Senin, 22 Oktober 2018

Bambo Nature, Diapers Ramah Lingkungan Untuk Bayi Berkulit Sensitif


Beberapa hari yang lalu saya dapat kabar kalo ada undangan untuk event Bambo Nature Diapers. Karena emang anak saya pakai diapers, jadi saya bilang. Oke, saya datang.

Nah hari Senin 22 Oktober ini akhirnya saya datang ke Ninety Nine Restoran yang berada di Grand Indonesia Mall. Dengan outfit ungu, saya siyap menyerap ilmu dari dr. Yasmina D. Kumala yang akan membahas Cara Cermat Memilih Popok Bagi Kesehatan Kulit Si Kecil. Hadir juga bapak Amir Siaw Latif, direksi PT Citra Sukses Selalu yang merupakan importir dari Bambo Nature Diapers.

Cerita dikit sebelum nya, saya punya dua anak yang salah satunya masih berusia 8 bulan. Nah anak saya ini lahir prematur, jadi selain paru parunya masih belum matang sempurna, kulitnya juga super sensitif. Debu yang terbang aja bisa bikin wajahnya muncul ruam. Jadi dia di nicu selama 9 hari dan begitu sampai dirumah, taraaaa!! Saya dikasih kejutan berupa ruam parah di bokongnya. Parahnya tuh sampe kalo kesentuh, dia bakal nangis kejer. Sampe sebulan lebih saya cuma berani pakein pospak pas pergi atau pas malem aja. Kalo siang saya biarin aja pake popok kain karena kasihan.


Nah ternyata, menurut dokter Yasmina, sebetulnya kita dapat mencegah ruam popok itu terjadi lho, yakni dengan memilih pospak/diapers dengan lebih cermat. Apa aja sih pertimbangan yang di pilih dalam menentukan popok yang pas buat anak kita ? Masih menurut dokter cantik ini, beberapa yang bisa diperhatikan diantara nya

Bebas Pemutih/ Dioksini

Bambo Nature bebas pemutih

Normalnya, bahan pembuat diapers adalah kapas yang dilengkapi dengan plastik atau bahan lain yang mampu menahan air urine bayi. Nah kapas atau plastik ini tidak jarang menimbulkan ruam karena kandungan pemutihnya.

Parfum


Kita tahu dong kalo urine itu baunya pesing, nah diapers biasanya dilengkapi dengan parfum atau pewangi untuk mencegah urine terlalu tercium menyengat keluar.

Pewangi juga bisa di temukan di toiletries dan tisu basah untuk membersihkan diapers. Jadi selain popok, pelengkap dari diapers juga harus diperhatikan.

Perhatikan ukuran diapers


Selain menggunakan ukuran internasional seperti S,M,L,XL dan XXL, biasanya diapers juga dilengkapi dengan berat badan pemakainya. Ukuran yang dipilih harus minimal setengah kilo lebih besar dari berat bayi yang sebetulnya. Jika bayi dalam kondisi gemuk, ukurannya tidak hanya mengacu pada berat badan saja tetapi juga dengan tinggi badan, lingkar pinggul. Jangan terlalu ketat atau longgar sehingga bayi bisa tetap bernafas dan tidak menimbulkan jejak di tubuh bayi yang bisa menyebabkan ruam dan luka.

Selain itu kalau terlalu ketat, paparan feses sama urine menempel di area kelamin bayi sehingga kulit lebih mudah menjadi ruam.

Tanda tanda popok ketat dan harus ganti diantaranya
  • Perut sudah gak cukup
  • Membekas di perut dan paha
  • Khusus diaper berbentuk tape, perekatnya harus menempel sesuai keterangan, tidak tepat.


Pilih yang daya serapnya tinggi tapi gak bikin keliatan gembol. 


Emang lucu kalo liat bayi pakai popok sampe bokongnya tebal, tapi yang kayak gitu justru gak bagus karena beban bayi jadi berat dan karet popok di pinggangnya jadi menjerat lebih kuat. Meninggalkan bekas karet yang perih di kulit.

