Selasa, 10 September 2019

HP 14 Series on Review, Pelipur Galau untuk Pelajar dan Muda Mudi


Sebagai seorang ibu yang lahir di tahun tahun dimana generasi old kalah oleh millenials,  akutu suka galau mau berpihak pada siapa.  Contoh kasus misalnya,  adik iparku yang baru masuk kuliah tahun ini minta laptop baru.  I dunno sebutuh apa dia sama laptop itu belom ku tanyain,  yang jelas dia mau punya laptop baru karena menurutnya laptop lamanya rusak dan lemot.

Sementara ibu mertua ku,  mau beliin tapi mau nya yang harga nya so so aja,  gak kemahalan tapi juga gak murah banget.  Nah adik iparku bilang,  kalo laptop murah,  prosessor nya kurang bagus,  dia mau laptop yang tenaga nya gahar,  tampilannya bagus dan larinya kenceng.  Hayoloh! Yang kayak itu harga nya gak mungkin so so kan?


Diantara polemik ibu dan anak ini akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa sebagai millenial yang juga udah emak emak, saya harus bertanya pada ahlinya.jadinya saya nanya ke konter. " Mas,  Saya mau Laptop, yang harganya gak lebih dari 7 juta,  tapi spek nya mumpuni.  Gak lemot,  gak jago ngelag saat buka banyak tab,  dan yang penting tampilan nya cakep"

Masnya langsung ke belakang,  sibuk ngubek ubek gatau apaan.  Mukanya serius kayak nahan kentut. Lamaaa banget sampe akhirnya balik lagi nenteng box gitu.  "Waduh,  apaan tuh? "

Tanpa babibu lagi,  langsung saja dia mengeluarkan sebuah laptop keluaran merk terkenal,  eicpi kalo kita sebut mah,  kalo tulisannya sih HP. Hehe. Laptopnya warna silver dengan dalaman hitam. Body nya ramping kayak body Angelina Jolie,  tipis tapi ya gak tipis banget.

" Lu beli aja ini barang.  Prosesornya AMD punya,  tampilannya ciamik,  larinya kencang,  anti ngelag"

"Harganya mas? " Tanya saya ragu. Kan saya mintanya yang dibawah 7jt

"6.2 juta lah wa kasih"

Waduh,  murah amat.  Saya bengong dulu sebentar sebelum sadar, ke konter kan cuma mau nanya,  gak mau langsung beli. Hehehe.  Jadinya gerak cepat mencatat tipe nya,  lalu memasang muka memelas "yaudah ntar dulu deh mas,  ntar saya bawa anaknya sekalian kesini kalo udah fix beli"

Dan kaboor.

HP 14 Series on Review



Meski gak paham paham banget soal teknologi,  sebagai emak millenials saya gak mau dong tertypu sama mas mas konter.  Akhirnya saya googling tentang keunggulan HP 14 Series yang mas konter tawarkan.

Sejatinya HP 14 ini punya banyak series yang salah satunya di tawarkan si mas yakni HP  14 cm0006AU ,  menurut berbagai sumber yang saya cari,  laptop tipe ini paling cocok untuk anak sekolah atau kuliahan karena beberapa alasan,  diantaranya

1. Ramping


Dimensi body nya adalah 34 cm x 24 cm x 2.3 cm dan dengan berat tidak lebih dari 1.7kg saja.  Muat sekali di tas anak anak kita yang mulai beranjak baliq itu.  Selain tidak memberatkan,  laptop tipe ini juga efisien tempat,  gak perlu tenteng tenteng tas kalo bawa laptop ini.  Cukup masukin tas aja kok.  Sama buku paket matematika anak kelas 3 SMA juga tebelan bukunya. Hehe

2. Fleksibel dan Efisien


Biasanya anak anak punya segudang aktivitas yang membutuhkan laptop seperti mengerjakan tugas,  bekerja maupun bermain game. Nah HP series sangat mumpuni untuk melakukan semua hal ini,  dengan layar 14 inci,  mata gak perlu terlalu awas menatap layar.  Touch pad nya yang luas dan halus,  menunjang jemari remaja tanpa perlu bantuan additional mouse. Apalagi adanya touch pad multi touch gesture support,  yang artinya,  touchpad dapat menangkan kehadiran sentuhan ganda dari penggunanya.

