa bulan ini telah mengubah banyak hal. Gaya hidup kita, keuangan kita, zona nyaman kita. Semua berubah saat pandemi ini datang. Bahkan kata pakar ekonomi, kita sedang di resesi meski belum ada pengumuman resesi. Seram! Tapi ini nyata, emas yang tadinya 600-700, kini tembus 1jt per gram. 

Angka covid di Indonesia


Selain bidang kesehatan yang kelimpungan, ekonomi yang anjlok. Hubungan sosial manusia mulai berjarak. Entah apa yang sedang Allah rencanakan, tapi semoga rencana Nya ini bisa membuat kita sadar bahwa dunia hanyalah sementara. Aamiin. Duh, tumbenan banget curhat gak jelas begini

Hiks. Abis nya saya galau, dalam kondisi seperti ini, ternyata dikasih 'rejeki' lagi sama Allah. Padahal udah dibilang sama mentri siapa itu kemarin, kalo bisa tunda kehamilan selama pandemi. Ya meski gak bisa menyesali diri juga sih, namanya rejeki kan... 


Hamil Saat Pandemi


Jujur bingung pas tau hamil, jarak usia anak ketiga dan kehamilan ini terlalu dekat. Ketika menyadari hamil di bulan ke 8 usia Esaka, saya speechless. Antara menyesali kebodohan diri sendiri dan bersyukur masih diberi amanah ini. Yah, alhamdulillah dulu deh. Sambil khawatir dengan perjalanan kehamilan di kala covid 19 sedang mewabah. Kekhawatiran ini lebih karena takut anak anak jadi rentan tertular covid saat mengantar saya ke RS untuk kontrol kehamilan. Karena saya mengurus anak saya sendiri, jadi mustahil juga gak membawa mereka bertiga saat bepergian termasuk ke rumah sakit.


Kemungkinan ini lah yang membuat saya akhirnya memutuskan gak ke rumah sakit saat tahu hamil, saya lebih memilih berkonsultasi dengan dokter via gadget. 


Konsultasi via gadget? Emang bisa? 


Wah jangan salah, sekarang ini udah ada aplikasi yang bernama Halodoc, yang merupakan pelopor aplikasi konsultasi dokter via gadget tanpa harus bertatap muka langsung. Dokter dokternya semua pilihan, yang terbaik dan berpengalaman di bidangnya, serta lengkap dari dokter umum hingga dokter spesialis. 


Kita bisa berkonsultasi keluhan kita, mendapatkan solusi dan resep obat dari konsultasi yang kita lakukan. Jika dokter menilai bahwa penyakit kita perlu tindakan serius, maka kita akan di arahkan menuju fasilitas kesehatan yang tepat setelah berkonsultasi. Jadi kita bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya melalui aplikasi ini. 


Saya kenal Halodoc sih dari hampir dua tahun yang lalu saat hamil esaka, jadi pas menggunakan nya lagi gak terlalu bingung. Aplikasi nya juga cukup clear dan mudah di pahami sehingga yang baru pertama kali menggunakan pun bisa dengan mudah mengaplikasikan nya.


Balik lagi ke cerita kehamilan ini, akhirnya saya memutuskan berkonsultasi secara online setiap bulannya. Dan kalo saya punya keluhan, akan lebih mudah buat saya berkonsultasi lewat gadget ketimbang harus datang ke rumah sakit bawa bawa anak. Alhamdulillah sekarang sudah 11 minggu, masih panjang perjalanan kehamilan di tengah pandemi ini. Sungguh sangat berharap ada mukjizat nanti sehingga pandemi ini bisa segera berlalu. Pemerintah dan beberapa praktisi kesehatan seperti yang kita tahu sedang berjuang menemukan vaksin covid 19, bahkan Bapak Ridwan Kamil terjun langsung menjadi relawan yang menjajal vaksin covid 19 buatan bandung tersebut. Besar harapan vaksin ini bisa berhasil dan bisa segera di distribusikan untuk kita. Karena satu satunya yang bisa memecahkan prahara ini adalah vaksin. 