Pilih Popok nya menyerap keringat


Saya ngalamin banget bagian ini. Jadi pas pakai popok siang siang, gak sengaja liat bokongnya basah tapi bukan karena urine. Basahnya ternyata karena keringat yang gak keserap sama popoknya. Nah yang kayak gini justru menimbulkan ruam kayak biang keringat yang gatal.

Bambo Nature Diapers



Setelah menyimak penuturan dokter muda ini, saya jadi punya bayangan bagaimana popok yang oke buat anak anak berkulit sensitif seperti Ranendra. Dan apa yang dipikiran saya ini kalo divisualisasikan jadi Bambo Nature Diapers ini. Hihihi

Menurut Bapak Amir Siaw Latif, direksi PT Citra Sukses Selalu, Bambo Nature ini tercipta dari keresahannya mencari popok yang aman buat anaknya yang kulitnya sensitif sekali. Beliau sudah coba beberapa jenis popok dan gak ada yang bisa mengatasi masalah tersebut. Hingga akhirnya hadirlah Bambo Nature ini, sebagai penyelamat bagi orang tua yang senasib dengan dirinya.

Bambo Nature Diapers ini berasal dari Denmark. Diciptakan dengan teknologi tinggi dan dengan bahan bahan yang ramah lingkungan. Bukan hanya bagi bayi, tetapi juga bagi bumi. Sedikit sekali penggunaan plastik yang di gunakan sehingga Bambo Nature bisa kembali ke alam begitu selesai digunakan.


Proses pembuatannya pun diupayakan dengan eco friendly, sehingga meminimalkan bahaya bahan kimia yang mungkin bisa timbul saat menggunakan diapers ini semisal ruam popok. 

Sudah melalui uji dermatologi hingga mendapat tiga sertifikat seperti Asthma-Allergy Denmark, Nordic Ecolabel 50230001 serta FSC. Sertifikasi ini diberikan karena Bambo Nature diakui sebagai produk yang ramah lingkungan.

Desainnya begitu simple tanpa menggunakan motif yang beraneka ragam seperti diapers kebanyakan. Menurut Bapak Amir, dulu Bambo Nature Diapers ini menggunakan banyak motif di diapersnya, namun hal itu justru membuat diapersnya tidak lagi ramah lingkungan. Usut punya usut, motif pada popok berbahan dasar plastik yang kemudian di press di badan diapers. Memang terlihat cantik, namun membahayakan bagi lingkungan.

Simple namun tetap manis dilihat

Karena bahannya yang alami, Bambo Nature bertestur seperti kertas/kain, mudah di sobek dibagian manapun tetapi tetap kuat menampung air. Warnanya putih dengan garis indikator urine berwarna kuning. Bagian dalamnya lembut seperti kain dengan ketebalan yang tidak terlalu tebal namun mampu menampung cairan hingga 500ml.

Setelah urine kering, diapers akan membentuk seperti kertas yang mudah didaur ulang. Sangat aman untuk lingkungan kita terlebih menghadapi isu sampah plastik yang sedang marak akhir akhir ini.

Tipis dan berdaya serap tinggi

Bambo Nature Diapers ini tersedia dalam beberapa ukuran, beda dari biasanya, ukurannya bukan dalam bentuk huruf melainkan angka yakni 1 hingga 5 dan tersedia dalam dua tipe yakni tipe perekat maupun tipe training pants. Tipe perekat bisa dipilih bagi parent yang memiliki anak dengan postur gemuk sehingga memudahkan untuk memilih ukuran diapers.

Wah, abis ini kayaknya saya mau coba pakein buat Ranendra nih, makin tenang pakein anak Bambo Nature karena kulit bayi jadi aman, bumi pun terjaga dari bahaya sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang.

2 komentar:

  1. Wujud popoknya polos begitu ya. Kalau ada gambarnya pasti lucu juga sih. Ran dan Abhi pasti suka pakainya.

    BalasHapus
  2. masih banyak orangtua yang tidak memilih ukuran diapers yang tepat untuk anaknya mknya sering terjadi ruam. Smoga Abhirama bebas dari ruam

    BalasHapus

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.