3. Prosesor nya Gahar


Saat bahas prosesor,  saya agak mengernyitkan dahi.  Antara gak ngerti dan pura pura ngerti.  *eh.
Jadi,  setahu saya,  selama ini ada satu nama prosesor buat laptop.  Iklannya sering saya lihat jadi otak saya terkontaminasi dengan pernyataan bahwa dia adalah prosesor paling baik. Setelah membaca banyak review tentang HP 14 Series,  saya sadar ternyata saya menjadi korban iklan.  Huhuhu.  Selain korban cinta,  jadi korban iklan menyakitkan juga.


AMD,  satu nama yang asing di telinga saya,  yang kemudian memancing ke ingin tahuan untuk mencari tahu lebih jauh dan menemukan fakta bahwa prosesor AMD Ryzen 3 32000U yang dibenamkan di laptop ini membuatnya memiliki kecepatan mumpuni yang lebih unggul di kelas laptop 6jutaan.

Apalagi dengan tandem RAM 8GB membuat laptop ini anti ngelag saat membuka banyak tab kerja dalam satu waktu.  Perpindahan dari satu tab ke tab lain juga terasa cepat sekali sehingga memangkas waktu tunggu yang kurang efisien. Kapasitas penyimpanan nya juga cukup besar yakni 500 - 999 GB.  Oke banget buat pelajar yang hobi nyimpen dokumen,  video maupun MP3/4.

4. Tampilan Jernih


Kalau melihat besaran layarnya yang hanya 14 inci,  mungkin bagi sebagian orang kurang memuaskan.  Tapi tenang,  HP 14 Series ini sudah didukung oleh AMD Radeon Vega 3 Grapics yang memberikan visual grafis yang lebih jernih dengan warna yang real.  FYI,  AMD Radeon merupakan salah satu VGA atau Kartu Grafis unggulan dalam merk AMD,  dan merupakan kartu grafis terkuat di kelas APU Mobile.  Gak sekedar mempengaruhi layar menjadi jernih dan nampak real,  AMD Radeon juga mensupport tampilan dalam game agar tidak patah dan nampak lebih baik.

Untuk pelajar atau anak kuliahan yang mobilitas nya tinggi,  laptop ini bisa menjadi pilihan.  Prosesor AMD Ryzen yang terbenam didalamnya membuat laptop memiliki sushi yang stabil meski digunakan dengan aktifitas yang padat. Performa CPU yang signifikan membuat multitasking menjadi lebih nyaman.  Gak khawatir ngelag atau lemot apalagi sampe bolak balik restart akibat lemot.

Selain itu AMD Ryzen juga membantu efisiensi daya karena berjalan lebih stabil dibanding prosesor lain. Meski sudah powerfull,  harga yang dibandrol tidak mahal untuk sebuah laptop dengan spesifikasi yang sama.  Bisa jadi pertimbangan nih buat para orang tua dalam memilih laptop untuk anaknya.  Jadi gak sekedar murah tapi bikin anak dongkol karena gak nyaman pakainya.

Kenalan dengan AMD



Singkat cerita setelah mereview Laptop HP 14 Series ini saya jadi kepikiran soal AMD,  meski emak emak,  saya perlu tahu apa yang sedang hits di dunia yang bersimpangan dengan saya.

Pada kesempatan yang langka akhirnya saya diundang dalam Blogger Gathering AMD beberapa waktu yang lalu.  Disinilah saya kenal AMD.


AMD bukan lah singkatan dari Anak Mommy Daddy seperti yang saya pikirkan sebelumnya.  AMD adalah Advanced Micro Devices yang merupakan perusahaan semikonduktor multinasional asal Amrik yang berbasis di California. AMD ini mengembangkan teknologi prosesor komputer dan Kartu Gafis yang dibenamkan dalam berbagai produk digital tidak hanya laptop,  tetapi juga console gaming dan produk digital lainnya.

Pada 2011, AMD mengeluarkan produk terbaru nya yakni AMD Accelerated Processing Unit yang merupakan  gabungan dari unit processor AMD, chipset northbride dan chipset pengolah grafis (GPU) Radeon dan siap bersaing di pasar prosesor low- mid end. Keunggulan dari AMD APU adalah kinerja prosesor yang mumpuni dalam mengolah grafis.  Prosesor AMD dikenal lihai dalam menghemat daya,  menjaga suhu serta harganya yang relatif terjangkau dibanding kompetitor.

Meski harga lebih murah,  AMD menawarkan prosesor yang lebih baik dibanding kompetitiiornya.  Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya laptop yang merapat menggunakan prosesor AMD karena konsumen merasa,  laptop yang menggunakan AMD punya kinerja yang lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar

Windah Saputro. Diberdayakan oleh Blogger.