Di beberapa berita dikatakan covid 19 terlah bermutasi, lalu kebiasaan new normal mulai digalakkan. Saya yang masih suka lupa pake masker, yang masih sering malas cuci tangan, dan angot angotan menjaga kebersihan ini cuma mau bilang, ayo kita galakkan lagi anjuran pemerintah untuk

  1. Rajin cuci tangan pakai sabun, gunakan hand sanitizer saat berpergian. 
  2. Jangan lupa masker! Masker ini penting, jangan yang scuba, jangan yang bahan kain satu lapis. Kalo bisa masker kain yang dua atau tiga lapis. Jangan pernah buka masker kecuali lagi dirumah sendirian. 
  3. Jangan bepergian jika tidak diperlukan. Plis yang liburan, di wacanakan lagi aja. Jangan membunuh diri sendiri dengan terkena covid 19 saat liburan. Tapi belakangan banyak yang berpendapat, tapi saya memperhatikan protokol kesehatan kok. Kamu mungkin iya, tapi orang lain belum tentu. Orang yang liburan bareng kamu, piknik bareng kamu, bisa jadi adalah otg, atau malah kamu yang otg. Menularkan kesana kemari kebanyak orang tanpa di sadari. Yuk dirumah dulu kalo cuma alasannya penat. Kita semua juga penat kok, sudah mulai gila dengan anjuran dirumah aja. Tapi ya mau gimana lagi, kita gak mau masuk ke daftar ribuan orang yang positif covid kan? 
  4. Makan yang sehat seimbang, jaga data tahan tubuh dengan vitamin C dan D. Berjemur dipagi hari baik untuk mendapatkan vitamin D. Yang paling penting jangan lupa managemen stress nya ya. 


Nah itulah anjuran protokol kesehatan dari pemerintah, ayo kita ikhtiar menghindari covid 19. Semangat menjalani kehidupan yang serba sulit ini dan percaya bahwa semua badai pasti berlalu. Semangatttt! Sehat selalu buat semua pembaca ku dimanapun berada. 


Read More

Sabtu, 05 September 2020

Moment Mandi Menyenangkan dengan MyBaby


Mandi

Satu kata sejuta aksi. Aksi membujuk untuk memulai mandi, aksi membujuk biar mau pakai sabun dan shampo, serta aksi membujuk untuk berhenti main air. 

Rentetan aksi ini harus kita lakukan sehari dua kali, selama anak anak masih kecil. Udah gede dikit mah lebih susah lagi disuruh mandi nya. Hahaha curhat. 

Tapi, dari anak kedua aku gak pusing milih sabun dan shampo yang digunakan untuk anak anak. Karena sejak hamil Ran aku kenal sama My Baby. Salah satu merk yang mendapat label Mum's Trusted Brand.


Kalo dulu favorit saya untuk Ran itu yang Honey & Olive oil, beda lagi sama Esaka yang suka sama Avocado & Aloe Vera. Kenapa? Wanginya itu sesuai sama kepribadian anak saya masing masing. 

Esaka ini anaknya suka keringetan, bikin rambut dan badannya lepeklepek serta lengket. Makanya dia perlu sabun dan shampo yang punya formulasi khusus yang dapat membersihkan rambut dan kulitnya. Bahan yang terkandung dalam produk My baby ini sudah melalui uji klinis dan menggunakan bahan bahan alami, salah satunya adalah Lidah buaya dan alpukat.


Lidah buaya berfungsi melembabkan dan membantu pertumbuhan rambut
Alpukat berfungsi menghaluskan dan melindungi kulit kepala dari kekeringan. 

Produk My Baby ini semua nya memiliki teknologi no tears alias tidak pedih di mata, jadi gak bikin anak trauma kalo pakai shampo. Tentu ini membantu banget untuk anak anak yang belum bisa berkedip saat disampoin.

Harga nya Ekonomis, Fungsinya Maksimal

Untuk yang belum pernah pakai my baby, aku sih saranin banget produk ini yang mana harganya cocok banget buat kantong ibu ibu, gak terlalu mahal. Namun untuk fungsi dan wanginya, bisa di adu sama merk lain. Saya pakai My baby sejak anak kedua saya bayi, itmeans sudah hampir 3 tahun ini setia sama MyBaby, karena menurut saya ya cuma myBaby yang harga nya cocok dikantong dan berfungsi membersihkan serta melembabkan kulit bayi hingga anak anak dengan baik. 

Produk myBaby ini bisa di beli secara online maupun offline. Untuk online hampir semua store punya produk ini. Seperti di blibli, lazada, tokped, Shopee, dan yang lainnya. Sering juga lho disediain paket bundle dengan hadiah menarik. So, buat yang cari sabun anak yang bagus ya MyBaby
Read More

Kamis, 03 September 2020

Freja Suites BSD City, Hunian Nyaman di BSD




Adik sepupu saya mau menikah di bulan Desember ini, rencananya mau pindah ke tangerang lalu bertanya, "Rumah di pusat kota dengan harga yang terjangkau dimana ya?"

Lalu saya ingat beberapa waktu yang lalu ikut Webinar di Zoom bersama Freja Suites. Akhirnya saya jelasin berdasarkan yang saya tahu aja. Eh dilalah tante saya malah ikutan nelpon dan minta dijelasin soal Freja suites ini. Alamakjang, pusing deh saya jelasinnya. Yaudahlah saya bikin blogpost aja biar orang orang yang pengen hunian murah dengan fasilitas yang lengkap di wilayah BSD City juga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

BSD City

Sebagai orang Tangerang, tentu BSD bukan kawasan yang asing di telinga. Bahkan orang Jakarta juga kenal dengan BSD City yang dikenal dengan kawasan elite yang fasilitas nya tidak perlu di pertanyakan lagi.


6000ha luas wilayah BSD City mampu disulap menjadi hunian yang nyaman, perkantoran yang fungsional, dan fasilitas pendukung ekonomi lainnya yang bonafide. Jadi emang punya rumah di BSD City adalah impian semua orang termasuk saya. Hehehe.

One Stop Living



Tiap cari rumah, yang dipikirkan pertama kali adalah AKSES. Yah, we all know kalo time is money. Berlama lama dijalan raya hanya membuang waktu dan umur kita. Maka dari itu, rumah dengan akses yang mudah adalah sebuah koentji. Nah, Freja Suites, yang berada di pusat BSD, punya 3 gerbang tol terdekat dimana salah satunya sedang dibangun. Akses jalan raya nya juga sangat mudah. Mau naik kereta? BSD punya 3 stasiun yakni Serpong, Cisauk dan Rawa buntu. 2 dari 3 stasiun ini berada dekat dengan Freja Suites ini.


Bukan hanya akses, fasilitas yang mengelilingi Freja suites juga bukan kaleng kaleng. Karena semua sudah tersedia, jadi pas pindah ke Freja, udah gak nunggu fasilitas dibangun lagi. Mau ke Mall, ada Breeze yang merupakan Mall terbuka, ada Qbig, ada Aeon Mall, dan masih banyak lagi. Jika ingin nonton konser lokal dan internasional, ICE BSD tentunya, internasional conventions exhibition. Mau ke pasar, ada pasar modern BSD, ada pasar modern Intermoda BSD City.

Sekolah dan Universitas juga lengkap dari yang negeri hingga internasional. Fasilitas medis seperti rumah sakit juga ada banyak pilihan seperti Mitra Keluarga, Eka Hospital, Hermina dan Medika.

Freja Suites



Setelah membahas fasilitas, saya ingin lebih dalam menjelaskan tentang Freja Suites ini. Diambil dari bahasa Skandinavia, Freja berarti Dewi kesuburan, dewi keindahan dan dewi kasih sayang. Dengan filosofi ini, diharapkan Freja bisa memberikan kesuburan dan kasih sayang. Selain itu Freja juga menawarkan keindahan desain dan kerapihan lingkungan.

Freja sendiri sudah melalui 2 dari 3 tahap yang direncanakan. Yang tahap pertama adalah Freja House, sold out di minggu kedua dipasarkan. Nah kini tahap dua ada Freja Suites dengan luas tanah lebih besar yakni 68m² .

Dibangun dengan konsep industrial urban, Freja Suites menyasar generasi milenial yang menginginkan hunian nyaman dengan lingkungan yang aman. Harganya? Under 1.5 M bro. Untuk segala fasilitas yang ditawarkan, harga ini sangat jauh dari harga hunian lainnya yang sama sama berada di BSD.


Apa yang didapatkan dengan membayar rumah seharga 1.32 M? 

1. Rumah dengan luas 68m² bergaya industrial urbanurban,  2 lantai, 3 kamar
2. Full furnished sama seperti rumah contoh yang disediakan (kecuali alat elektronik) 
3. Keamanan 24 jam
4. Bangunan pendukung di dalam komplek
5. Kanopi dan Balkon


Buat yang tertarik, aku infokan diskonnya nih. Untuk kamu yang mau menggunakan fasilitas KPR, kamu bisa menggunakan bank apapun. Karena semua bank bekerjasama dengan project Sinarmas ini. Dan DP bisa dicicil selama 10x dan 15x.

Untuk yang melakukan pembayaran cash dengan mencicil, disediakan beberapa opsi yakni cash 6x cicil, dan cash 12x cicil. Ada diskon juga lho sebanyak 10 hingga 12%.

Menarik bukan? Untuk yang berminat bisa langsung ngecek rumah contohnya, jika ingin melihat langsung. Selama pandemi ini disediakan show unit di The Breeze. Dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam. Jangan sampe kehabisan, karena sejak diluncurkan sudah terjual 120 unit dari total 210 unit yang mereka miliki.
Read More

Jumat, 28 Agustus 2020

Sinar UV-C Aman ? Begini Penjelasan nya...



Sampai hari ini, angka pasien yang positif covid 19 semakin banyak. Ada lonjakan hingga 2.700 angka positif per hari ini. 2rb dalam sehari tentu bukan sesuatu yang bisa diremehkan. Apalagi dengan tinggi nya angka kematian yang bahkan tertinggi di Asia.

Bergidik ngeri mendengar dan melihat bagaimana Covid - 19 menyerang manusia. Belum ada vaksin yang bisa mengatasinya,  meski begitu anjuran untuk menjaga kebersihan dan kesehatan terus di galakkan. Jangan lupa pakai masker, jangan lupa cuci tangan pakai sabun, bahkan saat ini sudah tersedia alat alat pendukung kesehatan keluarga seperti bilik disinfektan, mesin sterilizer, bahkan lampu UV-C yang di klaim dapat membunuh bakteri serta virus.


“Ada empat faktor utama dalam permasalahan kesehatan masyarakat: kapasitas layanan kesehatan, tingkat kesadaran perilaku publik, kebersihan lingkungan, dan permasalahan bawaan atau turunan. Dari keempat faktor ini, lingkungan menyumbang variabel yang cukup besar dalam menentukan  kesehatan seseorang, karena terkait langsung dengan kebersihan lingkungan sekitar dan kesadaran  kita dalam berperilaku hidup sehat,” jelas Dr. Hermawan


Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS., Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menjelaskan bahwa, kasus terkonfirmasi COVID-19 saat ini hanya  merupakan puncak dari gunung es dan hanya mewakili sekitar 66% sampai 73% dari jumlah kasus sesungguhnya. Meski saat ini COVID-19 menjadi fokus utama penanganan penyakit infeksi yang sedang berkembang (Emerging Infectious Diseases/EID) sesungguhnya masih banyak penyakit menular lainnya yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Sinar UV-C




Beberapa waktu yang lalu, saya membaca soal berita lampu sinar UV-C yang membuat alergi si pemakai nya, sampai luka parah. Lalu ikut sebel sama yang bikin sinar sinar UV itu. Kok bisaa bikin lampu yang membahayakan nyawa.
Eh tapi nanti dulu, saya tuh beneran sebel karena kebawa cerita mereka lho. Rasanya kesel aja gitu. Padahal saya gak tau apa itu sinar UV, gak mau nyari tau juga. Hehehe. Tapi kemudian saya ikutan conference Zoom yang berjudul "Sinar UV-C, Kawan atau Lawan" yang di prakarsai oleh Signify Indonesia.


Terdapat beberapa pembicara kompeten seperti Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS., Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Dr. rer. nat. Ir. Aulia Nasution, M.Sc., Kepala Laboratorium Rekayasa Fotonika, Departemen Teknik Fisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) , Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi. Dan setelah mendengar pemaparan mereka, saya jadi tahu bahwa sebetulnya ya bukan hanya salah dari korban UV-C nya, tapi salah pemahaman tentang UV-C ini.

Apa sih Sinar UV-C?



Menurut yang saya dengar dari Dr. rer. nat. Ir. Aulia Nasution, M.Sc. bahwa sinar UV-C, yang berada dalam spektrum cahaya tak kasat mata, yang dapat menghentikan proses reproduksi dari bakteri dan virus sehingga tidak akan lingkungan yang tersinari menjadi steril. Namun, ia juga memperingatkan bahayanya apabila sinar UV-C mengenai tubuh manusia secara langsung. Nah poinnya adalah SINAR UV-C TIDAK BOLEH MENGENAI TUBUH SECARA LANGSUNG.


Salah kaprah nya masyarakat kita adalah mengambil mentah mentah apa yang ada di masyarakat, lalu mengaplikasikan nya ke kehidupan sehari hari tanpa mau mencari tahu terlebih dahulu. Bapak Tulus Abadi juga mengatakan bahwa Produsen seharusnya memberikan edukasi pada masyarakat sebelum melepas barangnya dan bahkan saat melepas barangnya ke pasaran, edukasi juga dilakukan. Konsumen wajib belajar dan mencari tahu fungsi dan resiko serta cara pakai yang tepat.

Penggunaan Sinar UV-C yang direkomendasikan oleh para ahli adalah

  1. Digunakan di ruangan tertutup beberapa jam sebelum di tempati oleh manusia dan hewan peliharaan. Guna nya agar sinar UV - C ini tidak langsung mengenai kulit manusia dan hewan. 
  2. Digunakan di Toko/pabrik/perkantoran/rumah sakit. Namun saat mengaktifkan nya tetap harus saat tidak ada makhluk hidup seperti manusia dan hewan. 
  3. Hindari kontak langsung
  4. Gunakan produk yang sesuai, jika dirumah, gunakan produk yang memang di desain untuk digunakan dirumah seperti Philips UV-C Disinfection Desk Lamp yang memiliki perlindungan keamanan terintegrasi seperti pengatur waktu, alarm suara, sensor gerak dengan radius 3 meter menggunakan teknologi gelombang mikro, dan kabel sepanjang 3 meter yang didesain untuk melindungi pengguna dari bahaya paparan berlebih. Fitur keselamatan lain yang unik pada produk ini adalah panduan suara yang akan aktif sebelum pengguna menyalakan lampu.

Jadi semoga setelah ini gak ada yang salah kaprah lagi tentang penggunaan UV-C ini yaa. Baca dulu sebelum membeli agar tidak salah salam melangkah.

Read More

Kamis, 20 Agustus 2020

Jangan Stop Fase Oral Anak! Berikan Teether yang Tepat


Anak anda suka memasukkan apapun kedalam mulut?

Sama! Anak saya juga! Wkwkwk. Gak solutif bener ya saya. Huft. Tapi sejujurnya emang perkara masukin barang ke mulut ini bikin pusing sih. Meleng dikit remot masuk mulut, segala tisu, plastik, mainan, semua dia pengen masukin ke mulut. Ini normal gak sih? Kan serem ya kalo tiba tiba apa yang dimasukin mulut ketelen atau malah bikin keselek.

Tapi ternyata ini normal aja kok. Fase oral namanya, dari beberapa info yang saya baca dikatakan fase oral adalah salah satu fase dimana anak mulai belajar mengenali indra nya serta juga lingkungan. Dan fase oral ini salah satu fase yang pasti dilalui anak anak lho. Jadi jangan khawatir.



Tidak khawatir bukan berarti membiarkan si kecil dengan kegiatan nya memasukkan apapun ke mulut ya moms, kita tetep harus waspada memantau nya. Dan tentu jangan melarang anak memasukkan benda ke dalam mulut melainkan mengalihkan perhatiannya ke benda lain yang lebih aman.

Misalnya saat dia memasukkan remote ke dalam mulut, kita bisa alihkan dengan memberi mainan yang memang peruntukannya di gigit.

Berikan teether



Bahas tentang mainan yang bisa di masukkan dalam mulut, saya kenal yang namanya teether. Jaman anak pertama dulu tau nya teether itu buat anak kalo tumbuh gigi doang, bahannya plastik karet isi nya air. Eh setelah anak ke 2 dan ke 3 baru tahu tuh kalo ternyata teether gak cuma digunakan pada saat anak tumbuh gigi aja, tapi dari 3+ dimana fase oral dimulai.

Pemberian teether di 3+ ini bisa jadi media untuk membuat anak nyaman dengan fase oralnya tanpa harus masukin benda lain ke mulut.

Ngomongin teether, saya jadi belajar bahwa teether yang baik itu ternyata mencakup 3 unsur yakni
1. Bahannya aman
Karena masuk ke dalam mulut, teether yang diberikan untuk anak tentu harus bahan food grade, BPA free dan bebas bahan berbahaya lainnya. Agar saat masuk ke dalam mulut, tidak ada bahan berbahaya yang ikut tertelan.

2. Sesuai dengan usia
Pemilihan teether yang baik adalah yang dapat digunakan sesuai usia si anak, misalnya 3m+ yang artinya 3 bulan ke atas maka teether nya tidak terlalu kecil atau mengandung part kecil agar tidak menyebabkan tersedak pada bayi.

3. Bentuk dan warna nya menarik minat bayi
Ini yang paling penting sih, soalnya bayi yang mulai tumbuh tertarik dengan bentuk yang lucu dan warna yang mentereng namun soft. Jaman sekarang sudah banyak tersedia teether dengan bentuk hewan maupun tumbuhan dengan bagian yang mudah di genggam. Ini juga dapat melatih motorik halus anak seperti belajar menggenggam.


Nah kalo ditanya rekomendasi teether yang tepat, saya mau sarankan satu merk yakni teether Mombella dari Mooimom. Teether dari mombella ini sudah saya berikan ke Esaka sejak 3m+ untuk mengalihkan perhatian nya dari benda disekitar. Bentuknya lucu lucu, dari gajah, jamur, tupai hingga bentuk lainnya. Dan yang seru adalah teether nya memiliki keunggulan masing masing seperti mudah di genggam, ujungnya terdapat tekstur yang membantu membersihkan lidah dan mengaduk makanan.

Keunggulan dari teether Mombella diantaranya

  • Lulus standard FDA of the United States
  • Bebas BPA, logan berat, dan flatat
  • Membantu menetralisir nyeri gigi
  • Aman dimasukkan freezer dan mesin pencuci piring


Bahannya silikon yang aman jadi gak khawatir jika di masukkan ke dalam mulut anak. Ukurannya pas untuk di genggam maupun di masukkan ke dalam mulut. Memiliki tekstur yang dapat membantu bayi melepas ketidaknyamanannya.

Warna nya juga menarik lho, jadi bayi kepo untuk memegang dan memasukkan nya ke dalam mulut. Produk dari teether Mombella ini bisa di beli secara online baik melalui web resmi Mooimom maupun secara offline di Mooimom store.

Oh ya, untuk yang butuh dikon promo bisa pakai kode WINDAH saat check out di web Mooimom dan dapatkan diskon 10% untuk produk teether Mombella. Don't miss it ya moms.


Read More
Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.